Alasan Perusahaan Harus Memiliki Tata Kelola TI

Daftar Isi

    LancangKuning - Perusahaan harus memiliki standar dan menjalankan prosedur operational untuk mencapai tujuan yang mempunyai nilai strategi. Tata kelola TI yang bertanggung jawab dalam bentuk praktik kerja yang digunakan para eksekutif bisnis untuk bisa memilki pandangan pada sasaran perusahaan.

    Tata kelola TI digunakan oleh organisasi yang terdapat pada level eksklusif yang mengendalikan resiko yang bisa terjadi dan digunakan untuk memastikan segala sumber daya dan memastikan segala bentuk sumber perusahaan yang dapat digunakan dengan sesuai. Tata kelola perusahaan yang dilakukan dengan baik dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dan perlindungan investasi di masa depan yang lebih terjamin.

    Menurut IT Goverannce Institu (ITGI) bahwa tata kelola TI merupakan tanggung jawab manajemen eksekutif dan merupakan bagian dari enterprise governance. Tata kelola TI focus pada dua hal yaitu bagaimana upaya IT memberikan nilai tambahan bagi bisnis dan penanganan resiko ketika sudah dijalankan. Pelaksana tata kelola TI di sebuah organisasi, di buat dengan memberikan nilai tambahan yang akan bermanfaat bagi stakeholder.

    Fraud? Fraud ialah kata istilah yang mempunyai arti perbuatan kecurangan yang melanggar hukum (illegal) yang di lakukan secara sengaja dan itu dapat merugikan pihak lain di bidang TI.

    Cara mencegah fraud yang berkaitan dengan praktik IT Governance yang bisa menetapkan pemilihan dan perkembangan TI agar memadai. Terdapat banyak kasus fraud yang terjadi karena lemah nya dalam pemilihan dan perkembangan TI sehingga membuat MIS (Managemen Information System) yang tidak handal. Ketidak handalan tersebut yang dapat menyebabkan peluang kecurangan kecil yang awalnya di lakukan karena keisengan lalu membuat kecurangan secara besar karena adanya “kesempatan” sebab itu pelaku bisa mengetahui kelemahan dalam pengawasan yang ada di dalam organisasi. Yang intinya adalah, fraud merupakan konsi yang bisa merusak dan merugikan kelangsungan perusahaan di masa depan.

    Perusahaan dapat mengantisipasi peluang fraud dengan menerapkan tata kelola yang baik karena jika tidak di kelola dengan baik maka peluang fraud akan berlangsung tanpa di sengaja dan itu bisa mengancam perusahaan di masa yang akan datang.

    Berikut ialah beberapa alasan mengapa tata kelola TI menjadi baik dan harus di lakukan oleh perusahaan, yaitu:

    • Tata kelola yang baik bisa menekan biaya

    Perusahaan yang menetapkan tata kelola TI dengan baik bisa menekan biaya kurang lebih 20% ketika menetapkan strategi operational excellence yang bisa mencapai dalam waktu kurang lebih 3 tahun semenjak di tetapkan.

    • TI merupakan sesuatu yang mahal

    Investasi yang terdapat di infrastruktur TI harus bersifat flexible, artinya investasi harus dilakukan dengan menjaga keseimbangan antara kebutuhan perusahaan saat ini maupun di masa yang akan datang dengan harus tetap memperhatikan efektifitas dan efesiensi biaya yang sudah dikeluarkan untuk mencapai tujuan.

    • Pengguna TI yang luas

    Upaya untuk dapa mencapai keberhasilan, dengan itu di perlukan nya kerja sama dan hubungan yang baik dengan semua pihak, tidak terkecuali. Diperlukan tindakan pengelolaan yang baik sebab pengelolaan TI di perusahaan tidak bertumpu pada satu di departemen yang ada di dalam organisasi perusahaan.

    • TI memberikan peluang dan ancaman bagi perusahaan

    TI dapat di lakukan dengan mengadopsi hal yang baik untuk tujuan perkembangan bisnis dan yang harus dikelola dengan baik, maka ancaman dapat dihindari lebih dini.

    • Tata kelola yang baik merupakan satu hal yang kritis bagi perusahaan

    Peran TI penting di dalam perusahaan jika di kelola dengan baik dan perusahaan akan mendapatkan manfaatnya. Manajemen TI yang baik akan berdampak baik pada perusahaan.

    • Nilai TI lebih dari sekedar teknologi yang baik

    Keberhasilan bisnis tidak semua nya dibantu dengan adanya TI dalam perusahaan, tata kelola TIK yang baik akan menjadi kunci untuk mencapai suatu tujuan agar tercipta suatu kondisi yang diinginkan. Jika proses TI di lakukan dengan baik maka akan berdampak positif lah kepada perusahaan.

    • Manajemen senior mempunyai keterbatasan

    Tidak semua yang di lakukan harus menunggu perintah aksi level eksekutif perusahaan, hal ini dikarenakan adanya keterbatasan kemampuan dan waktu pada kondisi tertentu. Maka dari itu penting adanya tata kelola TIK yang baik agar saat proses manggambil keputusan yang berkaitan dengan investasi TI dilakukan secara cepat dan akuntabel namun tetap in line sesuai tujuan dan arahan yang diinginkan oleh level esekutif perusahaan.

    • Perusahaan yang maju dapat mengelola TI dengan cara yang berbeda

    Jika ingin mengambil keputusan maka dari itu perusahaan harus memikirkan langkah saat mengambil keputusan untuk mencapai suatu tujuan. Maka dengan hal itu perusahaan memiliki kecenderungan untuk mengelola dengan cara mereka masing-masing untuk bisa mencapai tujuan yang perusahaan itu inginkan.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alasan Perusahaan Harus Memiliki Tata Kelola TI
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar