Karakteristik Sistem Pakar

Daftar Isi

    LancangKuning - Sistem pakar merupakan sebuah teknik dalam metode kecerdasan buatan yang akan berusaha untuk menyimpan pengetahuan manusia ke dalam komputer, agar computer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli pakar. Tujuan dari sistem pakar yang dapat kita ketahui yaitu sistem pakai dapat menjadi pemberi nasihat dan sarana dalam membantu dalam memecahkan suatu masalah yang ada pada bidang-bidang spesialisasi tertentu.

    Berikut adalah karakteristik dari sistem pakar

    1. Pada sistem pakar memiliki nilai kepakaran yang mampu membantu user dalam menyelesaikan tugas dan juga membantu memecahkan masalah dengan memberikan sebuah solusi
    2. Pada domain tertentu sebuah kekhususan dari suatu sistem pakar dalam membidangi suatu disiplin ilmu tertentu
    3. Sistem pakar memiliki sebuah kemampuan untuk mengolah data yang dapat memiliki ketidakpastian dan mampu juga untuk memberikan sebuah atau semacam pertimbangan saran dan juga anjuran sesuai dengan kondisi dari lingkungan tersebut.
    4. Dapat dirancang untuk dapat dikembangkan secara bertahap

    Sistem pakar tentunya memiliki struktur yang pas untuk sistem pakar itu sendiri, berikut adalah struktur dari sistem pakar.

    1. Antarmuka pengguna atau user interface

    Antarmuka pengguna dalam sistem pakar merupakan sebuah mekanisme yang dapat digunakan oleh para pengguna dan sistem pakar untuk dapat berkomunikasi. Antarmuka dapat menerima suatu informasi dari seorang pemakai serta dapat mengubahnya ke dalam bentuk yang dapat diterima oleh seluruh sistem. Antarmuka juga dapat menerima dari sebuah sistem dan dapat menyajikannya ke dalam suatu bentuk yang dapat dimengerti oleh para pemakai.

    1. Basis pengetahuan

    Untuk basis pengetahuan sendiri mengandung pengetahuan untuk pemahaman formulasi dan penyelesaian dari suatu masalah.

    1. Akuisisi pengetahuan atau knowledge acquisition

    Akuisisi pengetahuan merupakan suatu akumulasi transfer dan transformasi pada keahlian dalam menyelesaikan suatu masalah dari sumber pengetahuan ke dalam sebuah program komputer. Pada tahap ini lah knowledge engineer dapat berusaha menyerap pengetahuan yang selanjutnya dapat ditransfer ke dalam basis pengetahuan, pengetahuan yang dimaksud dapat diperoleh dari suatu pakar dapat dilengkapi dengan buku basis data laporan penelitian serta pengalaman pemakai.

    1. Mesin atau motor inferensi atau inference engine

    Mesin atau motor inferensi memiliki komponen yang dapat mengandung mekanisme pola pikir serta suatu penalaran yang akan digunakan oleh seorang pakar dalam menyelesaikan sebuah masalah. Mesin inferensi ini merupakan sebuah program komputer yang dapat memberikan metodologi untuk penalaran tentang informasi yang ada dalam basis pengetahuan dan dalam workplace serta untuk dapat memformulasikan kesimpulan.

    1. Workplace atau blackboard

    Workplace atau bisa disebut blackboard merupakan sebuah area dari suatu kumpulan memori kerja atau working memory yang akan berguna untuk merekam kejadian yang sedang berlangsung termasuk dalam keputusan sementara. 

    1. Fasilitas penjelasan

    Fasilitas penjelasan merupakan komponen tambahan yang akan meningkatkan kemampuan sistem pakar yang akan digunakan untuk melacak respon dan akan memberikan suatu penjelasan tentang kelakuan dari sistem pakar tersebut secara interaktif melalui suatu pertanyaan.

    1. Perbaikan pengetahuan

    Pakar memiliki sebuah kemampuan untuk dapat menganalisis dan meningkatkan kinerjanya serta untuk dapat memiliki kemampuan untuk belajar dari kinerjanya.

    Dalam sistem pakar terdapat kegiatan pemecah suatu masalah sistem pakar, sebagai berikut.

    1. Interpretasi yaitu dapat membuat sebuah kesimpulan atau sebuah deskripsi dari suatu kesatuan data mentah dan dapat mengambil keputusan dari sebuah pengamatan yang juga termasuk pengenalan ucapan analisis citra interpretasi sinyal dan lainnya.
    2. Prediksi merupakan memproyeksi akibat yang dimungkinkan dari keadaan tertentu,
    3. Diagnosis yaitu menetapkan sebab malfungsi dalam kondisi kompleks yang dapat berdasarkan terhadap gejala yang diamati oleh diagnosis medis elektronis mekanis dan lainnya.
    4. Perencanaan atau desain yaitu menetapkan konfigurasi komponen sistem yang cocok dengan tujuan yang memiliki kinerja tertentu yang dapat memenuhi kendala tertentu.

    Demikianlah penjelasan mengenai karakteristik dari sistem pakar semoga bermanfaat!(Riela Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik Sistem Pakar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar