Tata Krama Komunikasi Sinkron

Daftar Isi

    LancangKuning Pengertian dari komunikasi adalah sebuah cara untuk memberitahukan sebuah pokok pikiran dari seseorang, ide, sebuah gagasan, kritik dan juga saran dari seseorang serta curahan hati seseorang kepada orang lain yang menjadi lawan atau kawan untuk bicara.

    Dengan mengikuti berkembangnya zaman, serta juga kecepatan jaringan internet sekarang yang mulai merata hingga kepedalaman desa yang dapat membuat komunikasi dengan seorang yang tidak lagi menjadi susah karena dimana saja dan juga kapan saja mereka dapat berkomunikasi dengan orang yang mereka tuju baik itu menggunakan hp ataupun laptop/komputer. Maka dari itu sekarang ini dikenal komunikasi melalui jaringan yang biasa disebut dengan komunikasi daring sinkron.

    Komunikasi sinkron ini maksudnya adalah komunikasi antara seseorang yang ada pada pihak lain dan seseorang itu menggunakan jaringan internet dan berjalan secara langsung dan cepat dengan menggunakan hp atau alat komunikasi lainnya yang terhubung terhadap jaringan. Komunikasi sinkron ini juga memiliki macam – macam media untuk berkomunikasi, tapi yang paling sering digunakan sebagai alat komunikasi yaitu seperti Line, Facebook, WhatsApp, Messenger, Yahoo dan masih banyak media lain yang ada. Komunikasi sinkron ini juga memiliki kelebihan pada suatu kecepatan transmisi pengiriman pesan yang begitu cepat tapi juga memiliki kekurangan yang mungkin pesan tersebut tak sampai atau error.

    Untuk komunikasi sinkron yang memakai komunikasi secara verbal atau bahasa tubuh, harus memiliki tata karma yang baik agar lawan atau kawan bicara tidak merasa tersinggung terhadap ucapan atau omongan kita. Karena dengan mengetahui dan juga menggunakan tata karma berkomunikasi sinkron yang baik, maka sesuatu yang disampaikan saat sedang berkomunikasi akan diterima dengan baik dan tidak terjadi kesalahpahaman yang membuat mereka tersinggung. Selain itu juga tata karma yang baik itu terjadi pada saat berkomunikasi dengan menunjukkan beberapa informasi. Berikut ada beberapa contoh tata karma berkomunikasi sinkron yang baik untuk menjaga komunikasi agar selalu damai, yaitu :

     

    1. Sapa seseorang dengan penuh semangat.

    Memulai sebuah komunikasi dengan semangat akan memberikan efek positif untuk berkomunikasi yang akan dijalankan. Berbahasa dengan baik dan memberikan semangat bagi setiap orang yang mendengarkannya. Maka dari itu biasakan pada saat ingin berkomunikasi untuk menyapa seseorang dengan senyuman dengan kata – kata yang member semangat.

     

    1. Tatap wajah seseorang yang diajak berbicara.

    Pada saat lawan bicara sedang mengutarakan sesuatu yang ada di sekitarnya, pandangan dan arah mata kita diusahakan harus melihat lawan bicara. Hal ini dapat memberikan tanda ke orang yang anda bawa ngobrol apa yang didengarkan dengan baik. Jangan juga terlalu sering untuk melihat ke arah lain karena itu akan membuat kesan yang tidak sopan.

     

    1. Dilarang membicarakan keburukan orang lain.

    Pada saat berbicara kepada orang lain hendaklah berbicara dengan hal yang baik dan juga berguna agar komunikasi memiliki arti dan jelas. Maka dari itu jangan berkomunikasi hanya diisi oleh percakapan yang mengandung kebencian seperti gibah dan lain lain.

     

    1. Menggunakan kata yang tidak menyinggung.

    Menggunakan kata yang sopan itu digunakan pada saat sedang berkomunikasi dengan seseorang agar proses komunikasi lebih efektif dan berjalan dengan seru dan ceria dan tidak ada hambatan pada saat berkomunikasi.

     

    1. Jangan berbicara terlalu cepat.

    Pada saat berkomunikasi, usahakan untuk tidak berbicara dengan cepat karena itu membuat lawan berbicara dapat mendengarkan dengan jelas apa yang kita bicarakan. Intonasi ataupun ekspresi wajah kita juga usahakan jangan membuat lawan berbicara risih.

     

    1. Berkata jujur dan tidak membuat pusing.

    Jika kalian sedang melakukan komunikasi dengan seseorang karena memiliki keinginan, maka berbicaralah dengan jujur dan jangan ada bohongnya, dengan lemah lembut, tidak terpaksa dan beri alas an kenapa kalian ingin berbicara dengan dia dan membicarakan hal apa saja yang ingin kalian bicarakan.

     

     

     

     

    1. Selingi humor agar tidak canggung.

    Selipkan humor apa saja bahan candaan yang sekali digunakan ketika sebuah komunikasi terasa dingin dan berjalan kurang baik. Usahakan menggunakan humor yang membuat bangkit keceriaan pada saat berkomunikasi agar komunikasi tersebut berjalan dan kembali asik.

     

    1. Hargai pendapat orang lain.

    Pada saat berkomunikasi yang sedang dilakukan secara berdiskusi, maka dengarkan saja dan hargai pendapat orang yang sedang berbicara agar diskusi tersebut berjalan dengan mulus dan berjalan dengan baik. Jangan sering mendebatkan atau membantah perkataan orang yang sedang berbicara.(Yazid H)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tata Krama Komunikasi Sinkron
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait