Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan

Daftar Isi

    LancangKuning - Ekonomi pembangunan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi, dengan secara spesifik yang mempelajari suatu persoalan dalam pembangunan mengenai seperti industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Mahasiswa dari prodi ekonomi pembangunan akan berkutat dengan analisis di berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

    Di dalam program studi ini yang kamu harus dipersiapkan untuk menjadi perencana di bidang pembangunan ekonomi sehingga bisa turut membantu terciptanya kesejahteraan bersama. Setelah siap untuk memahami seluk-beluk perkuliahan dari ekonomi pembangunan, kini saatnya kamu menelisik apa saja prospek kerja dari ekonomi pembangunan itu.

    • Instansi pemerintahan

    Prospek dari kerja ekonomi pembangunan yang pertama adalah kalian bisa mengincar diarea pemerintahan. Para serjana dari ekonomi pembangunan memiliki keahlian untuk merumuskan persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis terutama di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara.

    Instansi pemerintah berkaitan perumusan dari kebijakan di bidang pembangunan ekonomi meliputi BKP, Bappenas, Bappeda, Bank Indonesia, pegadaian, dan perpajakan. Di situ seseorang yang lulusan dari ekonomi pembangunan dapat memaksimalkan keahliannya. Di Bappenas misalnya, kalian memiliki tugas untuk penyusunan rencana untuk pembangunan nasional, terdapat rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara, dari pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana dari pembangunan, serta pengambilan suatu keputusan dalam penanganan permasalahan yang mendesak dan berskala besar. Semua pekerjaan ini sangat membutuhkan lulusan ekonomi pembangunan.

    • Lembaga pendidikan

    Selain di bidang pemerintahan, prospek kerja dari suatu ekonomi pembangunan pun bisa dibidik ke dalam bidang pendidikan. Ekonomi pembangunan pun menjadi jurusan yang paling strategis. Bukan tidak mungkin, beberapa dari universitas akan membuka jurusan tersebut. Dari situ, peluang para lulusannya menjadi lebih baik untuk mengabdi menjadi pengajar.

    Tak hanya menjadi pengajar, bekerja di lembaga pendidikan sebagai sarjana ekonomi pembangunan bisa juga menyabet profesi sebagai asisten penelitian atau asisten analisis kebijakan. Tentu kalian harus memenuhi persyaratan bila ingin bekerja sebagai pengajar dari jurusan ekonomi pembangunan, seperti melanjutkan kuliah magister di bidang ekonomi.

    • Research dan development

    R dan D melakukan tes dan tak jarang membuat alat tes sendiri dan terus mengembangkan  teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan. Selain itu, seringkali juga melakukan kerja sama dengan perusahaan terkait pengadaan berang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.

    • Perusahaan internasional

    Perusahaan internasional baik yang bergerak di dalam bidang ekonomi, perbankan, maupun perusahaan umum juga membutuhkan tenaga lulusan dari ekonomi pembangunan. Bagi perusahaan di bidang ekonomi, sarjana ekonomi dalam pembangunan yang akan dibutuhkan untuk menganalisa seperti pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan juga bisnis secara berskala.

    Sementara di perusahaan umum, lulusan dari ekonomi pembangunan-pun juga sangat dibutuhkan di bagian analisa data semisal dari divisi research dan development. Analis bisnis juga dapat mendukung suatu pengembangan materi pelatihan, atau berpartisipasi dalam pelaksanaannya, dan memberikan dukungan dari pasca implementasi. Hal ini mungkin melibatkan pengembangan rencana dari proyek dan seringkali memerlukan keterampilan manajemen proyek.

    Seorang analisis terdapat kebutuhan bisnis dan permasalahan yang penting bagi para pemangku yang berkepentingan dan mengusulkan solusi-solusi yang praktis. Analis bisnis juga dapat mendukung suatu perkembangan dari materi pelatihan, yang berpartisipasi dalam pelaksanaannya, dan memberikan dukungan pasca untuk diimplementasikan.

    Hal ini mungkin melibatkan suatu pengembangan rencana pada proyek dan seringkali memerlukan suatu keterampilan manajemen proyek. Biasanya beberapa perusahaan atau industri di dalam bidang keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, ultilitas, layanan perangkat lunak, dan lainnya. Membutuhkan seorang analis bisnis. Di perusahaan-perusahaan tersebut, lulusan dari ekonomi bisnis sangat diperlukan untuk menganalisa suatu kebutuhan bisnis dan suatu pengembangan bisnis.

    • Lembaga swadaya masyarakat

    Tiap lembaga swadaya masyarakat atau lms membutuhkan baragam analisa pembangunan industri perbankan, ekonomi, dan lainnya. Dengan demikian, sumber daya insani tersebut mampu bekerjasama di dalam organisasi publik, swasta, atau lembaga dari swadaya masyarakat yang memiliki suatu kemampuan untuk melanjutkan studi ilmu ekonomi dan lainnya ke dalam strata yang lebih tinggi lagi. Lulusan prodi ini juga dapat bekerja di dalam sebuah sektor swasta dan BUMN, terutama perbankan dan sektor keuangan lainnya.(Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar