Perbedaan Aplikasi Whatsapp dan Google Classroom

Daftar Isi

    LancangKuning - Untuk kali ini kami akan membahas apa-apa saja fitur-fitur dan perbedaan dari aplikasi whatsApp dan google classroom. Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi kita dan merupakan hal-hal yang sudah biasa kita pakai di dalam keseharian kita, biasanya kegunaan-kegunaan dari aplikasi ini sendiri adalah untuk nge-chat, mengirim tugas, video call, menelepon, dan masih banyak lagi.

    Disini kita akan lebih memperjelas lagi yaitu apa perbedaan dan kelebihan atau fitur-fitur dari kedua aplikasi ini. Mari langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

    WhatsApp yang kita ketahui adalah sebuah aplikasi chattingan yang sudah biasa untuk kita gunakan dan sudah tidak asing lagi bagi kita sedangkan mungkin aplikasi google classroom mungkin masih ada orang yang belum tau apa itu google classroom dan bagai mana cara kerjanya atau fungsinya, nah untuk itu mari langsung saja kita mengenal lebih kedua aplikasi ini.

    1. WhatsApp

    WhatsApp adalah aplikasi pesan atau chattingan instan untuk smartphone, jika kita dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama saja dengan aplikasi SMS yang biasa kita pergunakan di ponsel lama. Tetapi WhatsApp tidak menggunakan pulsa lagi, melainkan paket data internet. Jadi, di aplikasi ini kalian tidak perlu khawatir lagi soal panjang pendeknya karakter atau pesan yang ingin kalian kirimkan. Tidak ada batasan pesan, selama paket data internet kalian cukup atau memadai.

    Meskipun merupakan sebuah aplikasi pesan instan, ada yang menarik dari WhatsApp. Jadi, sistem pengenalan kontak yang terdata di smartphone, verifikasi dan pengiriman pesan tetap dilakukan melalui nomor ponsel yang sudah terlebih dahulu didaftarkan di WhatsApp. Cara ini berbeda dengan aplikasi BBM yang menggunakan PIN yang sudah dibuat oleh BBM, ataupun aplikasi LINE yang selain nomor ponsel juga dapat menggunakan email, dan nama pengguna.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fitur-Fitur WhatsApp

    WhatsApp memiliki beberapa fitur:

    • Mengirim pesan teks tanpa batasan
    • Mengirim foto dari galeri atau dari kamera smartphone kita
    • Dapat mengirim video
    • Bisa mengirimkan berkas-berkas kantor atau yang lainnya dengan format bebas
    • Menelepon melalui suara, termasuk mengirim pesan suara Anda atau voice note yang dapat didengarkan oleh penerima setiap saat selagi pesan belum ditarik oleh pengirim.
    • Bisa share location (berbagi lokasi) kita memanfaatkan GPS
    • WhatsApp juga bisa menggunakan beberapa emoji, tetapi untuk stiker, WhatsApp tidak terlalu menyediakannya. Berbeda dengan LINE yang menyediakan banyak stiker.
    • Di WhatsApp, pengguna juga dapat mengatur sendir foto atau panel profil, terdiri oleh nama, foto, status serta mempunyai beberapa alat pengaturan privasi untuk melindungi profil kita dan juga alat bantuan untuk membackup pesan yang akan dibackup oleh google drive kita, mengubah nomor akun semua ini dapat terlihat oleh kontak yang kita simpan atau disave di handphone kita kecuali orang yang kita blokir atau yang termasuk dalam daftar privacy kita.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung 

    1.  Google Classroom

    Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah sebuah serambi aplikasi pembelajaran campuran bebas secara online yang bisa digunakan secara free (gratis). Guru bisa membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas tersebut atau mengundang para siswanya untuk masuk kedalam kelasnya. Google Classroom ini dibuat untuk membantu semua ruang lingkup pendidikan yang membantu siswa untuk mengatasi kesulitan pembelajaran, membagikan pelajaran dan membuat tugas-tugas tanpa harus hadir ke ke sekolah.

    Setiap kelas membuat folder yang terpisah di Drive masing-masing pengguna atau yang menggunakan classroom, dimana siswa dapat mengirimkan pekerjaan atau tugas untuk dinilai oleh guru. Aplikasi ini tersedia bagi seluruh pengguna seluler perangkat iOS dan Android yang memungkinkan pengguna untuk mendownload atau mengambil foto dan melampirkan penugasan, classroom juga bisa berbagi file dari aplikasi lain dan mengakses informasi secara offline. Guru juga dapat memantau kemajuan dari setiap siswa, dan setelah dinilai oleh guru, guru dapat kembali bekerja bersama melalui kolom komentar.

    Fitur-Fitur Google Classroom

    Berikut beberapa fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi google classroom (ruang kelas google):

    • Tugas (Assignments)
      Setiap tugas yang diunduh akan langsung tersimpan dan juga bisa dinilai guru pada rangkain aplikasi produktivitas Google yang telah memungkinkan kolaborasi online ini. Daripada hanya saling berbagi dokumen yang berada di Google Drive siswa dengan guru, file di-host di Drive siswa dan kemudian dikirim untuk dinilai oleh guru. Guru dapat memilih file sebagai templatnya sehingga seluruh siswa dapat mengedit salinan mereka sendiri dan kemudian kembali untuk mendapatkan nilai yang bagus sehingga semua siswa bisa melihat atau mengedit dokumen yang sama. Siswa juga bisa memilih untuk melampirkan dokumen tambahan dari Drive mereka ke tugas.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Penilaian (Grading)
      Google Classroom banyak mendukung cara penilaian yang berbeda. Guru memiliki opsi untuk memantau kemajuan seluruh siswa pada tugas-tugas mereka di mana mereka dapat membuat komentar dan mengeditnya. Tugas yang diubah dapat dinilai oleh guru dan dikembalikan dengan komentar untuk memungkinkan siswa merevisi tugas mereka dan dikembalikan. Setelah dinilai, tugas hanya dapat diedit oleh guru kecuali guru mengembalikan tugasnya ke siswa.
    • Arsip pembelajaran
      Ruang Kelas memungkinkan instruktur untuk mengarsipkan kursus pada akhir semester atau tahun. Ketika sebuah kursus diarsipkan, maka akan dihapus dari beranda dan ditempatkan di area Kelas Arsip untuk membantu para guru mengatur kelas mereka saat ini. Saat sebuah kursus diarsipkan, guru dan siswa dapat melihatnya, tetapi tidak akan dapat mengubahnya hingga dipulihkan.
    • Aplikasi seluler
      Aplikasi seluler Google Classroom, diperkenalkan atau dikeluarkan pada Januari 2015, tersedia untuk seluruh perangkat iOS dan Android. Aplikasi memungkinkan pengguna mengambil foto dari galeri atau dari mana saja dan melampirkannya ke tugas mereka, google classroom juga dapat berbagi file dari aplikasi lain, dan mendukung akses untuk offline.
    • Keamanan Data Pribadi
      Berbeda dari layanan konsumen Google, aplikasi Google Classroom, sebagai bagian yang andil dari G Suite for Education, tidak menampilkan iklan-iklan apa pun dalam antarmuka bagi siswa, dosen, dan guru, dan data pribadi pengguna tidak dipindai atau digunakan untuk tujuan periklanan.

    Nah dari penjelasan diatas perbedaan yang lebih jelas yaitu aplikasi google classroom lebih mengarah untuk proses pembelajaran online atau daring sedangkan aplikasi WhatsApp sendiri digunakan untuk chat chattingan pribadi kita, WhatsApp sendiri lebih bebas dan lebih asyik untuk chattingan.(Mayor)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Aplikasi Whatsapp dan Google Classroom
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar