Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Daftar Isi

    LancangKuning - Daring sendiri sudah semakin sering dilakukan semenjak virus covid-19 melanda negara kita Indonesia, daring juga dilakukan untuk anak sekolah dan bukan hanya perkantoran saja, untuk mendukung atau menggantikan proses belajar siswa yang seharusnya dilakukan di sekolah. Nah untuk aplikasi yang mendukung untuk melakukan daring ada banyak juga bukan hanya google meet saja ada juga Zoom dan masih banyak lagi.

    Untuk kali ini yang akan kami bahas mengenai kekurangan dan kelebihan google meet, langsung saja kita masuk ke pembahasannya, melakukan pertemuan daring melalui sebuah layanan aplikasi menjadi hal yang lumrah apalagi sekarang ini dengan biaya cukup murah sudah bisa dapat melakukannya.

    Kemajuan teknologi informasi seolah disertai pula dengan majunya industri per-aplikasian yang sangat membantu aktivitas sehari-hari kita. Tanpa terhalang jarak dan cukup dengan koneksi jaringan internet, maka kita sudah bisa memandang kawan bicara. Ini menjadi hal yang sangat mengasyikan dan memudahkan kita ditambah lagi dengan suasana pandemi sekarang media ini sangat-sangat membantu sekali.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berbagai macam topik yang akan dibahas melalui video konferensi pun tentu akan berpengaruh terhadap jumlah maksimum partisipan atau bahkan durasi video konferensi. Melakukan pertemuan daring pun menjadi pilihan yang unik dan menarik pula untuk menghemat biaya transportasi ataupun biaya lainnya, namun disini kita memerlukan paket internet atau koneksi jaringan yang besar karena kemungkinan besar akan memakan atau menyedot banyak paket data internet.

    Berikut ini kami bahas apa saja kelebihan dan kekurangan melakukan pertemuan daring menggunakan Google Meet.

    Kelebihan Google Meet

    1. Gratis

    Kelebihan melakukan pertemuan daring di Google Meet, Anda tidak perlu khawatir ataupun takut dengan biaya pemakaian di awal yang harus dikeluarkan ataupun dipakai untuk mendownload aplikasi google meet.

    Aplikasi Google Meet tersedia dengan gratis yang dapat di unduh dengan gampang melalui aplikasi Play Store atau App Store, Anda dapat memanfaatkan aplikasi gratis ini dengan cukup leluasa tentunya dengan fitur- fitur yang menarik juga.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    1. 25 Partisipan

    Jika Anda mengadakan pertemuan daring menggunakan Google Meet, maka Anda hanya mendapat batasan partisipan hingga 25 orang.

    Jumlah tersebut akan sangat mungkin dimanfaatkan oleh kalian untuk pertemuan daring dengan jumlah 25 orang, atau mungkin dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kelas yang biasanya hanya memiliki 20 siswa.

    Namun jika Anda menginginkan peserta yang lebih banyak untuk mengikuti daring, tentu bisa berlangganan G-Suite dengan batasan 100 atau bahkan sampai 250 partisipan.

    1. Tampilan Video HD

    Tampilan jernih ketika melakukan video konferensi atau daring adalah hal yang paling di harapkan dan dasar untuk memilih sebuah aplikasi pertemuan daring.

    Aplikasi Google Meet sudah tersedia resolusi High Definition untuk membuat video tampak lebih jernih dan jelas. Anda tidak akan mengeluh karena tampilan video yang tampak kacau ataupun buram.

    1. Enkripsi Video

    Dengan terdapatnya layanan enkripsi video, anda akan sangat diuntungkan dalam segi fasilitas keamanan yang menyangkut data diri kita.

    Sederhananya pihak Google Meet memberi komitmen pada pengguna supaya aktivitas dalam video konferensi terjaga keamanannya, sehingga tidak jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab atau orang yang ingin mencuri data.

    Kekurangan Google Meet

    1. Belum Ada Fitur Hemat Data

    Melakukan pertemuan daring di aplikasi Google Meet tentu memiliki kekurangan, salah satunya yaitu belum adanya fitur untuk menghemat data.

    Padahal, dengan adanya fitur untuk hemat data tentu akan mengurangi data yang akan terbuang percuma atau bahkan boros.

    Saat ini mungkin anda harus bersiap apabila data anda terkuras banyak ketika melakukan video konferensi atau daring dengan menggunakan aplikasi Google Meet .

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    2. Perlu Jaringan Internet Stabil

    Secara umum dalam aplikasi aplikasi video konferensi, jaringan internet menjadi kunci utama yang membuat aplikasi bekerja lancar seperti yang seharusnya.

    Hal yang sangat mungkin dan sangat sering terjadi ketika melakukan video konferensi dengan internet yang tidak stabil, maka video akan sering sekali delay atau terjeda.

    Namun hal ini bukan hanya dirasakan ketika melakukan pertemuan daring di aplikasi Google Meet saja, tapi juga mungkin terjadi pada aplikasi-aplikasi video konferensi lainnya.

    3. Belum Semua Fitur Free

    Google Meet memang tersedia secara gratis, namun tidak sepenuhnya fasilitas yang tersedia dalam Google Meet gratis.

    Untuk melakukan pertemuan video konferensi atau daring di Google Meet dengan layanan yang lengkap, maka anda harus mengeluarkan biaya lebih.

    Sederhananya, untuk menggunakan beberapa fitur tertentu, pengguna harus membayar dan berlangganan atau membeli paket Google Suite dengan biaya yang yang telah ditentukan oleh Google.

    Setelah kalian mengetahui betul mengenai kelebihan dan kekurangan pertemuan daring di aplikasi Google Meet, pastikan kalian lebih bijak dalam memilih aplikasi apapun yang terpasang dalam perangkat anda.

    Sebelum kita memasang aplikasi apapun sebaik analisa terlebih dahulu, termasuk aplikasi Google Meet. Perhatikan berbagai aspeknya dan fitur-fiturnya terutama aspek keamanan. Tetap waspada karena data pribadi anda akan terakses did alamnya. Semoa bermanfaat, terimakasih.(Mayor)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Google Meet
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar