Implementasi Cloud Computing Pada Perusahaan

Daftar Isi

    LancangKuning - Teknologi Cloud Computing merupakan paradigma baru dalam pengiriman layanan komputasi, Cloud Computing mempunyai sangat banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem konvensional. Dalam perkembangan bisnis saat ini mulai bersaing secara global agar bisa memuaskan customer, sampai perusahaan membutuhkan akses informasi yang cepat serta akurat.

    Supaya bisa mengakses informasi secara cepat, perusahaan perlu membangun infrastruktur dari sebuah teknologi informasi yang membutuhkan modal yang besar ataupun banyak. Cloud Computing juga hadir sebagai salah satu solusi dari alternatif. 

    Layanan yang telah disediakan dengan Cloud Computing, yaitu: hardware, infrastruktur, platform dan aplikasi. Cloud Computing sangat bermanfaat, karena bisa mengurangi biaya komputasi, dapat mengingatkan kehandalan dan memberikan peluang yang sangat besar di dunia industri.

    Layanan dan fitur layanan Cloud Computing

    Dari salah satu perusahaan yang sudah menyediakan jasa layanan Cloud Computing adalah google. Sebuah fitur dari Cloud Computing dipercaya akan jauh lebih hemat dan memuaskan dibandingkan lainnya. Masalah yang datang adalah bagaimana cara perusahaan mengimplementasikan Cloud Computing dengan menggunakan google cloud serta cara melakukan proses deployment dan provisioning Google cloud SQL Database.

    Tujuan dari meneliti ini yakni memberikan kajian tentang manfaat dari penerapan Google Cloud bagi perusahaan untuk meningkatkan daya saing dalam usaha yang begitu ketat. Penelitian ini menggunakan metode perkembangan dan studi literatur, yang di awali dengan perencanaan, implementasi, pengujian atau test, dokumentasi, deployment dan masih banyak lagi pembahasan yang berkaitan dengan Google Cloud.

    Dari hasil penelitian ini Google Cloud bisa membuat model bisnis lebih menyesuaikan serta lebih cepat. Tujuan dari penulisan artikel ini agar bisa memberikan gambaran yang mengenai pengertian Cloud Computing dan perkembangannya serta keuntungan dan kerugian dari perusahaan yang dapat memanfaatkan teknologi Cloud Computing.

    Berdasarkan penelusuran tersebut diketahui bahwa Cloud Computing sebagai teknologi yang memanfaatkan layanan pada jaringan internet menggunakan pusat server yang bersifat virtual dengan tujuan pemeliharaan data serta aplikasi. Cloud Computing sendiri sudah menimbulkan perubahan pada cara kerja sistem teknologi informasi dalam sebuah perusahaan. Sistem pada keamanan serta menyimpan data menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan.

    Teknologi layanan Cloud Computing ini sudah memberikan keuntungan yang sangat besar bagi banyaknya perusahaan. Untuk menjalankan proses ini kebutuhan perangkat yang peril dipersiapkan meliputi perangkat keras seperti komputer server HPE DL 20 Gen 10 E-2136-4 SFF, harddisk 2x1 TB SATA 7.2k 3.5”, 256 GB RAM, bandwith minimal 5 Mbps serta kebutuhan pada perangkat lunak yang meliputi Windows server 2012 R2 Enterpise, VMM, Google Cloud platform Enterprise, SQL server 2012.

    Definisi Cloud Computing

    Cloud Computing layanan teknologi informasi yang berbasis sebuah mekanisme, berupa sekumpulan teknologi informasi resource yang saling terhubung nyaris hingga tanpa batas, baik itu dari infrastruktur maupun aplikasi dimiliki serta kelola sepenuhnya dari pihak ketiga hingga memungkinkan customer untuk menggunakan resource tersebut secara on-demand melalui network baik yang sifatnya jaringan untuk mengah orang lain konten tertentu maupun public.

    Dalam Definisi bahwa Cloud ComputingCloud Computing juga bisa dibilang sebagai media yang dinamis.

    Perkembangan bisnis pada masa kini sangat cepat, begitu banyaknya perusahaan yang saling bersaing untuk menjadi yang lebih terbaik dalam sebuah bidangnya. Dalam persaingan, perusahaan haris mencari cara agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk meningkatkan minat orang lain terhadap produk dan jasa perusahaannya.

    Tapi peningkatan pada pelayanan dan pengembangan pada perusahaan selalu tidak jauh dari tingginya biaya yang harus dikeluarkan.

    Kesimpulan dari Cloud Computing

    1. Cloud Computing merupakan suatu layanan penyimpanan pusat data secara virtual yang penggunanya bisa disesuaikan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
    2. Implementasi Cloud Computing dalam sebuah pengembangan dan kelangsungan bisnis bisa dilakukan secara adopsi siklus.
    3. Implementasi Cloud Computing dibuat dengan cara proses deploying menggunakan metode perkembangan sistem agile development metode, langkah-langkahnya mengikuti perencanaan, implementasi, pengujian, dokumentasi, deployment serta pemeliharaan
    4. Cara implementasi Cloud Computing yang baik dan benar yaitu pada suatu tahap penerapan Cloud dilakukan Analisa kebutuhan perusahaan setelah itu disesuaikan dengan jenis layanan serta tipe pengguna Cloud sesuai perusahaan dalam pengembangan bisnisnya.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Implementasi Cloud Computing Pada Perusahaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar