Perbandingan Webex dan Zoom

Daftar Isi

    LancangKuning Cisco Webex Metting dan aplikasi Zoom merupakan salah satu aplikasi panggilan video. Aplikasi tersebut sangat menunjang bekerja dari rumah selama pandemi(COVID 19). Webex merupakan took konferensi video yang telah eksis. Meski terkenal sebagai aplikasi bisnis berguna untuk melayani perusahaan-perusahaan, Webex juga dapat di akses secara gratis.

    Aplikasi Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan layanan internet dan berbentuk video. Aplikasi ini dapat di gunakan dalam berbagai perangkat seluler, telepon dan sistem ruangan. Para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk meeting hingga konferensi video.

    Webex

    Cisco Webex merupakan aplikasi Video Conference dan pesaing Zoom maupun MS Teams dan dibandingkan dengan aplikasi video Conference lainnya.

    Apalagi Cisco Webex sudah mengalami berbagai macam perubahan yang membuat aplikasi ini semakin banyak digunakan. Jika di awal perkenalannya tidak banyak diketahui, Cisco Webex tidak banyak digunakan untuk layanan bertatap muka lewat video langsung. Sekarang teman-teman sudah bisa berbagi video secara langsung baik itu berupa teks obrolan atau live video seperti yang ada pada saat ini yang kita nikmati.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kelebihan Cisco Webex

    1. Kualitas Video HD
      Cisco Webex adalah aplikasi ini akan memberikan layanan kepuasan kepada penggunanya dengan tampilan video yang HD (high definition). Jadi, ketika teman-teman sedang dalam kegiatan atau sedang berkomunikasi lewat video tidak khawatir akan kualitas sebuah video yang buruk atau bisa dibilang buram.
    2. Mobile Friendly
      Cisco Webex merupakan aplikasi yang mudah digunakan Bahkan orang yang baru megang smartphone atau ponsel pun tidak akan kesulitan ketika menggunakan Cisco Webex pertama kali. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan sebuah registrasi yang rumit.
    3. Mudah membagikan layar ke semua orang
      Kelebihan Cisco Webex yang ketiga adalah Mudah membagikan layar ke semua orang. Cisco Webex adalah aplikasi yang sangat fleksibel dalam membagikan sebuah video atau tayangan langsungnya ke berbagai teman atau rekan kerja dsb.
    4. Adanya Fitur Google Assistant
      Menyediakan fitur perintah suara dengan google assistant yang dapat memudahkan dalam mencari sesuatu atau berbicara. Hal tersebut dapat memudahkan kita dalam menggunakan aplikasi Cisco Webex.
    5. Tata letak video yang dapat disesuaikan sesuai keinginan
      Tidak seperti Aplikasi Video Conference yang lain, bahwa Cisco Webex sendiri memiliki fitur atau pengaturan yang tidak semua aplikasi serupa memilikinya. Fitur atau pengaturan tersebut adalah mengenai tata letak tampilan video, teman-teman bisa sesuka hati memilih letak video dan mengaturnya di berbagai tempat atau di bagian layar yang lain sehingga memudahkan para penggunanya dan tidak mudah bosan.
    6. Tersedia secara gratis
      Tak berhenti disitu saja kelebihan Cisco Webex yang banyak diketahui adalah Aplikasi ini tersedia secara gratis dan tidak berbayar sedikitpun. Dengan mudah teman-teman bisa mendownloadnya di playstore kapanpun dan dimanapun.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Kekurangan Cisco Webex

    1. Tidak begitu dikenal
      Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Cisco Webex adalah aplikasi tidak banyak dikenal oleh banyak orang sehingga sebanyak apapun kelebihannya maka tak akan berguna jika tidak ada yang memanfaatkannya atau memakainya. Sebenarnya masalah tidak dikenal atau tidaknya sebuah layanan video conference itu merupakan kemauan konsumen atau pengguna masing-masing. Ada pengguna yang menganggap aplikasi tersebut layak ada juga tidak layak.
    2. Fitur Penjadwalan yang kurang menarik
      Cisco Webex memiliki kekurangan yaitu aplikasi ini menyediakan penjadwalan yang kurang begitu menarik. Tidak hanya Cisco Webex yang tampilannya kurang menarik banyak aplikasi di luar sana yang lebih buruk dari Cisco Webex.
    3. Lebih banyak menghabiskan data
      Cisco Webex adalah aplikasi yang membutuhkan data internet yang besar. Dengan fitur live videonya, maka otomatis lebih banyak data yang dibutuhkan. Akan tetapi jika teman-teman menggunakan layanan wifi maka tidak ada kendala tentang habisnya data internet atau kuota.
    4. Mengharuskan koneksi data yang stabil
      Jika Kekurangan Cisco Webex adalah aplikasi ini membutuhkan adanya koneksi data yang stabil dan bagus. Maka kita harus mengatasinya dengan sebisa mungkin menggunakan data kita dengan baik.

    Aplikasi Zoom banyak dipilih di beberapa negara karena memiliki banyak kelebihan. Beberapa diantaranya adalah fitur chat dan juga video kualitas HD serta mendukung proses percakapan sampai 1.000 peserta, ada juga fitur penjadwalan dan rekaman.

    Aplikasi Zoom ini belum memiliki sistem keamanan end to end encryption atau dikenal juga sebagai enkripsi dari ujung ke ujung.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Ekspos Data Dikirim Ke Facebook.

    Tanpa pemberitahuan dari pengguna Zoom pada versi iOS, ekspos data dikirim ke Facebook, dan ini menjadi isu pertama yang bocor ke publik. Dan setelah itu pihak Zoom menghapus SDK dan juga Login yang dilakukan via Facebook.

    Fitur melakukan login via Facebook tersebutlah yang dikatakan menjadi pintu untuk mengirimkan beberapa data pengguna ke Facebook. Dan hal tersebut yang juga disesalkan oleh Facebook, karena pada perjanjian Facebook dengan pihak ketiga yaitu aplikasi, setiap data pengguna aplikasi yang dikirimkan ke Facebook harus atas persetujuan para penggunanya.

    Hal tersebut bertujuan untuk menghindari tuntutan hukum ke depannya, terutama tuntutan hukum dari masyarakat uni eropa yang memiliki GDPR.

    1. Masalah Isu Enkripsi

    Kegiatan marketing, Zoom mengaku sudah menggunakan teknologi enkripsi end to end, namun  tidak sama sekali. Zoom hanya menggunakan sistem keamanan TLS (Transport Layer Security) seperti update dari SSL.

    Akhirnya sebuah webinar ataupun video conference tidak mendapat perlindungan sama sekali sehingga terbuka kemungkinan untuk terjadinya penyadapan ataupun pencurian informasi.

    1. Rentan Pencurian Data

    Fitur chat yang ada pada aplikasi Zoom dapat digunakan untuk mencuri password dan juga username pada pengguna Zoom di Windows. Caranya dengan mengirimkan sebuah chat yang berisi link URL.

    1. Ancaman Malware

    Aplikasi Zoom pada sistem operasi Mac OS dilakukan dengan model yang aneh dan juga mirip dengan software berbahaya atau malware.

    1. Zombie Komputer

    Patrick Wardle adalah mantan kontraktor NSA dan juga seorang hacker mengatakan bahwa aplikasi Zoom dapat digunakan untuk menginstall malware. Zoom nantinya dapat dijadikan sebagai komputer zombie yang bisa dikendalikan.

    Patrikc Wardle sendiri bahkan diklaim sudah berhasil menanamkan new zero day doom pada sistem aplikasi milik Zoom, namun informasi tersebut masih harus ditelusuri lebih jauh.(Yoki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbandingan Webex dan Zoom
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait