Inilah Tips Menanam Tomat di Kebun Pekarangan Rumah Dengan Mudah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tomat termasuk tanaman buah yang banyak ditanam di segala dataran. Umurnya dalam satu musim, ternyata hanya 4 bulan saja. Yuk, ketahui cara menanam tomat lewat artikel ini! Tanaman tomat bisa tumbuh di segala media. Mulai dari lahan sawah, tegal, pekarangan, sampai pekarangan rumah yang terbatas.

    Tanaman tomat bisa ditanam pada pekarangan rumah kamu yang sangat terbatas. Budidaya tanam tomat bisa melalui biji dengan metode tanaman buah dalam pot (tabulampot). Ada pula beberapa orang yang menerapkan cara menanam tomat dengan sistem hidroponik.

    Cara Menanam Tomat dari Biji Hingga Berbuah Banyak

    1. Pelajari Kondisi Lingkungan Tempat Tinggal

    Tomat membutuhkan kondisi lingkungan yang ideal untuk tumbuh kuat dan menghasilkan buah yang enak. Lihat tanah yang kamu pakai apakah bagus untuk dijadikan lahan tanam atau tidak?

    2. Pilih Jenis Tomat

    Ada berbagai jenis tomat yang berbeda-beda, mulai dari warna, ukuran, dan rasa. Ada 2 jenis pertumbuhan tanaman tomat, yaitu:

    • Determinate, tumbuh tegak ke atas dan cepat berbuah, daur hidupnya singkat.
    • Indeterminate, tumbuh merambat dan mirip seperti tanaman anggur, daur hidupnya lebih lama.

    Selain itu, warna buah tomat dapat mempengaruhi rasa, lho. Seperti, jenis tomat yang sering dipakai pada masakan adalah Tomat “Red Globe” atau “Beefsteak” memiliki rasa yang klasik. Tomat yang berwarna ungu atau coklat memiliki kaya rasa dan lebih hangat sedangkan tomat kuning dan jingga, rasanya lebih manis. Untuk tomat hijau memiliki rasa yang sangat cocok bila dipadukan dengan masakan gurih.

    3. Belah Tomat

    Cara menanam tomat di kebun selanjutnya yaitu, membelah tomat jadi dua bagian. Setelah memilih jenis tomat yang ingin kamu tanam, saatnya membelahnya menjadi dua bagian. Ambil bijinya dengan sendok dan letakkan dalam mangkuk bersih.

    4. Biarkan Biji

    Setelah itu, biarkan biji tomat dalam mangkuk selama 2-3 hari. Ini adalah proses fermentasi yang bertujuan untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang tanaman saat tumbuh kembali.

    5. Cuci Biji Tomat

    Cara menanam tomat selanjutnya adalah cuci hingga bersih biji dengan air segar. Perhatikan dengan baik saat proses mencuci ini, jika kamu melihat benih yang terapung, buang mereka karena itu adalah benih yang sudah buruk kualitasnya. Tambahkan beberapa tetes cuka dan garam saat mencuci. Terakhir, keringkan benih.

    6. Simpan Biji di Lemari Es

    Sudah boleh menanam? Belum dong! Cara menanam buah tomat selanjutnya yaitu, menyimpan biji mereka di dalam plastik. Biji yang sudah dikeringkan tadi harap dimasukkan ke dalam plastik. Kemudian, tarun ke dalam lemari es selama 1-2 minggu.

    7. Mulai Menebar Benih

    Tebar benih di dalam pot saat proses bidudaya tomat agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan mudah. Taruh 2 -3 biji tomat ke dalam pot, kemudian tutup dengan tanah. Biarkan biji selama satu minggu. Jangan lupa untuk menyiram pot dengan sedikit air agar kelembapannya tetap terjaga.

    8. Simpan Pot di Tempat Hangat

    Sesekali kamu boleh menyimpan pot tomat di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Namun, setelah itu letakkan pot tanaman tomat di tempat yang teduh atau hangat.

    9. Pindahkan ke Kebun

    Cara menanam tomat selanjutnya adalah memindahkannya ke kebun. Jika tomat sudah tumbuh sekitar 4-5 cm. Hindari memangkas daun-daun tanaman tomat. Jangan lupa untuk tetap menyiram tanaman tomat secara teratur.

    Keuntungan Budidaya Tomat di Kebun Rumah

    Cara penanaman tomat seperti di atas mempunyai banyak keuntungan, lho. Selain bisa dijadikan lahan bisnis, biji tomat pun bisa kamu manfaatkan sebagai cinderamata pernikahan.

    Bisnis Budidaya Tomat untuk Ibu-Ibu di Rumah

    Bisnis budidaya tomat ini cocok dijalankan oleh semua orang apalagi ibu rumah tangga. Selain segar, ternyata tomat memiliki berbagai keuntungan bagi kesehatan. Sebagai contoh, cara menanam tomat di polibag menurut Dr. Edward Giovannucci dari Harvard University School of Public Health, bisa menjaga kesehatan tubuh. Memakan tomat lebih dari dua kali setiap minggu dapat mengurangi risiko kanker prostat dari 21% hingga 43%.

    Kandungan likopen pada tomat mampu membantu melindungi perempuan dari cervical dysplasia. Istilah kedokteran atas kehadiran berbagai perubahan prakanker dari sel-sel yang membentuk lapisan dalam dari leher rahim, mulut rahim ke dalam kandungan. Karena itu, kandungan likopen pada tomat mampu mengurangi risiko kanker payudara, rahim, dan paru-paru. Selain itu, likopen juga disebut-sebut mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

    Patokan harga untuk budidaya tomat dapat di buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp4 ribu hingga Rp5 ribu. Ini tergantung dari harga tomat yang ada di pasaran juga tergantung varietas tomat yang ada.

    Tomat untuk Dijadikan Cinderamata

    Sementara itu, di beberapa negara yang pertaniannya maju, cara penanaman tomat di dalam pot ini sering digunakan sebagai souvenir pada berbagai acara. Biasanya dipilih jenis tomat yang berukuran mini, misalnya tomat ceri. Tentu saja, tanaman dalam pot tersebut dikemas dengan rapi dan cantik. Tanaman ini dapat diberikan pada orang yang dianggap spesial pada hari yang istimewa.

    Sumber : polybag99.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Inilah Tips Menanam Tomat di Kebun Pekarangan Rumah Dengan Mudah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar