Kelebihan dan Kekurangan antara Google Meet dengan Zoom

Daftar Isi

    LancangKuning Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara yang tengah mengalami pandemi Covid-19. Akibat dari Covid-19 ini bermacam-macam, salah satu dampak terbesar dari Covid-19 ini adalah pada masalah pekerjaan dan juga pendidikan. Banyak pelajar yang tidak bisa melakukan aktivitas pembelajaran tatap muka akibat Covid-19 ini, selain itu para pekerja juga diharuskan bekerja di rumah.

    Nah selama ada pandemi Covid-19 ini aplikasi Video Conference sangat banyak digunakan di masyarakat untuk melakukan komunikasi jarak jauh seperti belajar dan bekerja jarak jauh. Salah satu aplikasi yang terkenal adalah Google Meet dan Zoom. Maka kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan antara Google Meet dan Zoom.

    Google Meet

    Dari sekian banyak aplikasi yang digunakan untuk video konferensi, Google Meet hadir sebagai salah satu pilihan aplikasi yang dapat digunakan dengan mudahnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kelebihan Google Meet

    1. Gratis

    Kelebihan melakukan pertemuan daring di Google Meet, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pemakaian awal yang harus dikeluarkan. Aplikasi Google Meet tersedia dengan gratis yang dapat di unduh dengan mudah melalui Play Store atau App Store, Anda dapat memanfaatkan aplikasi gratis ini dengan cukup leluasa tentunya dengan fitur- fitur tertentu.

    1. 25 Partisipan

    Jika Anda mengadakan pertemuan daring di Google Meet, maka Anda mendapat batasan partisipan hingga 25 orang.

    Jumlah tersebut akan sangat mungkin dimanfaatkan oleh Anda untuk pertemuan daring dengan jumlah 25 orang, atau mungkin dapat dimanfaatkan pula untuk kegiatan kelas yang biasanya memiliki 20 siswa.

    Namun jika Anda menginginkan peserta yang lebih banyak, tentu bisa berlangganan G-Suite dengan batasan 100 atau bahkan sampai 250 partisipan.

    1. Tampilan Video HD

    Tampilan jernih ketika melakukan video konferensi adalah dasar untuk memilih sebuah aplikasi pertemuan daring.

    Aplikasi Google Meet sudah tersedia resolusi High Definition yang membuat video tampak lebih jernih. Anda tidak akan mengeluhkan karena tampilan video yang tampak kacau.

    1. Enkripsi Video

    Dengan terdapatnya layanan enkripsi video, anda akan sangat diuntungkan dalam segi keamanan. Pihak Google Meet memberi komitmen pada pengguna supaya aktivitas dalam video konferensi terjaga kerahasiaannya. Sehingga tidak jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Kekurangan Google Meet

    1. Belum Ada Fitur Hemat Data

    Salah satunya kekurangan Google Meet yaitu belum adanya fitur hemat data. Padahal, dengan adanya fitur hemat data tentu akan membuat data tidak terbuang percuma atau bahkan boros.

    Anda harus bersiap data anda terkuras ketika anda melakukan video konferensi dengan menggunakan aplikasi Google Meet ini.

    1. Perlu Jaringan Internet Stabil

    Secara umum dalam aplikasi aplikasi video konferensi, jaringan internet menjadi kunci pokok yang membuat aplikasi bekerja seperti yang seharusnya. Hal yang sangat mungkin terjadi ketika melakukan video konferensi dengan internet yang tidak stabil, maka video akan sering sekali delay.

    Hal ini bukan hanya dirasakan ketika melakukan pertemuan daring di aplikasi Google Meet saja, tapi juga mungkin terjadi pada aplikasi video konferensi lainnya.

    1. Belum Semua Fitur Free

    Google Meet memang tersedia secara gratis alias free, namun tak sepenuhnya fasilitas yang tersedia dalam Google Meet gratis. Untuk melakukan pertemuan daring di Google Meet dengan layanan lengkap, maka anda harus mengeluarkan biaya.

    Sederhananya, untuk mendapatkan atau menggunakan beberapa fitur tertentu, pengguna harus berlangganan atau membeli paket Google Suite dengan biaya yang telah ditentukan Google.

    ZOOM

    Zoom sendiri akhir-akhir ini sempat heboh karena dinilai memiliki sistem keamanan yang sangat lemah, menyikapi hal tersebut berikut di bawah ini saya sajikan data mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi zoom.

    Kelebihan Aplikasi Zoom

    1. Memiliki Kualitas Video Dan Audio Yang Bagus
      Kelebihannya yang pertama adalah memiliki kualitas video dan juga audio yang bagus. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga mendukung video konferensi sampai 1000 peserta dan juga 49 video dalam layar sekaligus.
    2. Bisa Merekam Aktivitas Video Conference
      Kelebihan aplikasi zoom lainnya adalah bisa merekam aktivitas Video Conference yang sedang berlangsung. Hasil dari rekaman Video Conference tersebut akan disimpan dalam akun cloud storage masing-masing peserta.
    3. Memiliki Fitur Penjadwalan
      Fitur yang sangat penting yaitu fitur penjadwalan. Fitur ini hanya bisa ditemukan pada aplikasi Zoom. Dengan adanya fitur ini kita bisa dengan mudah mengatur jadwal kapan video conference kita akan berlangsung.
    4. Tersedia Obrolan Tim
      Dengan fitur ini zoom memberikan kemudahan kepada para pengguna nya jika ingin mengobrol atau berbincang di group. Fitur ini juga bisa berguna untuk membagikan file atau berbagi arsip sesama pengguna dalam satu group.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Kekurangan Aplikasi Zoom

    1. Sangat Boros Kuota Internet
      Karena memiliki fitur kualitas video dan juga audio yang HD tentu saja ini akan berimbas kepada koneksi internet yang kita pakai, artinya koneksi internet kita akan jebol jika terlalu sering menggunakan aplikasi Zoom ini. Maka dari itu, jika anda ingin menggunakan zoom disarankan agar menggunakan Wifi saja, tidak dengan menggunakan koneksi internet pribadi.
    2. Masalah Enkripsi Data
      Dulu saat sedang proses promosi Zoom mengaku jika menggunakan teknologi end to end encryption. Tetapi kenyataannya Zoom tidak menggunakannya, aplikasi zoom cuma menggunakan TLS atau Transport Layer Security. Oleh karena itu kemungkinan bisa terjadi penyadapan dan juga pencurian informasi dari percakapan yang terjadi pada zoom.
    3. Ancaman Komputer Zombie
      Seorang mantan kontraktor NSA, Patrick Wardle menyampaikan jika Zoom bisa saja dipakai untuk menginstall malware. Pada kasus ini Zoom dapat menjadi jembatan dari para peretas untuk membuat komputer kita menjadi dapat dikendalikan.

    Setelah Anda mengetahui betul mengenai kelebihan dan kekurangan pertemuan daring di Google Meet dan juga Zoom, pastikan Anda lebih bijak dalam memilih aplikasi apapun yang terpasang dalam perangkat anda. Supaya informasi pribadi anda tidak bocor ke orang yang tidak dikenal.(Purnama)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan antara Google Meet dengan Zoom
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar