Detik-detik Ibu Melahirkan di Jalan Rusak Saat ke Puskesmas Sejauh 20 Km

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sari terpaksa melahirkan di pinggir jalan rusak saat menuju puskesmas yang jaraknya puluhan kilometer di Kabupaten Lebak, Banten. Ia selamat setelah ditolong warga yang melintas.Petugas di kantor desa, Nurman, menceritakan, saat itu ia kebetulan melintas di jalan poros desa Cinangka-Cibarani. Ia melihat ada seorang ibu yang dibantu warga karena melahirkan.

    "Pas saya pulang di jalan itu banyak orang, dikira jatuh dari motor, saya berhenti ternyata ada yang melahirkan," kata Nurman, Selasa (10/3/2020).Menurut Nurman, saat itu kondisi si ibu sudah mengeluarkan janin. Ia panik, lalu mencari bantuan mobil ke puskesmas pembantu di desa tetangga di Karang Nunggal.Di tengah perjalanan, Nurman menemukan mobil bercat perak. Untungnya ia kenal pemilik mobil yang juga beristri seorang bidan."Saya kenal juga, istrinya bidan, kebetulan juga di desa lagi ada ondangan, orang lagi pada lewat," katanya.

    Janin dan si ibu itu, menurutnya, selamat. Keduanya dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan. "Anaknya selamat, ibunya selamat, pas dibawa selamat. Nggak kelihatan kelaminnya, saya nggak berani lihat," ujar Nurman.Perempuan yang melahirkan itu berdomisili di Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak. Kades Cibarani Dulhani mengungkapkan desanya tak memiliki puskesmas pembantu untuk akses kesehatan.Warganya harus menempuh 20 kilometer ke puskesmas dengan keadaan jalan rusak. "Kurang pas visi-misi Lebak Sehat, (warga) ngelahirin di jalan. Desa Cibarani belum merdeka," Dulhani menegaskan.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Detik-detik Ibu Melahirkan di Jalan Rusak Saat ke Puskesmas Sejauh 20 Km
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar