Jurusan Kuliah Tamatan SMK Farmasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Alangkah baiknya anda yang tamatan SMK yang ingin melanjutkan kuliah itu bisa dibilang sama aja ataupun tidak ada bedanya. Anda yang lulusan SMK pasti juga bisa melanjutkan bidang studi ke perguruan tinggi, di jurusan apa saja yang kamu sukai. Tetapi tentu saja harus dibiayai dengan kemampuan diri serta kemauan belajar yang sangat kuat. Karena dalam dunia perkuliahan yang sangat dituntut dari anda adalah tanggung jawabnya dalam mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan.

    Farmasi merupakan program studi yang mempelajari tentang obat-obatan. Disini anda akan belajar untuk mengenali struktur senyawa obat serta cara sintetisnya, selanjutnya mengolahnya menjadi obat-obatan yang layak untuk dikonsumsi.

    Dalam jurusan farmasi ini pastinya anda akan belajar cara meracik, mencampur, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis serta menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakannya. Bukan hanya meracik anda juga harus mengetahui bagaimana cara penggunaan obat-obatan tersebut secara aman. Berikut ini ada 36 mata kuliah jurusan SMK Farmasi yaitu:

    1. Anatomi Fisiologi Manusia
    2. Farmasi Fisika
    3. Kimia Organik
    4. Botani Farmasi
    5. Farmasetika Dasar
    6. Biokimia
    7. Kimia Sintesis
    8. Kimia Analitik
    9. Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida
    10. Biologi Sel dan Molekuler
    11. Farmakologi Dasar dan Toksikologi
    12. Farmakognosi
    13. Analisis Fisikokimia
    14. Fitokimia
    15. Imunologi
    16. Patofisiologi
    17. Farmakologi Sistem Organ
    18. Mikrobiologi Farmasi
    19. Kosmetika
    20. Farmasi Bahan Alam
    21. Farmakologi Khemoterapetika
    22. Bioteknologi Farmasi
    23. Teknologi Formulasi Sediaan Steril
    24. Analisis Biomedik
    25. Radiofarmasi
    26. Farmasi Forensik
    27. Etnofarmasi
    28. Parasitologi
    29. Interaksi Obat
    30. Analisis Farmasi
    31. Farmakoterapi
    32. Teknologi dan Formulasi Sediaan Solida
    33. Stabilitas Obat
    34. Biofarmasi
    35. Farmasi Klinik
    36. Pemodelan Molekul Obat

    Prospek kerja jurusan farmasi

    Di bidang farmasi tidak akan pernah ada batasnya. Sehingga akan terus berkembang seiring waktu, karena penyakit pun ikut terus-menerus berkembang serta membutuhkan penenangan yang sangat tepat. Lulusan farmasi tidak melulu untuk menjadi apoteker serta berada di apotek, tetapi akan juga dibutuhkan oleh rumah sakit, laboratorium serta klinik. Jurusan farmasi merupakan cara bagaimana kamu meracik obat-obatan yang bertujuan untuk mengobati suatu penyakit.

    • Rumah Sakit, Apotik dan Laboratorium klinik

    Dalam bidang layanan dan Kesehatan seperti rumah sakit, apotik dan lab. Klinik merupakan bidang utama yang bisa dimasuki oleh seorang lulusan farmasi. Tatapi dalam bekerja sebagai apoteker professional di berbagai Lembaga jasa Kesehatan diatas, seseorang lulusan farmasi harus mengambil Pendidikan keprofesian apoteker selama 2 semester. Dengan berbekal sertifikat serta profesinya, seorang lulusan farmasi setelah itu disebut juga dengan apoteker, selanjutnya mereka dapat mendirikan apotik secara mandiri.

    • Sektor Swata

    Sangat banyak perusahaan nasional yang memerlukan seseorang yang lulusan farmasi yaitu yang bergerak dalam bidang industri obat-obatan seperti Kalbe Farma, Kimia Farma, Bio Farma, Mead Johnson dan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan seperti Indofood, Wingsfood dan lain sebagainya.

    • Tenaga pendidik dan peneliti farmasi

    Profesi dosen merupakan salah satu peluang bagi lulusan jurusan farmasi, tetapi semacam jurusan kuliah lainnya, sekarang dini diperlukan gelar master untuk menjadi dosen. Dosen farmasi juga dapat menjadi peneliti dari berbagai potensi tanaman obat-obatan yang masih relative melimpah di Indonesia. Dalam usaha penelitian ini sangat mendesak dilakukan karena kondisi yang biodiversitas di Indonesia semakin berkurang dalam kerusakan alam serta hutan. Lulusan jurusan farmasi dapat bekerja di badan penelitian pemerintah salah satunya LIPI dan Balitro, tetapi mungkin peluang Lembaga ini relative yang terbatas. Sebagai tenaga pendidik, lulusan pada jurusan farmasi juga dapat mengajar di sekolahan kejuruan di bidang farmasi.

    • Intansi pemerintah

    Instansi pemerintah yang sangat memerlukan lulusan pada jurusan farmasi yaitu Badan POM bisa disebut dengan pengawasan obat serta makan), Kementrian kesehatan serta Dinas-dinas Kesehatan daerah di daerah, Rumah sakit dan puskesmas.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Kuliah Tamatan SMK Farmasi
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar