Mengenal Peluang dan Resiko Usaha

Daftar Isi

    LancangKuning - Saat ini sulit untuk dapat bekerja di kantoran, bahkan sangat sulit untuk mencari pekerjaan. Dengan begitu, sekarang kita dituntut untuk dapat berfikir menciptakan sebuah usaha yang profitable. Sebagai salah satu wirausahawan harus jeli dalam menganalisis sebuah peluang usaha yang ada. Dan tentunya diiringi dengan kerja keras, percaya diri dalam kemampuan yang ada, gigih, inovatif, kreatif, serta dapat berfikir positif. Maka kamu akan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

    Peluang Usaha dan Resiko Usaha

    Di dalam dunia usaha, sebagai seorang pemula tentunya harus bisa melakukan observasi lapangan dan juga jangan ada rasa malu untuk bertanya mengenai dunia bisnis. Sebelum menjadi seorang wirausahawan yang kreatif dan juga gigih, maka kamu harus banyak melihat peluang usaha yang bisa diciptakan.

    Di Indonesia memiliki 5 jenis lapangan usaha yang dapat ditekuni, seperti jasa, pertambangan, industry serta agraris. Jika kamu berhasil menekuni ke-5 jenis lapangan usaha tersebut, maka kamu akan dapat menemukan berbagai macam peluang usaha lainnya.

    1. Peluang Usaha

    Peluang usaha merupakan sebuah peluang yang dimanfaatkan oleh seorang wirausahawan untuk menjalankan suatu kegiatan usaha. Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang tersedia. Dan peluang usaha akan sangat besar untuk didapatkan apabila calon wirausahawan mau berkerja keras, gigih, serta percaya pada kemampuan yang dimiliki.

    Untuk masing-masing wirausahawan sebenarnya telah mempunyai peluang atau opportunity agar dapat melangkah maju, dan tidak semuanya berjalan sesuai dengan harapan.

    Seorang wirausaha diperlukan untuk berfikir secara kreatif dan positif agar sebuah usaha dapat dimanfaatkan dengan baik. Diantaranya:

    • Seorang wirausaha harus memiliki semangat yang tinggi
    • Pandai dalam berkomunikasi
    • Harus bisa bertanya kepada diri sendiri
    • Dapat mendengar dan juga menerima saran dari orang  lain
    • Yakin dan percaya bahwa usaha yang dijalaninya bisa terlaksana.
    • Mampu dalam menerima gagasan baru di dunia usaha

    Sebuah peluang usaha tidak layak untuk disebut sebagai peluang jika kamu tidak menemukan tindakan yang layak untuk dapat diwujudkan. Dengan cara kamu mendekatkan diri kepada masyarakat dan mempelajari dinamika dalam masyarakat, seorang wirausaha harus bisa menciptakan sebuah bisnis ataupun kesempatan usaha apa yang dinilai tepat.

    1. Resiko Usaha

    Jika kamu sudah mengetahui tentang peluang usaha, maka langkah selanjutnya kamu harus mengetahui mengenai Resiko Usaha.  Resiko usaha merupakan suatu tindakan yang dihubungkan dengan suatu kemungkinan atas terjadinya kerugian yang tidak terduga dan yang tidak diharapkan.

    Dan tentunya setiap usaha yang dijalani memiliki tujuan untuk bisa mencapai keuntungan. Dan keuntungan yang telah didapatkan akan digunakan untuk mensejahterakan diri sendiri atau orang lain yang ikut dalam usaha tersebut. Dengan begitu resiko yang harus dihadapi akan banyak, diantaranya:

    • Persaingan

    Di dalam dunia usaha pasti memiliki suatu yang dinamakan persaingan. Pesaing merupakan seseorang yang menjalani usaha yang sejenis dengan usaha kita, dan tentunya akan membuat usaha kita akan mengalami penurunan, hambatan, kerugian, atau bahkan dapat mengakibatkan kebangkrutan. Maka kita harus bisa bersaing dalam memberikan produk terbaik, kualitas terbaik, serta pelayanan yang baik juga.

    • Perubahan Permintaan

    Dalam perubahan ekonomi masyarakat dan perubahan selera konsumen juga bisa mengakibatkan terjadinya suatu penurunan dalam permintaan. Jika hal ini terjadi, maka kan dapat mengakibatkan kerugian pada usaha yang sedang dijalani.

    • Perubahan Konjungtur

    Perubahan konjungtur ini merupakan perubahan yang terjadi pada kondisi ekonomi yang sangat tidak menentu. Dan akan bisa mempengaruhi usaha yang sedang dijalani.

    • Faktor-faktor lainnya

    Faktor ini bisa menjadikan suatu resiko di usaha kita, seperti perubahan peraturan, perubahan system teknologi, sebuah bencana alam, dan lain sebagainya.

    Perlu diperhatikan bahwa Resiko usaha bukanlah suatu masalah yang perlu ditakuti, namun kita perlu mengenal dengan baik mengenai Resiko usaha agar selanjutnya bisa di antisipasi dengan baik. Jika kita memiliki masalah Resiko dalam usaha yang sedang dijalankan, maka kita perlu membuat persiapan serta melakukan perhitungan secara matang agar mengurangi kerugian.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengenal Peluang dan Resiko Usaha
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar