Prinsip Pengenceran Larutan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pengenceran adalah proses penurunan konsentrasi zat yang terlarut di dalam sebuah larutan, pada umumnya hanya dengan mencampurkan dengan lebih banyak pelarut seperti menambahkan lebih banyak air ke dalam larutan. Melakukan pelarutan pada sebuah larutan sama dengan menambahkan lebih banyak zat – zat yang terlarut. Solusi yang dihasilkan di campur secara menyeluruh untuk memastikan bahwa semua bagian berasal dari solusi yang identik.

    Semua solusi mengikuti pola yang sama di bawah skala C. dengan demikian, dalam homeopati semakin encer solusinya, semakin tinggi potensinya, maka potensi yang lebih tinggi dianggap sebagai solusi akting dalam yang lebih kuat, namun beberapa pakar menganjurkan 30C pengenceran untuk sebagian besar tujuan ( pengenceran dengan faktor 1060 ), dengan ini dapat di sepakati bahwa rata – rata larutan adalah 12C yang hanya mengandung sekitar molekul zat asli.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mempertimbangkan tingkat pengenceran yang begitu tinggi, meyakinkan bahwa obat homeopati han ya mengandung air yang banyak ( alkohol ). Apapun masalahnya, praktisi homeopati berkeyakinan kuat bahwa larutan air ini mengambil sedikit sifat esensial dari bahan asli  sebagai akibat dari guncangan setelah setiap pengenceran.

    Pengenceran juga mengacu pada sebuah proses penambahan pelarut tambahan ke solusi untuk bisa mengurangi  konsentrasi yang ada. Pada proses ini menjaga jumlah zat terlarut konstan. Tetapi meningkatkan jumlah total larutan, sehingga proses ini dapat mengurangi proses konsentrasinya. Pengenceran juga bisa di capai dengan mencampurkan larutan serta konsentrasi yang lebih tinggi dengan sebuah larutan identik dan konsentrasi yang lebih rendah.

    Solusi pengenceran merupakan salah satu proses yang sangat di butuhkan di laboratorium, karena larutan stok sering di beli dan disimpan dalam bentuk yang sangat pekat. Agar solusi dapat digunakan di laboratorium  ( untuk titrasi misalnya ), mereka harus secara akurat diencerkan ke sebuah konsentrasi yang telah diketahui lebih rendah.

    Baca juga : Pengolahan Limbah Padat Non B3 Dengan Metode Pengomposan

    Sebuah hubungan yang langsung dan sama berlaku untuk gas dan uap yang telah dicairkan di udara. Walaupun begitu pencampuran uap dan gas secara menyeluruh mungkin tidak semudah yang di bayangkan untuk melakukannya. Volume pada pelarut yang diperlukan untuk menyiapkan  sebuah konsentrasi yang di inginkan dari larutan baru yang juga diencerkan bisa di hitung secara matematis.

    Pengenceran Serial

    Pengenceran serial melibatkan pengurutan stock atau larutan standar beberapa kali berturut – turut. Biasanya, faktor pada pengenceran akan tetap konstan untuk setiap pengenceran, menghasilkan penurunan konsentrasi secara eksponensial. Sebagai contoh, pengenceran serial sepuluh kali lipat  dapat menghasilkan konsentrasi berikut : 1 M, 0,1 M, 0,01 M, 0,001 M, 0,0001 M dan seterusnya.

    Sebagai mana yang telah di buktikan dalam contoh ini, sebuah konsentrasi dikurangi dengan faktor sepuluh pada setiap langkah. Pengenceran serial di gunakan untuk membuat solusi yang sangat encer secara akurat, dan juga solusi untuk eksperimen yang membutuhkan kurva konsentrasi dengan skala eksponensial atau logaritmik. Pengenceran serial banyak di gunakan dalam ilmu eksperimental, ilmu fisika, ilmu mikrobiologi, serta ilmu biokimia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Teknik Pengenceran

    Pengenceran berarti mengurangi konsentrasi yang ada pada suatu larutan. Suatu larutan dapat diencerkan dengan menambahkan pelarut ke volume larutan ke stok yang di berikan. Untuk mencairkan solusi, kita memerlukan wadah larutan konsentrasi yang di ketahui. Hal ini merupakan solusi stok, yaitu solusi yang akan dicairkan.

    Sebuah pipet untuk mengeluarkan volume yang telah di ketahui dari larutan ini dari wadah dan memindahkannya ke wadah baru seperti labu volumetrik. Labu volumetrik yang bersih merupakan wadah pelarut murni, pelarut yang sama dan digunakan untuk membuat larutan yang asli seperti air. Cara untuk menambahkan pelarut murni ke labu volumetrik yaitu dengan corong kaca dan pipet pasteur.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip Pengenceran Larutan
    Sangat Suka

    20%

    Suka

    40%

    Terinspirasi

    20%

    Tidak Peduli

    20%

    Marah

    0%

    Komentar