Prinsip Dan Cara Kerja Dedicated Hosting Server

Daftar Isi

    LancangKuning - Shared hosting merupakan suatu pilihan yang sangat terjangkau guna mengoperasikan situs web yang mempunyai kinerja yang tidak terlalu besar dan juga sesuatu yang dipilih administrator saat pertama kali memulai.

    Jika anda menemukan bahwa ternyata Shared hosting sedang mengalami kewalahan yang tidak dapat memenuhi permintaan dari sejumlah besar pengguna yang mengunjungi situs anda, maka anda perlu mempertimbangkan untuk meningkatkannya ke hosting khusus dengan harga yang mencapai antara 10 hingga 30 kali lebih mahal,.

    Dedicated Hosting Server adalah sebuah layanan hosting yang dikelola oleh provider hosting agar klien dapat menyewa seluruh server dan tidak dapat membagikan dengan siapapun. Dibanding dengan menggunakan Shared Hosting biasa, Dedicated Hosting ini memberikan lebih banyak keuntungan, karena dalam satu server hanya akan ada satu akun hosting saja dan kita juga bebas menggunakannya sesuai dengan keinginan yang kita butuhkan.

    Para pemilik bisnis biasanya memilih Dedicated hosting untuk Website Prioritas mereka. Karena pemilik website ini juga memiliki hak penuh terhadap server yang ia sewa, termasuk untuk memilih operasi, perangkat keras yang digunakan atau yang lain sebagainya.

    Dedicated hosting juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada sekedar shared hosting biasa. Jika menggunakan Dedicated hosting, maka satu akun yang dimiliki akan menempati satu server sendiri tanpa dibagi dengan pihak ketiga. Itulah jaminan keamanan yang ada pada Deducated hosting.

    Cara kerja

    Dalam Dedicated hosting server, anda dapat membangun, menyesuaikan dan mengoptimalkan sesuai dengan kebutuhan. Disini hanya dapat menambahkan elemen yang akan menguntungkan situs web anda dalam hal fungsionalitas dan kinerja, dan juga dapat menjalankan system operasi sesuai pilihan anda.

    1. CPU
      CPU server banyak menghadirkan inti hingga meningkat sampai 48 inti untuk intel Xeons atau 64 inti untuk AMD Epyc. Jika aplikasi anda tidak membutuhkan banyak sumber daya, maka anda akan selalu bisa mendapatkan server khusus dengan sumber daya yang lebih sedikit.
    2. SSD/HDD
      Penyimpanan SSD memberikan kinerja penyimpanan yang lebih baik daripada hard disk yang kecepatan baca dan tulis yang baik, namun SSD ini harganya juga lebih mahal.
    3. RAM ECC (Error Correcting Code RAM
      RAM ECC ini menawarkan keandalan yang lebih dikarenakan memiliki perangkat keras yang unik untuk mencagah kerusakan data dan dapat memulihkan dari kesalahan.

    Ketika mengakses sebuah website melalui browser yang menggunakan network protocol HTTP, permintaan akses akan dikirim kepada server hosting oleh internet. Kemudian, informasi file akan dikirim oleh server melalui internet yang nantinya akan diterjemahkan oleh web browser dalam bentuk tulisan dan gambar.

    Anda harus memasukkan alamat website pada browser yang sedang digunakan saat anda ingin mengakses suatu website. Setelah itu, perintah dari browser akan diteruskan melalui internet ke server hosting untuk dieksekusi sesuai dengan permintaan. Hasil dari aktivitasnya akan menampilkan gambar dan juga informasi website untuk di akses yang nantinya akan diteruskan oleh internet agar tampil pada browser anda. Sehingga anda mendapatkan sebuah tampilan halaman website yang dibutuhkan.

    Kelebihan server Dedicated

    • Sumber daya server tidak dibagikan
      Anda akan mendapatkan sumber daya penuh dari server tunggal saat memiliki penyedia hosting khusus. Dengan adanya dedicated server, skrip buruk yang berjalan di situs web lain atau lonjakan penggunaan bandwith tidak akan memperlambat server anda.
    • Peningkatan kinerja dan keamanan
      Dengan memilih penyedia hosting khusus, maka akan menjamin waktu aktif maksimum untuk situs web anda
    • Tidak adanya biaya tambahan saat membeli atau memelihara peralatan
      Hosting khusus ini dapat digunakan untuk perusahaan yang membutuhkan server tetapi tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengelola servernya sendiri.
    • Alamat IP unik
      Dengan shared hosting, anda dapat berbagi alamat IP dengan beberapa situs web lain.

    Desiccated server ini biasanya dibutuhkan untuk sebuah situs web yang dapat mengembangkan sejumlah besar lalu lintas. Contohnya seperti, sebuah situs yang harus menangani hingga 35 juta kunjungan sehari. (Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip Dan Cara Kerja Dedicated Hosting Server
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar