Sumber Daya Tambang dan Manfaatnya

Daftar Isi

    LancangKuning - Pertambangan adalah tahapan di dalam rangka penelitian, yang dilakukan dalam pengelolaan pengusahaan mineral yang meliputi penyelidikan dalam bentuk yang umum.

    Jadi barang tambang adalah suatu benda/bahan hasil yang bisa melakukan penghasilan di dalam suatu tempat barang tambang dengan cara di eksplorasi dahulu.

    1. Minyak Bumi dan Gas Alam

    Minyak bumi adalah contoh dari sumber daya alam yang keberadaannya semakin sulit untuk ditemukan dan tidak dapat diperbaharui. Dikarenakan proses pembuatan minyak bumi yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

    Minyak bumi dan gas yang merupakan sumber utama perindustrian, transportasi ini semakin lama semakin menipis, maka perlu untuk dijaga kelestariannya. Di Indonesia minyak bumi dihasilkan m kondisi yang cukup baik, setidaknya potensi minyak bumi indonesia berkisar 4,3 milyar barrel. Wilayah Indonesia dijadikan sebagai tambang minyak bumi

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Siak

    2. Batu Bara

    Batu bara yang merupakan hasil tambang bermanfaat dalam bahan bakar utama dalam pembangkit listrik tenaga uap, perindustrian menggunakan biji logam. Proses pembentukan batu bara juga memakan waktu yang lama hampir pada proses pembentukan minyak bumi. Di Indonesia di hasilkan tambang batu bara yang mencapai 246 juta ton dengan suku cadang hanya 0,5 %. Wilayah yang menghasilkan tambang batu bara adalah Tanjung Enim, Sungai Berau dan Sumatera Barat.

    3. Timah

    Biji timah merupakan hasil pelapukan Batuan Granit. Yang digunakan untuk pembuatan kaleng, pelapis besi dan tube. biji timah digunakan untuk pembungkus permen, rokok, coklat karena logam timah tersebut tipis yang menyerupai kertas timah

    4. Emas

    Emas di Indonesia memiliki suku cadang 2,3%  jumlah keseluruhan cadangan emas di dunia. Sedangkan produksi hasil emas di Indonesia memiliki presentasi 6,7% sehingga berada         keenam di  dunia. Emas dimanfaatkan untuk dibuat untuk perhiasan dan aksesoris lainnya.

    5. Tembaga

    Tembaga adalah hasil tambang yang digunakan dalam bidang kelistrikan, karena tembaga bersifat penghantar listrik yang baik. Akan tetapi tembaga dimanfaatkan dalam pembuatan kuningan, pipa air, industri konstruksi dan sebagainya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    6. Mangan

    Mangan merupakan tambang yang berupa logam hitam yang digunakan untuk  pembuatan batu baterai, untuk campuran pada pembentukan baja, keramik dan lain sebagainya. Wilayah Indonesia yang menghasilkan tambang mangan seperti Tasikmalaya, Kiripan dan Martapura.

    7. Nikel

    Nikel merupakan logam berwarna putih sedikit kelabu, bahannya agak keras dan tidak cepat berkarat. Nikel dapat dicampur dengan besi agar lebih baik dengan logam lain seperti tembaga dalam pembuatan kuningan atau perunggu. Tidak hanya itu saja, dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan uang logam. Daerah-daerah yang menghasilkan nikel di Indonesia Bengkalis di Sumatera, Cikotok di Jawa Barat, Meuleboh di Aceh, Rejang Lebong di Bengkulu dan Logas di Riau.

    8. Intan

    Intan merupakan hasil tambang yang batuannya paling keras, intan dijadikan untuk batu permata.

    9. Batu Gamping

    Batu gamping merupakan sumber daya tambang yang biasanya digunakan dalam industri bangunan. Biasanya batu gamping dijadikan bahan utama dalam pembuatan semen, tetapi digunakan sebagai pupuk bagi tanah yang kurang akan zat kapur

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Bangkinang, Kampar

    10. Batu Pualam

    Batu pualam atau Batuan Marmer merupakan batuan yang berasal dari batuan kapur yang dibuat akibat suhu dan pada tekanan yang tinggi. Biasanya marmer digunakan dalam bahan pembuatan keramik dan dinding bangunan. Akan tetapi beberapa daerah menjadikan batu marmer sebagai hasil seni ukir.

    11. Bauksit

    Bauksit merupakan salah satu biji alumunium dimanfaatkan sebagai pembuatan badan pesawat terbang, peralatan dapur, kapal dan lain sebagainya. Bauksit didapatkan dari lumpur yang basah kemudian dibersihkan sampai dengan lumpur tersebut tidak menempel.

    12. Aspal

    Aspal digunakan untuk bahan utama dari membuat jalan. Aspal ditambang di Pulau Buton.(Yoki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sumber Daya Tambang dan Manfaatnya
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar