Pengertian Definisi dan Contohnya

Daftar Isi

    LancangKuning - Definisi merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin  yaitu definire yang diaritikan menandai tiap batas pada sesuatu, menentukan pembatas, memberi ketentuan suatu arti. Jadi arti definisi adalah sebuah pernyataan yang berisi penjelasan dari arti suatu pembahasan .

    Arti lain dari definisi yaitu suatu pernyataan mengenai ciri-ciri penting suatu hal, dan umumnya lebih kompleks dari arti, makna, atau penjelasan suatu hal. Selain itu, definisi dapat diartikan seperti rumusan terhadap ruang lingkup dan ciri-ciri sebuah konsep yang menjadi topik utama pembicaraan atau studi.

    Ciri-Ciri dari Definisi

    Arti kata tidak dapat disebut sebagai definisi, sebab definisi mempunyai karakteristik tersendiri. Arti kata dapat berarti sebagai unsur definisi sebuah kata atau istilah yang telah didefinisikan, atau yang umumnya disebut definiendum.

    Pilihan kata definisikan diawali dengan kata benda. Misalnya kalimat Cinta adalah perasaan setia, bangga, dan mahasiswa yang bersangkutan adalah seorang mahasiswa di perguruan tinggi. Yang kedua, daiawali dengan penambahan definiens. Misalnya Setia yaitu merasa terdorong untuk mengakui, memahami, menerima, menghargai, menghormati, mematuhi, dan melestarikan. Contoh penggunaan definiens adalah sinonim yang mendahului kata. Misalnya Pria adalah laki-laki.

    Terdapat banyak sekali macam-macam definisi, tergantung langkah, ruang lingkup, sifat, dan tujuannya. Secara garis besar definisi dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

    1. Definisi Formal

    Definisi formal bisa disebut definisi terminologis, yaitu definisi yang berdasarkan pada logika formal yang tersusun dari tiga elemen. Definisi ini terdiri dari struktur “kelas” dan “diskriminasi” (diferensiasi). Kedua elemen tersebut wajib muncul dalam definisi. Struktur formal dimulai dari klarifikasi, diikuti penentuan kata yang akan digunakan atau definiendium, dan diakhiri dengan menyebutkan kata-kata atau deskripsi yang jadi pembeda. Pembeda ini wajib lengkap dan menyeluruh agar  benar-benar menunjukkan bentuk yang sangat khas dan dapat membedakan pengertian dari kelas lain. Contoh kalimat yang tersmasuk dalam definisi formal yaitu siswa adalah mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.

    1.  Definisi Nominalis.

    Definisi nominalis yaitu menjelaskan sebuah kata menggunakan kata lain yang lebih umum dimengerti. Jadi hanya menjelaskan kata sebagai tanda, bukan menjelaskan hal yang ditandai. Definisi nominalis terbagi menjadi enam jenis, yaitu :

    • Definisi sinonim, yaitu menjelaskan sesuatu dengan memberikan persamaan kata atau memberikan penjelasan menggunakan kata yang lebih dimengerti.
    • Definisi simbolis, yaitu menjelaskan sesuatu dengan membuat persamaan pernyataan berbentuk simbol. Definisi simbolis dipakai di bidang matematika termasuk bagian logika untuk memberikan definisi secara simbolis.
    • Definisi etimologis, yaitu menjelaskan sesuatu dengan menyampaikan asal usulnya kata.
    • Definisi semantis, yaitu menjelaskan suatu tanda dengan suatu arti yang sudah dikenal.
    • Definisi stipulatif, yaitu menjelaskan sesuatu dengan cara memberikan nama berdasarkan kesepakatan bersama. Jenis definisi ini banyak dipakai dalam dunia ilmu pengetahuan.
    • Definisi denotatif, yaitu menjelaskan term dengan menunjukkan atau pemberian contoh suatu benda atau suatu hal yang masuk dalam cakupan term.

    Definisi denotatif dibagi manjadi dua macam, yaitu :

    1. Definisi ostensif, yakni pemberian batasan terhadap sesuatu dengan memberikan contoh-contoh.
    2. Definisi enumeratif, yakni pemberian batasan terhadap sesuatu term dengan memberikan perincian satu per satu dengan lengkap mengenai hal-hal yang masuk ke dalam cakupan term tersebut.
    • Definisi Paradigmatis

    Paradigmatik definisi/tujuan pribadi untuk mempengaruhi pola pemikiran orang lain. Jenis definisi didasarkan pada pendapatan dari nilai-nilai tertentu.

    Ada empat karakteristik dari definisi paradigmatik, yaitu; disusun berdasarkan paradigma (pola pikir) nilai-nila tertentu, berfungsi untuk mempengaruhi sikap, perilaku, atau tindakan orang lain, bertujuan untuk mengubah sikap pembaca sesuai dengan definisi, berkaitan dengan nilai-nilai tertentu, seperti: bisnis, etika, budaya, ajaran, filosofi, tradisi, adat istiadat, cara hidup.

    Definisi Riil

    Definisi riil merupakan proses atau hasil mengakui makna kata dengan memberikan rincian unsur-unsur konsepnya.

    Terkait urusan ini dapat ditetapkan dalam beberapa cara, yaitu:

    Definisi hakiki: Definisi yang berisikan bagian pokok, definisi yang abstrak yang paling diperlukan untuk mengetahui istilah – istilah tertentu juga digunakan untuk membedakannya dari istilah yang lain hingga sifat dari istilah tersebut tidak tergabung dalam esensi sesuatu itu.

    Definisi deskriptif: merupakan penggunaan karakteristik khusus yang tidak jarang dan terus ada pada suatu benda.

    Definisi final: mengindikasikan sebuah destinasi atau maksud tertentu.(Surya)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Definisi dan Contohnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait