Karakteristik Media Transmisi

Daftar Isi

    LancangKuning Media transmisi merupakan media yang dapat mengirimkan data dari suatu tempat ke tempat lain.  Media transmisi biasanya menggunakan beberapa peralatan-peralatan elektronika yang berupa telepon, komputer, televisi atau tv, dan radio untuk menghubungkan antara penerima dan pengirim supaya dapat melakukan pertukaran data dan informasi. Dan setiap peralatan-peralatan elektronika yang memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman dan pertukaran data dan informasi yang dituju ke suatu media transmisi dengan adanya peralatan yang berbeda di dalam pekerjaan yang telah dibuat.

    Jenis-jenis Media Transmisi.

    Secara garis besar media transmisi dapat dibagi menjadi dua yaitu media transmisi kabel dan nirkabel. Media transmisi kabel juga memiliki beberapa bahan pengantar yang berbeda beda. Untuk media transmisi yang menggunakan tembaga, informasi akan di kirim dalam bentuk sinyal listrik, contohnya UTP, STP, coaxial, dan fiber optik. sedangkan untuk media transmisi nirkabel menggunakan serat, informasi akan dikirim dalam bentuk cahaya. Itulah kenapa media transmisi yang menggunakan serat lebih cepat dibanding dengan lainnya, contohnya gelombang mikro terestrial, satelit, dan infra merah.

    Karakteristik Media Transmisi.

    Karakteristik media transmisi tergantung pada :

    • Jenis alat elektronika.
    • Data yang digunakan oleh alat elektronika.
    • Tingkat ke-efektifan dalam pengiriman data.
    • Ukuran data yang dikirimkan.

    Kelebihan Media Transmisi Satelit :

    - Koneksi darimana saja tidak perlu menggunakan LOS (Line of Sigth) dan tidak ada masalah dengan jarak jangkauannya baik nasional, regional maupun global pembangunan infrastruktur-nya relatif cepat untuk daerah yang luas dibandingkan dengan teresterial dan komunikasi dapat dilakukan baik dengan titik ke titik maupun dari satu titik ke banyak titik secara broadcasting, multicasting dengan kecepatan bit akses tinggi dan bandwidth-nya yang sangat lebar.

    - VSAT dapat dipasang dimana saja selama masuk dalam jangkauan satelit handal dan dapat digunakan untuk koneksi voice, video dan data dengan menyediakan bandwidth yang lebar untuk lebih mempermudah pengguna dalam membuat suatu transmisi.

    - Instalasi jaringan segmen bumi yang sangat cepat

    - Layanan total hanya dari satu provider

    - Layanan mobile/wireless yang independen terhadap lokasi.

    Kekurangan Media Transmisi Satelit :

    Sinyal TCP/IP throughput akan dapat terbatasi karena adanya suatu delay propagasi satelit geostasioner. Dan berbagai teknik protokol link juga sudah dapat dikembangkan melalui transmisi yang digunakan sehingga dapat mengatasi problem tersebut diantara penggunaan Forward Error Correction yang menjamin kemungkinan kecil pengiriman dapat di ulang dengan harga yang cukup relatif mahal karena dapat menyewa suatu provider yang dapat memakan tempat terutama  dalam menambahkan gas hydrazine ( H2Z ) menggunakan rotasi satelit yang stabil di orbit satelit yang beberapa kali dapat dikolaborasikan agar tetap pada orbitnya yang rentan terhadap pengaruh atsmosfir waktu yang dibutuhkan dari satu titik di atas bumi ke titik lainnya melalui satelit.

    Fiber Optik

    Kelebihan Fiber Optik :

    Dapat menjangkau suatu fiber sampai puluhan kilometer bahkan ratusan kilometer informasi yang akan ditransmisikan dengan kapasitas ( bandwidth ) yang tinggi dengan signal yang sama sekali tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio yang terbuat dari kaca dan plastik yang berkemampuan dapat membawa lebih banyak informasi dan mengantarkan informasi dengan lebih akurat dibandingkan dengan kabel coaxial kabel fiber optic mendukung date rate yang lebih besar.

    Kekurangan Fiber Optik :

    Biaya yang sangat mahal untuk peralatanya perlu di konversi dengan data listrik ke cahaya dan sebaliknya yang rumit dalam penyambungan serat harus menggunakan teknik dan ketelitian yang tinggi. Akan sulit juga dalam pembuatan terminal pada kabel serat yang kemungkinan akan kehilangan sinyal pengiriman ke tujuan yang berbeda-beda dapat mempengaruhi besarnya informasi yang dikirimkan. Selain merupakan keuntungan, listrik juga merupakan kelemahanya karena harus menggunakan alat pembangkit listrik eksternal dan bisa menyerap hidrogen yang menyebabkan los data.(Sukri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik Media Transmisi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar