Cara Membangun dan Mempertahankan Kesuksesan Branding

Daftar Isi

    LancangKuning - Brand merupakan magnet yang dapat menarik para konsumen kepada produk atau layanan. Sebuah brand yang baik akan berarti sebagai asset perusahaan tak terwujud. Dengan adanya branding dan strategi yang tepat, akan membuat kamu lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnis. Strategi branding juga dapat menciptakan image yang baik di suatu brand bagi konsumen.

    Branding ini diperlukan untuk menciptakan ataupun mempertahankan image produk pada konsumen.

    Cara Membangun Dan Mempertahankan Kasuksesan Branding

    1. Pilih partner desain dengan hati-hati

    Pilihlah seorang partner bisnis yang memiliki waktu luang dan dapat mendengarkan semua keinginan yang ingin kamu dapatkan dari sebuah brand bisnis.

    1. Sesuaikan nama brand dengan target pasar

    Jika anda ingin membuat produk fashion dengan target perempuan atau anak muda, maka nama yang cocok adalah Isabela Fashion atau Flower Fashion.

    1. Hindari penggunaan singkatan yang rumit

    Dengan adanya singkatan konsonan, maka akan dapat membuat nama brand atau merek anda lebih sukar untuk diingat.

    1. Buatlah nama yang unik

    Banyak seseorang yang menggunakan nama brand yang sedikit ekstrim agar terlihat berbeda di mata konsumen. Namun jangan sampai nama brand  anda menimbulkan kesan ragu dan negatif dari para konsumen.

    1. Mudah untuk diucap dan diingat

    Membuat nama yang mudah diingat adalah nama yang terdiri dari dua sampai empat suku kata dan tidak bertabrakan dengan 2-3 konsonan. Misalnya, nama Kaos Gaul akan lebih baik dan mudah diucapkan daripada KaoSSport.

    1. Menjaga kualitas produk

    Menjaga kualitas produk adalah cara branding yang akan membuat produk anda lebih dikenal oleh konsumen. Jika kualitas produk selalu dalam kondisi baik, maka hal ini akan membuat orang selalu percaya terhadap integritas bisnis, apapun produk yang di pasarkannya.

    1. Merespon masukan dari konsumen

    Konsumen adalah raja, maka dengan memberi respon terhadap keluhan para konsumen tentang produk juga akan membuat brand anda dianggap memiliki sisi positif dan peduli terhadap konsumennya. Masukan dari konsumen juga akan dapat dijadikan ide untuk sebuah inovasi bagi produk anda selanjutnya.

    1. Merencanakan ke depan

    Buatlah beberapa kalender yang berisi konten dan meliputi peristiwa ataupun pertemuan yang akan terjadinya.  Namun akan lebih baik jika kalender dibuat dari 30 hari sebelumnya, agar semua rencana konten kamu akan terorganisir dengan baik.

    1. Tetap tepat waktu

    Periksalah semua rencana yang telah kamu buat, dan maksimalkan dalam sehari sebelum rencana terdekat. Dengan adanya peluang untuk terlibatnya suatu merek produk kamu yang secara langsung, maka aturlah jadwal dan buatlah persetujuan dengan pemangku jabatan yang berwenang sebelum waktu yang telah ditentukan.

    1. Maksimalkan fungsi karyawan

    Karyawan tidak hanya dapat memberi pengaruh terhadap merek, namun juga dapa membantu membangun suatu kekuatan dan keaslian suatu merek.

    1. Tunjukkan, jangan katakan

    Kedua platform dari media sosial Facebook dan Instagram telah menolak suatu iklan berbayar dengan teks yang lebih dari 20% gambar. Hal ini dikarenakan terlalu banyak teks yang ada pada konten dianggap terlalu kaku.

    1. Saling terlibat dengan merek lain

    Kamu akan dapat memberikan umpan yang terbaik dengan cara menggunakan campuran dari konten aslinya dan konten yang telah ditata ulang atau penggunaan peluang dari luar, contohnya seperti publikasi universitas yang menyorot alumninya.

    1. Penyesuaian dan pengoptimalan pada platform

    Jika anda membuat suatu konten berbau visual, maka jangan lupa untuk menyesuaikan konten dengan masing-masing dimensi dan persyaratan yang sesuai dengan tiap-tiap media sosial. Dan hal ini akan mempercepat suatu proses penyebaran informasi.

    1. Lakukan analisis kompetitif

    Analisis kompetitif bisa dilakukan hanya dengan memperhatikan inti konten yang dibuat oleh para kompetitor lain yang ada di media sosial. Hal ini dapat dilakukan yang salah satunya dengan berlangganan ke bulletin dan mengikuti akun media sosial para kompetitor.

    1. Mengolah dengan suara

    Buatlah suatu konten dengan cara tulisan yang sama dengan cara anda berbicara dengan para teman, keluarga, ataupun kolega. Dengan membuat konten yang memiliki nada percakapan akan membantu membuat konten kamu dapat lebih mudah untuk dipahami dan dikenali.

    1. Buat proses persetujuan yang wajar

    Sebelum mempublikasikan suatu konten, jangan lupa untuk meninjau ulang pada setiap konten. Sejajarkan semua proses antara konten yang telah direncanakan dengan konten yang tepat waktu melalui kerangka waktu yang tepat.

    1. Tetap gesit

    Dengan berkembangnya media sosial, maka platform dan konten juga akan berkembang. Tetaplah gesit dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada karena apa yang berhasil dihari ini, belum tentu akan sama pada hari selanjutnya atau di bulan selanjutnya.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membangun dan Mempertahankan Kesuksesan Branding
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar