Simbol dan Fungsi Komponen Elektronika

Daftar Isi

    LancangKuning - Elektronika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang alat listrik arus yang lemah untuk dioperasikan dengan cara mengontrol aliran electron atau partikel yang bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor dan lain sebagainya.

    Sejarah elektronika mulai dari abad ke-20 dengan melibatkan tiga buah komponen utama yaitu tabung hampa dan udara atau vacuum tube, transistor dan sirkuit terpadu tabung hampa udara menjadi device yang dibuat untuk me-manipulasi kemungkinan suatu energi listrik sehingga dapat diperkuat dan dikirimkan.

    Komponen aktif dalam suatu rangkaian elektronika yang mempunyai penguatan atau dapat mengarahkan aliran arus listrik di antaranya transistor, tiristor, diode dan tabung vakum untuk men-stabilkan komponen yang ada dalam rangkaian elektronika.

    Elektronika digital juga sering digunakan pada jenis komunikasi yang bersifat padat atau sering digunakan alat alat yang digunakan sebagai teknologi digital lebih mudah digunakan, praktis, harga juga relatif dan murah. Teknologi digital memungkinkan terjadi peristiwa pengenalan pada banyak layanan-layanan baru.

    Perangkat elektronika dapat juga mengkonversikan tegangan dan arus listrik DC ke tegangan dan arus listrik AC sesuai dengan frekuensi yang dibutuhkan oleh rangkaian osilator dan dapat ditemukan di rangkaian-rangkaian frekuensi radio, konverter, timer dan counter.

    Komponen dasar elektronika beserta fungsinya

    • Resistor ini jika diterjemahkan artinya merupakan tahanan atau hambatan yang berfungsi untuk menghambat arus yang mengalir dalam suatu rangkaian yang tertutup.
    • Kapasitor
    • Inductor
    • Diode
    • Transistor
    • Integrated circuit
    • Saklar (relay)
    • Transformator

    Kelebihan elektronika digital.

    • Penggunaan yang sering berulang ulang tidak mempengaruhi kuantitas maupun kualitas
    • Sistem komunikasi yang hasilnya terbukti lebih fleksibel jika dibandingkan dengan elektronika analog
    • Teknologi digital memiliki sifat yang lebih toleran dalam noise

    Keuntungan lebih mudah dalam pemrosesan jumlah data yang tidak terbatasi memiliki kepadatan yang jauh lebih tinggi sehingga dapat menyajikan informasi yang lebih halus.

    Kelebihan elektronika digital dapat juga dalam pengguna yang sering berulang ulang tidak mempengaruhi kuantitas maupun kualitas sistem komunikasi yang dihasilkan berbukti lebih fleksibel jika dibandingkan dengan elektronika analog teknologi digital memiliki sifat yang lebih toleran terhadap noise.

    Elektronika merupakan alat yang dibuat berdasarkan dengan prinsip-prinsip elektronika serta hal atau benda yang menggunakan alat tersebut antara lain dapat digunakan pada media elektronika sarana media massa yang mempergunakan alat elektronik modern misalnya radio, televisi dan film yang akan dapat digunakan pada suatu elektronika.

    Kekurangan elektronika analog cenderung memiliki sinyal kualitas yang lebih rendah dari pada digital

    1. Kebutuhan bandwidth yang lebih besar
    2. Kecepatan prosesor terbatas
    3. Sistem dan pemrosesan lebih kompleks
    4. Pengambilan sampel dapat menyebabkan hilangnya informasi
    5. Dapat menghasilkan kesalahan dalam kuantasasi

    Beberapa keunggulan dari sistem elektronika digital juga dapat membuat teknologi digital dan menawarkan biaya lebih rendah keandalan lebih baik pemakaian ruang yang lebih kecil dan konsumsi daya yang lebih rendah teknologi digital juga dapat membuat suatu kualitas komunikasi yang tidak tergantung pada jarak teknologi dan digital bergantung dengan sistem lainnya.

    Elektronika digital adalah representasi dari aljabar Boolean dan digunakan di computer telepon genggam dan berbagai produk konsumen lainnya dalam sebuah sirkuit digital senyal direperantasikan dengan satu dari dua macam kondisi yaitu 1 (high, active, true) dan 0 (low, onactive, false).

    Elektronika analog merupakan suatu bidang elektronika yang dimana sinyal listrik-nya terlihat bersifat continue, sedangkan komponen yang digunakan umumnya disebut dengan komponen diskrit beda dengan elektronika digital dimana sinyal listrik yang terlibat dengan sinyal 0 V atau 5 V atau sinyal digital berlogika 0 atau 1.

    Penemu listrik pertama kali adalah konsep sirkuit terintegrasi diusulkan pada tahun 1952 oleh Geoffrey W.A Dummer, seorang ahli elektronika berkebangsaan inggris dengan royal radar establishment-nya

    Yang menemukan elektronika ini ditemukan oleh tiga orang ilmuwan atau peneliti pada tahun 1947 ketiga ilmuwan tersebut adalah John Berdeen, Walter Brattain dan William Shockley,

    Dalam perjalanan meski banyak ilmuwan diketahui terlihat dan menyumbangkan idenya dalam pengembangan teknologi televise dan ada dua tekoh yang dianggap paling berpengaruh terhadap penemuan perangkat elektronika yang satu ini.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Simbol dan Fungsi Komponen Elektronika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar