Etika Berkomunikasi di Media Sosial

Daftar Isi

    LancangKuning - Media sosial nampaknya telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Media sosial sekarang juga telah di jadikan sebagai tempat untuk saling mendapatkan dan menyebarkan informasi. Menyebarkan informasi tidak sesuai fakta juga berdampak pada para pengguna sosial media yang menyebarkan informasi yang tidak benar sehingga dia akan mendapatkan sanksi pidana.

    Etika Dalam Media Sosial

    Hampir sebagian besar orang bisa saling berbagi informasi serta berkomunikasi secara langsung dengan menggunakan media sosial sebab dengan internet maka mereka lebih bisa menghemat waktu dan biaya.

    • Etika dalam Berkomunikasi

    Banyaknya kata-kata kasar yang kerap kali muncul pada saat melakukan percakapan melalui jejaring sosial, baik yang sengaja dan tidak sengaja. Sebaiknya kita berkomunikasi pada jaringan internet menggunakan Bahasa yang sopan dan layak.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Hindari Penyebaran SARA, Pornografi dan Aksi Kekerasan

    Utamakan menyebarkan hal-hal yang berguna dan tidak menimbulkan konflik antar sesama. Jangan juga mengupload foto kekerasan seperti foto korban kekerasan, foto kecelakaan lalu lintas.Agar menambah kesedihan para keluarga korban dengan menyebarluaskan foto kekerasan karena mungkin saja salah satu dari keluarganya berada di dalam foto yang Anda share..

    • Kroscek Kebenaran Berita

    Hal inilah yang terkadang bertujuan demi menjatuhkan nama pesaing dengan merekayasa berita yang tidak benar. Oleh karena itu Pengguna media sosial dituntut agar lebih cerdas lagi saat menangkap sebuah informasi, alangkah kroscek terlebih dahulu atas kebenaran informasi tersebut.

    • Menghargai Hasil Karya Orang Lain

    Menyebarkan informasi baik dalam bentuk foto, tulisan maupun video milik orang lain maka biasakan untuk mencantumkan sumber informasi sebagai salah satu bentuk penghargaan atas hasil karya seseorang.

    • Jangan Terlalu Mengumbar Informasi Pribadi

    Kita harus bersikap bijak dalam menyebarkan informasi mengenai kehidupan pribadi (privasi), saat sedang menggunakan media sosial. Mengumbar informasi pribadi Kita terlebih lagi informasi mengenai nomor telepon atau alamat rumah Anda.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    • Selalu perhatikan penggunaan kalimat

    Bagian yang penting saat berkomunikasi menggunakan media sosial. Kalimat-kalimat dengan susunan yang tepat, disertai tanda baca yang tepat juga merupakan salah satu bagian yang penting supaya etika komunikasi bisa dijaga dengan baik. Jangan menggunakan kalimat-kalimat yang tidak utuh. Karena kalimat yang tidak utuh bisa memicu timbulnya ambiguitas sehingga bisa menjadi sumber dari kesalahpahaman.

    • Berhati-hati saat menggunakan huruf

    Huruf yang digunakan harus benar juga menjadi bagian dari etika komunikasi di media sosial. Mudahnya, selalu gunakan huruf yang wajar. Apabila menulis di media sosial dengan menggunakan huruf kapital semua bisa memberikan kesan marah, kecewa dan menantang.

    • Perhatikan pemilihan warna huruf

    Biasanya memberikan fitur ini untuk menambah keragaman dari jenis tulisan yang akan diberikan. Untuk menggunakan warna huruf merah dengan tulisan yang tebal bisa memiliki kesan menantang dan marah.

    • Pemilihan simbol dan ikon yang tepat

    Banyak sekali simbol dan ikon yang seringkali disertakan dalam sebuah informasi atau tulisan. Ada dikenal simbol emoji atau sticker dan ada yang lain.

    • Menggunakan bahasa yang sesuai

    Jangan sampai keluar bahasa-bahasa yang kurang sopan pada orang tertentu sehingga etika dalam komunikasi ini menjadi hilang. Pastikan ini juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan saat menggunakan media sosial. Ada efek media sosial yang bisa saja tergantung dari hal ini.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Memberikan respon dengan segera

    Kita juga memberikan respon dengan segera. Menunda untuk memberikan respon atau bahkan mengabaikannya akan memberikan kesan yang jelek. Sekarang ini banyak sekali media sosial yang juga sudah melengkapi fitur pemberitahuan bahwa pesan yang disampaikan sudah dibaca oleh penerima pesan.

    • Memberikan informasi yang memiliki referensi jelas

    Ini adalah poin paling penting dari hampir semua poin yang membahas mengenai etika dalam menggunakan komunikasi media sosial. Informasi yang disebarkan tanpa referensi yang jelas akan menimbulkan efek berantai terhadap setiap orang.

    Berita hoax ini bisa diperkarakan pula di hukum bila penyebaran informasi palsu tersebut memang disengaja. Ada pengaruh media sosial yang bisa berfungsi secara cepat dalam hal penyebaran info.

    • Tidak memancing pertentangan

    Jangan melakukan komunikasi yang memancing pertentangan di media sosial. Mengingat persepsi orang yang berbeda terhadap paparan informasi, maka kita juga harus memperhatikan hal ini supaya terhindar dampak negatif dari media sosial.(Yoki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Etika Berkomunikasi di Media Sosial
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar