Tujuan Metode Mind Mapping

Daftar Isi

    LancangKuning - Mind mapping merupakan sebuah teknik yang biasa digunakan untuk pembelajaran materi di lingkungan sekolah maupun lingkungan kampus. Mind mapping ini bukan hanya terdapat di lingkungan sekolah saja ataupun kampus tetapi juga dapat diaplikasikan ke bidang dunia kerja. Visual yang dibuat dalam mind mapping ini bisa membantu anda untuk mengatur informasi yang baru diterima dan dapat menentukan tema besar yang ada di dalam perusahaan tersebut.

    Tujuan utama dari sebuah mind mapping ini adalah agar siapapun yang menggunakan metode ini agar dapat memahami materi secara menyeluruh, dan bukan dijadikan sebagai hafalan saja.
    Metode ini dapat dijadikan untuk mendukung proses brainstorming, meeting, presentasi, dan pengambilan keputusan.

    Karakteristik dari metode mind mapping ini adalah dengan memanfaatkan peta pikiran secara optimal.

    Manfaat Mind Mapping

    • Membantu Proses Pemebelajaran
      Ketika sedang membuat mind mapping, anda dipaksa untuk menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Setelah membuat dan melihat hasilnya, kamu akan lebih mudah memahami dan mempelajari dan menghubungkan antara satu konsep dengan yang lainnya, dan pembelajaran dengan cara yang tidak berat dan membosankan.
    • Lebih Produktif
      Mind mapping juga akan mempermudah anda untuk menentukan tugas – tugas prioritas. Setelah mengetahui tujuan dan tugas yang harus segera dikerjakan, kamu dapat mengatur waktu dengan baik  dan menjadikan anda lebih produktif.
    • Kreativitas Meningkat
      Ketika membuat mind map ini, kamu akan membuat peta bercabang berdasarkan kategori yang ada. Supaya terlihat menarik, biasanya mind map akan diberi gambar atau menggunakan warna yang menarik dan prose pembuatan ini dapat merangsang kerja otak , maka fungsi bonus dari mind map ini adalah meningkatkan kreativitas.
    • Meningkatkan Pemahaman
      Dalam mind mapping adalah metode yang dapat membantu untuk memahami konsep atau permasalahan yang kompleks, dan dapat membantu dalam memecahkan permasalahan tersebut.
    • Mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci saja dan tidak membuang energi untuk mencari kata- kata.
    • Mind mapping yang bagus dan keren bisa sangat mudah untuk di baca , diingat serta di review kembali.
    • Mengembangkan problem solving skill pada peserta didik/ mahasiswa dengan cara barinstorming.

    Cara Membuat Mind Mapping

    1. Cari media yang ingin digunakan
      Pilihlah media yang berbentuk landscape, hal ini untuk dapat memudahkan proses pembuatan mind mapping khususnya ketika konsepnya terus berkembang. Dan jika anda ingin menggunakan media kertas untuk mempresentasikannya ke klien atau atasan maka buat terlebih dahulu drafnya di kertas lain.
    2. Menentukan tema besar
      Menentukan tema besar atau konsep yang akan menjadi core utama di dalam mind mapping. Pastikan untuk meletakkan tema utama berada pas di tengah – tengah kertas ataupun media apapun, agar penulisan cabang lainnya menjadi lebih mudah.
    3. Buat sub tema
      Ketika melakukan mind mapping ini tuliskan tema turunan dengan menggunakan keyword yang berhubungan dengan tema utama, selain untuk mempermudah pemahaman, mind mapping akan menjadi lebih teratur dan terstruktur dengan baik.
    4. Gunakan warna yang lebih menarik
      Dengan penggunaan warna yang lebih menarik merupakan salah satu kunci utama agar penggunaan mind map dapat digunakan secara optimal. Ketika menggunakan warna untuk sub tema atau topik – topik tertentu, maka otak akan lebih mudah mengasosiasikannya dengan topik tersebut.
    5. Tambahkan gambar
      Dengan menggunakan gambar atau simbol juga bisa membantu otak kamu dalam mengasosiasikannya dengan topik tersebut. Dan jangan mind map kamu hanya berisikan kata – kata saja tetapi juga anda harus memvariasikannya dengan gambar maupun simbol – simbol.

    Kesimpulan

    Anda dapat mengimplementasikan metode mind mapping ini untuk mendukung performa di kantor atau dapat memahami materi yang sangat cukup kompleks tentunya. (Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tujuan Metode Mind Mapping
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar