Prospek Kerja Ilmu Politik

Daftar Isi

    LancangKuning Banyak dari masyarakat yang berpendapat bahwa seorang lulusan dari jurusan Ilmu Politik dapat dengan mudah menjadi PNS. Banyak juga yang berpendapat bahwa jika kuliah di jurusan Ilmu Politik akan menjadi seorang yang memiliki jabatan yang tinggi. Seperti menjadi anggota DPR atau pun DPRD, Gubernur, Bupati, atau Walikota dan sebagainya. Tetapi, sebenarnya jurusan ini tidak hanya bisa bekerja yang berhubungan dengan politik. Bisa saja seorang lulusan jurusan ilmu politik ini bekerja di bidang yang lain.

    Peluang kerja jurusan ilmu politik

    Bisa saja seorang lulusan jurusan ilmu politik tidak bekerja dengan yang tidak ada sangkut pautnya dengan jurusan yang diambilnya. Seorang yang bekerja di bidang politik akan selalu berpatokan kepada politik sehingga dia akan terjun masuk kedalam politik. Seorang yang ingin menjadi sarjana politik pasti akan melakukan penelitian di daerah-daerah tertentu. Sehingga seorang ilmu politik akan mengetahui dan mengerti terhadap keadaan masyarakat yang ada di suatu daerah ataupun di suatu negara tersebut.

    Prospek kerja atau peluang kerja jurusan ilmu politik

    Ada beberapa prospek kerja yang dapat dijadikan peluang pekerjaan bagi seorang lulusan jurusan ilmu politik. Di antaranya adalah:

    Prospek kerja lulusan ilmu politik di bidang pemerintah

    Seorang yang lulusan dari jurusan ilmu politik memang sangat cocok untuk bekerja di bidang pemerintahan. Ilmu yang dipelajari saat kuliah akan digunakan ketika di dalam pekerjaan. Sehingga seorang yang lulus jurusan ilmu politik akan sangat mudah dalam melakukan adaptasi dengan lingkungan dan pekerjaan. Seorang pekerja di bidang pemerintahan biasanya akan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan gaji yang didapatkan lumayan besar.

    Seorang bekerja di bidang pemerintahan akan sangat mengetahui keadaan dan kondisi dari lingkungan politik itu dan juga bisa mengetahui besar atau kecilnya permasalahan dari politik tersebut. Hingga pembelajaran yang dilakukan saat duduk di bangku kuliah sangat berguna untuk bekal kamu saat bekerja di bidang pemerintahan.

    Prospek kerja lulusan jurusan ilmu politik di bidang pendidikan

    Seorang ilmu politik yang sangat suka dengan dunia yang berkaitan dengan pendidikan bisa melanjutkan dan bisa menyampaikan ilmunya dengan mengajar pendidikan sebagai seorang dosen ataupun menjadi seorang tenaga pendidik. Sehingga banyak orang yang melanjutkan pendidikannya agar dapat memperoleh gelar master hingga doctor agar bisa menjadi seorang dosen ataupun hanya ingin mengabdi pada bidang pendidikan.

    Sehingga banyak orang yang telah memang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang pendidik harus menyampaikan materi yang ada dengan sungguh sungguh. Sehingga mahasiswa akan menjadi lebih jelas dan paham dengan materi tentang ilmu politik yang sudah diberikan. Sehingga mahasiswa akan menjadi lebih paham serta lebih cerdas dan bisa membanggakan untuk Negeri tercinta.

    Prospek kerja lulusan jurusan ilmu politik di bidang social

    Seorang yang lulus di jurusan ilmu politik juga bisa bekerja di bidang ilmu social, contoh nya seperti bekerja sebagai anggota LSM, Komunitas, Peneliti, Praktis Sosial. Sehingga bisa membantu masyarakat yang kurang memperoleh perhatian dari pemerintahannya. Tetapi banyak dari orang yang duduk di kuliah sudah mulai bergabung dengan LSM atau pun komunitas serta lembaga yang lainnya.

    Sehingga ketika sudah lulus mahasiswa tersebut akan langsung bisa bergabung dengan organisasi yang telah diikuti sejak sudah di perkuliahan tersebut. Sebab mahasiswa yang sudah lulus dari perkuliahan di bidang ilmu politik selalu melakukan penelitian di masyarakat dan berhubungan dengan ilmu social yang lainnya.

    Prospek kerja lulusan jurusan ilmu politik dibidang industry

    Untuk bekerja di bidang yang satu ini cukup sulit. Diantaranya karena pekerjaan di bidang industry ini tidak terlalu sering membuka lowongan pekerjaan.  Biasanya jika ingin bergabung dan bekerja di bidang industry atau swasta seorang ilmuan politik harus memilih jalur bawah yaitu sebagai seorang marketing ataupun seorang sales.

    Prospek kerja lulusan jurusan ilmu politik di bidang wirausaha

    Tidak usah dijelaskan lagi karena sudah banyak orang yang ingin menjadi seorang wirausaha. Terlebih lagi untuk jurusan ilmu politik ini sendiri. Seorang yang sudah menjadi pengusaha pasti dapat membuka peluang pekerjaan untuk yang lain juga, sehingga kamu akan mendapatkan kepuasan dari hasil usaha yang telah kamu kerjakan. Pada intinya yaitu kamu akan memperoleh untung dari usaha yang telah kamu kerjakan.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Ilmu Politik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar