Pengertian Mesin Pembayaran Dalam Transaksi

Daftar Isi

    LancangKuning - Kebanyakan orang belum mengenal lebih banyak mengenai pengertian dari sistem pembayaran. Walaupun sistem pembayaran ini sudah demikian berkembang pesat di Indonesia. Dengan bertambahnya perkembangan saat ini, ada beragam jenis model sistem pembayaran yang hadir untuk memudahkan setiap proses transaksi antar pihak.

    Dalam metode pembayaran kesepakatan umum memang sudah tidak lagi banyak masyarakat untuk menggunakannya. Dikarenakan masyarakat lebih memilih untuk menggunakan pembayaran digital sebagai pilihan salah satu metode dalam pembayaran masa kini.

    Sistem pembayaran memudahkan pengguna uang tunai sehingga setiap pengguna lebih memilih untuk menyimpan uang dalam dompet digital atau e-wallet. Dengan kemudahan yang diberikan pada sistem pembayaran maka membuat pengguna beralih memanfaatkannya. Sebab selain mudah dan keamanan transaksi juga sangat meyakinkan dan mengurangi perihal tindakan kriminal.

    Fungsi mesin pembayaran

    Sudah hampir seluruh pemilik usaha memiliki mesin ini sebagai alat bantu transaksi. Sebab, pembeli yang sudah semakin modern dan kebanyakan telah memiliki kartu ATM sehingga peran mesin satu ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Berikut fungsi dari mesin pembayaran:

    1. Dapat meningkatkan jumlah penjualan dengan alasan kemudahan yang diberikan sehingga bisa menarik lebih banyak konsumen
    2. Pembayaran transaksi menggunakan mesin ini juga memiliki keamanan yang lebih baik karena mesin ini terhubung langsung diterbitkan oleh masing-masing bank dan tentunya sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
    3. Tidak hanya menawarkan kemudahan dalam melakukan pembayaran saja, tetapi mesin ini juga bisa digunakan untuk top up kartu tol atau kartu belanja yang menyerupai ATM yang dikeluarkan oleh masing-masing bank.
    4. Sangat menghemat waktu ketika berbelanja dan anda tidak memiliki uang tunai atau uang tunai yang kita miliki tidak cukup untuk membayar tagihan belanja anda. Jadi, anda tidak perlu ribet mencari mesin atm untuk melakukan tarik tunai.

    Selain menawarkan kemudahan dalam proses transaksi, penggunaan mesin ini juga terbilang sangat mudah. Siapa pun pasti bisa melakukannya tanpa perlu ada petunjuk berlebihan. Berikut cara menggunakannya:

    1. Bawa kartu ATM anda ke kasir, kemudian kasir akan menggesek atau memasukkan kartu ATM konsumen ke mesin dan juga memasukkan jumlah nominal belanja yang dibayarkan.
    2. Berikutnya kasir akan meminta konsumen untuk memasukkan PIN pada mesin.
    3. Jika pin yang dimasukkan benar dan transaksi dinyatakan berhasil, akan keluar dua struk bukti transaksi dari mesin itu.
    4. Kasir akan memberikan satu struk untuk konsumen dan satunya untuk si kasir sebagai bukti transaksi untuk pengguna kartu debit. Namun, jika konsumen menggunakan kartu kredit, kasir meminta anda untuk tanda tangan sebagai bukti transaksi pada struk pembayaran.
    5. Saat gesek berhasil saldo rekening langsung terpotong (untuk kartu debit) atau tagihan bertambah (untuk kartu kredit).

    Semua mesin terdapat di seluruh toko pembelanjaan akan terhubung dengan server perbankan karena menggunakan jaringan internet. Maka terdapat tiga jenis mesin berdasarkan jaringan yang digunakan:

    1. Fixed Line adalah mesin yang penggunaanya menggunakan jaringan kabel, komunikasi datanya menggunakan fiber optik yang disediakan oleh pihak pengelola. Biaya komunikasi per sekali transaksi tergantung dari pihak pengelola sendiri bisa berubah-ubah sesuai ketentuan pihak tersebut.
    2. GPRS Mobile adalah penggunaan jenis yang dapat digunakan dimana saja karena menggunakan sinyal dari operator seperti ponsel. Jenis mesin ini merupakan yang paling banyak digunakan karena sifatnya portable. Karena menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dan praktis dibawa kemana saja. Biasanya mesin ini dipergunakan hanya untuk pameran-pameran.
    3. GPRS Power adalah layanan yang tergantung pada sinyal selular, tapi sumber power-nya menggunakan listrik PLN jadi mengharuskan selalu tersambung pada stop kontak PLN. Cara kerja mesin ini memakai SIM card seperti handphone dan selalu tercolok.

    Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat.(Winxy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Mesin Pembayaran Dalam Transaksi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar