Unsur-Unsur Branding dan Marketing

Daftar Isi

    LancangKuning - Branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan dari kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan suatu barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensensiasikannya dari barang atau jasa dari pesaing. Brand adalah suatu merek yang akan menjanjikan sehingga publik mempercayai dan memilih suatu merek tersebut dari (Neumeier, 2003:54).

    Karena sebuah brand adalah identitas dan kegiatan branding akan menyangkut suatu pengenalan pada identitas tersebut dari masyarakat, maka dalam proses dari branding tersebut, kita harus memahami dalam unsur-unsur yang harus disertakan agar produk kita mudah diingat.

     Ada beberapa unsur-unsurnya yang kita harus penuhi adalah:

    1. Nama merek

    Nama merupakan hal pertama yang harus dipenuhi jika kita akan melakukan branding. Tanda sebuah nama, maka produk tidak akan memiliki identitas yang akan memudahkan hanya untuk dikenali dari masyarakat.

    1. Logo

    Dalam pembuatan sebuah logo perhatikanlah faktor dari keunikan dan image yang sesuai dengan brand. Logo yang paling unik akan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi konsumen.

    1. Tampilan dari visual

    Tampilan suatu visual ini bisa diaplikasikan pada suatu desain produk, desain kemasan, desain seraga, dan lain sebagainya. Menggunakan tampilan dari visual dengan menggunakan warna-warna yang sangat cerah atau elegan yang akan menambah suatu pencitraan terhadap sebuah produk.

    1. Penggunaan juru bicara

    Juru bicara dalam hal ini bisa jadi seorang co-founder suatu perusahaan, maskot, tokoh dari perusahaan, atau orang terkenal yang akan ikut diajak bekerja sama untuk meningkatkan suatu pemasaran dalam produk anda.

    1. Suara (lagu tematik)

    Kehadiran sebuah lagu akan melengkapi dari unsur visualisasi dari branding dan membuatnya lebih indah dan lebih diingat.

    1. Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)

    Slogan yang cerdas selalu meninggalkan kesan mendalam. Di dalam suatu proses pembuatan brand yang akan digunakan kata-kata yang memilki unsur ceria dan positif, mudah diingat, dan beda dari brand lainnya.

    Berikut ini beberapa manfaat branding yang akan dapat melejitkan bisnis anda:

    1. Sebagai cara untuk memberikan identitas

    Identitas inilah yang nantinya membedakan produk anda dengan produk anda dengan produk perusahan yang lain. Dengan proses branding yang baik maka konsumen akan menemukan keunggulan pada produk anda dibandingkan dengan produk pesaing sehingga mereka akan lebih percaya dan memilih produk anda dibandingkan dengan produk yang lain.

    1. Menyampaikan nilai produk

    Pada saat branding agency membangun sebuah brand berarti mereka telah menyampaikan pesan dari produk klien pada masyarakat sekitar. Nilai-nilai yang terkandung dalam produk inilah yang nantinya akan menjadi magnet anda tersendiri bagi masyarakat atau target market dari perusahaan anda.

    1. Membuat target market dan menjadi sarana komunikasi dengan seorang pelanggan

    Proses branding tersebut akan menyampaikan beberapa pesan terhadap masyarakat.Seperti mengenai nilai, kelebihan dari produk, keunikan yang ada pada produk dan lain sebagainya. Selain itu pada sebuah proses branding inilah yang akan mendapatkan beberapa review dari seorang pelanggan yang bisa anda gunakan untuk mengevaluasi dan meningkatkan nilai produk anda.

    1. Membangun kredibilitas dan persepsi

    Setelah seseorang mencoba untuk menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk dari brand anda maka secara perlahan mereka akan merasakan manfaat dari produk anda, maka secara perlahan mereka akan merasakan manfaat dari produk anda. Sejak saat itulah mereka telah membangun suatu persepsi yang mengenai produk anda yang bergantung pada kualitas dari produk yang sedang anda tawarkan.

    1. Mempermudah proses referral

    Yaitu untuk mempermudah suatu proses referral yang akan dilakukan dalam customer karena kepuasan yang akan dirasakan dari produk anda.

    Demikianlah artikel saya tentang pembahasan unsur-unsur branding dan marketing semoga dapat membantu.(Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Unsur-Unsur Branding dan Marketing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar