Karakteristik Presentasi Yang Baik Ketika Menyajikan Materi

Daftar Isi

    LancangKuning - Presentasi merupakan kegiatan berbicara ataupun kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Karakteristik adalah ciri-ciri ataupun sifat khas yang dimiliki manusia ataupun makhluk hidup.

    Presentasi juga sangat ditentukan oleh kemampuan si presenter untuk menyampaikannya kepada para audiens, dan setiap presenter memiliki gayanya sendiri yang dapat mempengaruhi caranya menyampaikan presentasi. Dan yang harus diperhatikan yaitu cara penyampaiannya sesuai dengan tema presentasi yang bisa mempengaruhi efektif atau tidaknya presentasi tersebut

    Karakteristik presentasi yang baik ketika menyajikan materi

    1. Tunjukkan passion

    Ketika menyampaikan presentasi, tunjukkanlah passion anda kepada para audiens, dan tunjukkanlah rasa semangat serta antusias saat membawakan tema presentasi tersebut.

    Buatlah materi presentasi yang menarik, dan jika ragu ketika menyampaikannya, maka hal tersebut akan membuat anda kelihatan tidak kompeten.

    Passion dapat ditunjukkan dengan rasa percaya diri, dan saat menyampaikan presentasi tersebut dengan rasa percaya diri, maka hal tersebut akan sangat berpengaruh kepada audiens.

    1. Mulai dengan pembukaan  presentasi yang memukau

    Buatlah pembukaan ataupun kesan pertama yang menarik yang nantinya akan sangat menentukan. Hal tersebut dapat disampaikan dalam dua sampai tiga menit pertama presentasi untuk menentukan apakah audiens akan antusias mendengarkannya sampai akhir atau tidak.

    1. Kontak mata dengan audiens

    Dengan melakukan kontak mata kepada para audiens, maka hal tersebut dapat menjalin hubungan yang lebih intens dengan audiens. Saat anda harus menyampaikan presentasi didepan puluhan atau bahkan ratusan audiens dan anda merasa susah untuk kontak mata, maka arahkan tatapan anda kepada para audiens yang dianggap dapat mewakili sudut-sudut tempat mereka duduk. Dan jangan lupa untuk tersenyum saat melakukan kontak mata.

    1. Menyampaikan presentasi dengan singkat dan lugas

    Sampaikan presentasi dengan poin-poin yang paling penting dan tidak bertele-tele, agar saat menyampaikan presentasi, para audiens tidak merasa bosan. Maka presentasi tersebut tidak akan efektif.  Fokuslah ke pembukaan dan penutup presentasi, karena pada bagian itu akan diingat oleh audiens.

    Buatlah slide dengan isi yang sesimpel mungkin dan tidak membosankan atau membuat para audiens bingung dan salah fokus.

    1. Bersikap rileks

    Saat menyampaikan presentasi, anda dapat menyampaikannya sambil berjalan di atas panggung atau bahkan sesekali mendekat kepada audiens. Dengan begitu, para audiens juga akan merasa lebih dekat dengan anda hingga mereka akan lebih mempercayainya.

    1. Menggunakan teknologi

    Gunakan alat bantuan teknologi untuk membantu presentasi menjadi lebih menarik dan memukau. Contohnya seperti handled remote yang akan membuat anda dapat bebas bergerak kesana kemari sambil menunjukkan poin-poin penting yang ada di dalam slide presentasi anda. Atapun anda dapat memasukkan potongan animasi atau video yang berhubungan dengan tema presentasi anda.

    1. Kuasai peralatan anda

    Kuasailah alat bantu presentasi yang digunakan seperti proyektor, laptop, ataupun handled remote agar anda tidak panik atau gugup ketika tiba-tiba terjadi masalah terhadap peralatan-peralatan yang digunakan. Saat perasaan tenang, maka akan membuat anda semakin percaya dir saat membawakan presentasi

    1. Kenali audiens

    Jika anda mengenali siapa saja yang akan menjadi audiens anda, maka anda akan dapat membuat materi presentasi yang tepat dan menyampaikannya dengan cara yang pas.

    Cara mengenal audiens dapat dilakukan dengan cara melihat latar belakang mereka, seperti umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, ataupun pekerjaan mereka.

    1. Perhatikan penampilan

    Penampilan presenter adalah wujud dari sikap penghargaan anda terhadap para audiens. Jika anda berpenampilan rapi, maka audiens pun juga akan merasa dihargai, dan anda juga menghargai diri sendiri. Serta penampilan juga akan meningkatkan rasa percaya diri sebagai seorang presenter.

    1. Bersikap professional

    Persiapkan diri sebelum tampil agar presentasipun dapat dimulai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sikap professional dapat ditunjukkan ketika munculnya pertanyaan dari para audiens dan jawablah pertanyaan tersebut dengan baik dan benar. Jika anda membutuhkan waktu untuk menjawab, maka anda dapat mengatakan kepada audiens tersebut bahwa anda tidak bisa menjawab pertanyaannya sekarang, dan katakan bahwa anda akan menjawabnya via email dan jangan menunggu terlalu lama untuk mengirimkan jawabannya.

    Itulah Karakteristik presentasi yang baik ketika menyajikan materi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu.(Tria)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik Presentasi Yang Baik Ketika Menyajikan Materi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar