Metode Eliminasi

Daftar Isi

    LancangKuning  - Pada saat ini, kita akan membahas mengenai Metode Eliminasi. Metode Eliminasi ini merupakan metode yang dilakukan dengan cara mengeliminasi salah satu variabel sehingga terdapat sisa variabel yang lain untuk selanjutnya akan dicari nilai yang bisa memenuhinya. Salah satu hal yang pernah kalian pelajari dan harus untuk mempelajari itu adalah tentang persamaan.

    Persamaan pada pelajaran matematika ada banyak macamnya yang salah satunya adalah persamaan linear. Beberapa persamaan linear ini dapat membentuk sebuah sistem yang biasa disebut dengan sebutan sistem persamaan linear. Sistem persamaan linear ini dapat kita selesaikan dengan banyak cara, diantaranya adalah ada substitusi, ada eliminasi, dan ada juga campuran. Hasil dari sebuah penyelesaian sistem persamaan linear ini adalah sebuah nilai variabel yang bisa memenuhi sistem persamaan tersebut.

    Maksud dari Metode Eliminasi ini adalah suatu metode yang biasa digunakan untuk memecahkan atau mencari himpunan untuk sebagai penyelesaian pada suatu sistem persamaan linear dua variabel dengan cara menghilangkan atau bisa disebut dengan mengeliminasi salah satu variabel yang ada. Jika variabelnya terdiri dari x dan y, maka untuk menyelesaikan sebuah variabel x kita harus menghilangkan variabel y yang terlebih dahulu. Atau bisa juga sebaliknya, jika kita ingin mencari variabel y, maka kita harus menghilangkan variabel dari x terlebih dahulu.

    Perlu kalian ingat, untuk mengeliminasi atau menghilangkan sebuah variabel harus variabel tersebut mempunyai koefisien yang sama. Jadi, jika suatu koefisien variabel belum sama atau masih sedikit berbeda, maka kita harus samakan koefisien dengan cara mengkalikan atau membagikannya. Kemudian kita baru bisa menentukan variabel yang lain yang akan kita tentukan.

    Jadi dalam metode yang sedang kita bahas (Metode Eliminasi), kita perlu dua kali mengeliminasi sebuah variabel yang ada agar kalian bisa mudah untuk memahami metode tersebut.

    Metode eliminasi ini juga mempunyai pengertian yaitu metode yang digunakan untuk penyelesaian dari bentuk aljabar dengan menghilangkan salah satu sebuah variabel untuk menentukan solusi dari sebuah variabel lainnya. Ada juga Hybrid Eliminasi itu juga termasuk ke dalam Metode Campuran yang tergabung dengan Substitusi. Maksud dari Metode Campuran ini adalah metode gabungan dari kedua metode tersebut untuk mencari solusi persamaan dari bentuk aljabar.

    Metode campuran ini merupakan alternatif untuk menghasilkan suatu perhitungan yang jauh lebih cepat. Cara kerja metode ini adalah bisa melakukan eliminasi untuk mencari sebuah solusi suatu variabel, lalu melakukan sebuah proses substitusi variabel yang bisa ditemukan agar sekalian dapat menghitung variabel berikutnya.

    Dilansir dari CliffsNotes Algebra I Common Core Quick Review oleh seseorang yang bernama Kimberly Gores tahun 2010, sistem penyelesaian dengan menggunakan sebuah metode eliminasi adalah dengan menambahkan atau juga bisa mengurangi persamaan untuk menghilangkan salah satu yang terdapat pada variabel tersebut.

    Sendangkan metode substitusi ini adalah penyelesaian yang melibatkan suatu substitusi satu persamaan yang menuju ke persamaan lainnya. Metode ini baik jika digunakan pada saat salah satu persamaan tersebut telah diselesaikan untuk menyelesaikan sebuah variabel tertentu.

    Ada beberapa langkah untuk menyelesaikan pengerjaannya dengan menggunakan metode eliminasi, yaitu seperti berikut :

    1. Mengeliminasi atau menghilangkan salah satu variabel dari x, y dan z sehingga bisa memperoleh menjadi dua variabel.
    2. Menyelesaikan dua buah variabel yang diperoleh pada langkah pertama.
    3. Mengeliminasi atau meghilangkan salah satu variabel lain agar bisa memperoleh nilai variabel yang lain atau yang ketiga dan seterusnya.

    Ada juga langkah untuk menyelesaikan pengerjaan dengan menggunakan metode substitusi adalah sebagai berikut :

    1. Menyatakan x sebagai fungsi untuk y dan z atau y itu dianggap sebagai fungsi dari x dan z atau bisa juga z itu dianggap sebagai fungsi x dan y.
    2. Mensubtitusikan x atau y atau juga z itu menuju dua persamaan lainnya sehingga bisa diperoleh dua variabel.(Yazid)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Metode Eliminasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait