Kelebihan dan Kekurangan Control Panel Hosting

Daftar Isi

    LancangKuning - Control Panel Hosting atau cPanel merupakan control yang digunakan untuk melakukan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan pada layanan web hosting. Untuk mengatur web memanglah tidak harus menggunakan control panel saja , akan tetapi bisa juga dengan cara yang manual dengan melewati pengaturan perintah teks. Jika anda menggunakan metode manual ini maka anda wajib paham dengan coding dan penuh kesabaran karena memerlukan waktu yang cukup lama.

    Control panel dikenal memberi kemudahan bagi penggunanya dengan menyajikan control dengan tampilan user interface yang menarik dan juga mudah untuk dioperasikan. Control panel juga menghadirkan kemudahan untuk mengelola domain, hosting, dan juga website, dan pengguna akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

    Kelebihan Control Panel Hosting

    1. Mudah Untuk Dipelajari
      Dengan berkembangnya teknologi yang memberi banyak pilihan bagi pengelola web pemula supaya lebih cepat mahir. Dan salah satunya hadirnya control panel yang mudah untuk dipelajari dan digunakan. Control panel ini bukan aja hanya mudah dipelajari, tetapi tersedia juga beberapa fitur yang bermain dengan kursor dan akan memudahkan dalam mengatur web.
       
    2. Mudah Digunakan
      Selain mudah dipelajari, control panel ini juga mudah untuk digunakan. Jika panel mempunyai fitur yang sesuai kebutuhan, maka pengelola website tidak usah repot- repot lagi untuk merubah atau mengotak-atik perintah teksnya, cukup mencari fitur yang mau digunakan atau yang sesuai supaya website dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan.
       
    3. Menghemat Waktu dan Juga Biaya
      Control panel ini tidak hanya membantu untuk menghemat waktu karena mudah untuk digunakan, akan tetapi juga membantu untuk menghemat biaya, sebab control panel ini memiliki sifat gratis atau free sehingga memungkinkan siapa saja untuk dapat menggunakannya.
       
    4. Memberikan Software Auto Installer
      Kemudahan semakin terasa dengan menggunakan sistem control panel ini karena sifatnya yang menghadirkan software auto installer. Sehingga anda tidak perlu bersusah payah untuk meginstall beberapa fitur yang dibutuhkan dalam pengaturan web hosting.

    Kekurangan Control Panel Hosting

    1. Performa Control Panel Tergolong Lambat
      Control panel ini dikenal memiliki kelebihan fitur yang banyak dan bagus, akan tetapi saking banyaknya fitur ini ternyata memberikan kelemahan. Fitur yang terlalu banyak akan membuat performa control panel akan lebih lambat dan lemah.
       
    2. Pengaturan Bisa Berubah Otomatis
      Bagi penggunanya harus wajib memeriksa pengaturan secara berkala atau rutin, karena banyak penggunanya yang kecewa karena beberapa pengaturan sering berubah mendadak. Ketika ada perubahan maka anda bisa segera mengembalikannya seperti semula.
       
    3. Beberapa Menjalankan Software yang Tidak Diupgrade
      Apabila pengguna lebih mengutamakan keamanan, control panel ini memiliki kelemahan di sistem ini karena beberapa hosting menjalankan software ini tanpa di upgrade dulu. Sehingga akan lebih rentan terkena virus yang berbahaya bagi keamanan data di database website.
       
    4. Biaya yang Cukup Mahal
      Bagi pengguna yang baru menggunakan sistem ini akan lebih mahal dan jarang sekali ada yang gratis dan menjadikan sistem ini jarang digunakan oleh mereka yang masih baru belajar dengan sistem control panel ini.

    Manfaat Control Panel Hosting

    • Memudahkan manajemen dan pengaturan email.
    • Kemudahan dalam mengelola file.
    • Kemudahan dalam pengaturan keamanan.
    • Kemudahan dalam pengolahan domain.
    • Kemudahan dalam pengolahan database.
    • Kemampuan melihat statistik dari pengunjung.
    • Kemudahan dalam pengaturan PHP.
    • Kemudahan dalam pengaturan backup dan restore.

    Cara Kerja Control Panel Hosting

    Cara kerja sistem ini adalah developer akan mengembangkan websitenya dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti HTML, JS, maupun CSS. Pengembangan tersebut dilakukan secara offline, dan jangan lupa untuk mendesain sebagus dan semenarik mungkin dengan menggunakan aplikasi tertentu. Ketika anda sudah selesai membuat dan mendesain website, maka developer akan membeli domain, supaya website yang dibuat dapat dimunculkan secara online, apabila sudah mendapatkan akun , otomatis developer sudah dapat masuk ke control panel dan dapat melakukan berbagai macam konfigurasi.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Control Panel Hosting
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    66%

    Komentar