Pengertian Branding dan Marketing

Daftar Isi

    LancangKuning - Branding | Sebelum kita membahas tentang branding, anda harus mengetahui tentang merek/brand terlebih dahulu. Menurut American Marketing Association, Merek adalah nama, istilah, desain, simbol, atau karakteristik lainnya dari sebuah pruduk atau jasa yang membedakannya dari yang lain. Maka dari itu, branding adalah segala usaha untuk membuat sebuah brand atau produk. Dengan kata lain, langkah-langkah untuk menentukan misi, visi, serta logo dapat disebut juga sebagai branding.

    4 Unsur dalam branding

    Merek dapat dijelaskan oleh berbagai macam hal atau cara. Namun, keempat unsur di bawah ini tidak boleh kita lupakan ketika kita melakukan branding:

    1. Misi dan visi

    Misi dan visi adalah kedudukan dari merek anda, keduanya dapat di terjemahkan sebagai berikut: misi merupakan solusi yang ingin kamu berikan untuk memecahkan suatu masalah yng ada, sedangkan visi ini adalah tujuan untuk ke depannya yang ingin kita capai dengan merek kita sendiri.

    1. Logo

    Logo ini adalah wajah atau tampilan dari sebuah merek yang kita buat. Untuk menciptakannya, kita harus memerlukan gaya tulisan, warna, dan bentuk yang dapat membekas dalam target pasar kita.

    1. Jargon

    Jargon juga menciptakan citra visual pada sebuah merek, tetapi kita perlu membuatnya lebih hidup dan terlihat mewah dengan tutur kata. Di sinilah jargon dibutuhkan. Dengan adanya jargon, calon pelanggan atau pembeli akan lebih paham dengan apa yang merek anda ingin tawarkan.

    1. Website

    Dulu anda dapat menampilkan citra merek dengan menggunakan pamphlet, billboard, dan iklan televise. Namun, era digital saat ini mengharuskan setiap bisnis untuk memiliki situs yang resmi. Apabila tidak ada website, usaha anda tidak akan terkenal.

    Manfaat Branding Untuk Bisnis Anda

    Kebanyakan merek yang dikenal masyarakat oleh masyarakat luas memang sudah berdiri sejak lama, contohnya adalah Indomie. Akan tetapi merek mi instan tersebut tentuya tidak akan berada di posisinya saat ini tanpa usaha keras dan branding yang dilakukan secara bertahap. Bahkan, anda tidak perlu terpaku pada merek – merek lama untuk melihat manfaat dari branding ini terhadap sebuah bisnis. Manfaat dari branding adalah sebagai berikut:

    • Merek Akan Terkenal Dengan Mudah

    Branding yang tepat akan membuat merek kita terkenal.

    • Memberikan Bisnis Anda Posisi Yang Kuat Dalam Industri

    Dalam waktu yang panjang, usaha memperkuat merek akan menempatkan bisnis anda pada posisi yang strategis dalam industri.

    • Kepercayaan Terhadap Merek Anda Akan Meningkat

    Brand yang dikenal secara positif akan lebih mudah menarik pelanggan baru.

    Marketing

    Marketing adalah kegiatan untuk memenuhi beragam kebutuhan serta kepuasan konsumen dengan melakukan berbagai cara yang dilakukan. Mulai dari pembuatan produk, tempat penjualan, menentukan harga, serta melakukan promosi produk.

    Pengertian lainnya, marketing adalah kombinasi aktivitas yang saling berhubungan di dalam suatu usaha agar tahu kebutuhan konsumen. Sehingga, pihak pengusaha bisa mengembangkan harga, produk, layanan, dan juga promosi untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh keuntungan. Dengan adanya sistem marketing, konsumen bisa lebih mudah dalam memenuhi kebutuhannya. Yang dilakukan konsumen hanya perlu menukarkan berbagai produk dan juga jasa dari produsen dengan uang. Sehingga apabila marketing bisa dapat berjalan dengan secara optimal, maka dapat menghasilkan keuntungan yang memaksimalkan kepada perusahaan.

    Fungsi Marketing

    1. Fungsi Pendistribusian Fisik

    Untuk mendistribusikan produk secara fisik, yang perlu dilakukan adalah dengan mengangkut serta menyimpan. Dimana produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan cara pendistribusian.

    1. Fungsi Alat Pertukaran

    Konsumen bisa melakukan pertukaran atau barter dengan produsen dan pelaku marketing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

    1. Fungsi Perantara

    Marketing adalah media perantara yang paling baik untuk menyampaikan produk dari produsen pada konsumen.(Haikal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Branding dan Marketing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar