Peran Geofisika Dalam Eksplorasi Migas dan Tambang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Peran geofisika dalam industri adalah subjek yang diperdebatkan dengan kuat akhir-akhir ini. Ketika industri kita terus berkembang untuk memenuhi tantangan yang ditimbulkan oleh sumber daya yang tidak konvensional, perubahan faktor penawaran dan permintaan, pendorong lingkungan, dan perubahan peraturan perundang-undangan dan pajak - hanya untuk menyebutkan beberapa - semua aspek industri kita sedang dalam pengawasan.

    Tidak ada yang mau menghabiskan uang atau melakukan apa pun yang tidak dapat dinilai dengan cepat untuk nilai yang ditambahkannya. Di bawah pengawasan ini bahwa ahli geofisika mungkin bisa dimaafkan untuk kecemasan eksistensial periodik.

    Ahli geofisika adalah bagian penting dari kelompok profesional yang bekerja bersama dalam proses nilai tambah dalam mencari dan menghasilkan cadangan hidrokarbon. Pemahaman dan komunikasi peran dan kontribusi kita masing-masing dalam proses itu sangat diperlukan.

    Pada intinya, geofisika telah berkembang sebagai metode pengambilan sampel bawah permukaan yang paling efektif dari segi biaya. Semua metode geofisika utama memungkinkan kami memperoleh informasi besar tentang permukaan bawah dengan biaya satuan yang rendah. Metode awal difokuskan pada penilaian prospek wilayah sungai.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Seismik dua dimensi diperoleh untuk menerangi struktur besar sepanjang garis regional yang sangat panjang. Ini terbukti cukup berhasil, dan tema biaya efektif untuk dapat mempelajari jumlah yang relatif besar tentang permukaan bawah tanpa pengukuran langsung terbukti. Inovasi yang berkelanjutan dalam ilmu geofisika telah menjadikan premis ini benar. Setiap kali kita memajukan sains, ini memungkinkan kita untuk belajar lebih banyak tentang bawah permukaan dengan cara yang paling hemat biaya.

    Sifat dari apa yang kita pelajari terus menjadi lebih spesifik, akurat, terperinci, dan sekarang mencakup atribut-atribut dari bawah permukaan yang tidak pernah kita impikan sebelumnya, tetapi bagaimanapun semuanya memiliki kualitas esensi yang sama, yang tidak dapat dipelajari dengan lebih cara efektif biaya.

    Dalam industri perminyakan, data geofisika memainkan peran penting dalam eksplorasi dan produksi minyak dan gas. Karena sebagian besar cadangan minyak bumi terkubur jauh di bawah permukaan, ahli geofisika menemukan minyak dan gas dengan membangun gambaran yang jelas tentang apa yang ada di bawah permukaan bumi.

    Metode yang paling umum dan efektif untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang permukaan bumi adalah metode seismik. Namun, dalam hal manajemen biaya, data gravitasi dan magnetik dapat memberikan cara yang hemat biaya untuk membantu dalam menginterpretasikan cekungan untuk mempelajari skala geologi struktural dan kedalaman hingga studi ruang bawah tanah pada tahap eksplorasi minyak dan gas.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro

    Data gravitasi dan magnetik bersama dengan data seismik 2D memberikan informasi penting tentang struktur dan komposisi basement cekungan. Struktur ruang bawah tanah utama dapat diartikan dari adanya diskontinuitas yang konsisten dan / atau pemutusan pola dalam data gravitasi dan magnetik.

    Interpretasi canggih ke basement SRK menggunakan algoritme inversi magnetik Werner Dekonvolusi 2D, teknik inversi magnetik 3D UBC-Gif, dan pemodelan 2.5D model gravitasi dan data profil magnetik individu. Kecuali untuk data seismik, gravitasi dan interpretasi magnetik memberikan pemeriksaan alternatif pada kedalaman dan ketebalan basement dari stratigrafi target. Perusahaan telah menemukan bahwa menggunakan alat-alat ini paling efektif dalam mengurangi biaya akuisisi seismik baru.

    Pada skala waduk, geofisika, khususnya, data seismik sering memberikan informasi utama tentang waduk atau luas akuifer. Survei seismik 3D resolusi tinggi telah terbukti efektif dalam mengurangi risiko lubang kering dan dalam memprediksi bahaya pengeboran seperti kesalahan dan tekanan berlebih.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Stratigrafi seismik memberikan informasi tentang pola pengendapan dan variasi fasies lateral. Selain itu, alat analisis seismik lainnya menyediakan metode untuk memetakan kontak cairan, memperkirakan litologi, dan mengkarakterisasi fraktur reservoir. Data geofisika, dengan data kinerja inti, sumur, dan reservoir yang terperinci, dapat juga digunakan untuk pengawasan reservoir.

    Kami memahami bahwa setiap masalah eksplorasi berbeda, dan pengalaman dalam, semua aspek geofisika eksplorasi (akuisisi, pemrosesan, interpretasi, R&D) memungkinkan kami untuk merancang program geofisika yang disesuaikan dengan target spesifik dan lingkungan geologi Anda.

    Layanan kami mulai dari memberikan saran tentang kesesuaian metode geofisika tertentu, melalui desain survei, QC dan manajemen data, hingga interpretasi geologi / struktural / reservoir yang terintegrasi penuh.

    Aspek-Aspek Geofisika Minyak Berikut:

    • Desain survei individu, tender, perencanaan dan pengawasan lapangan
    • QA / QC survei dikontrakkan
    • Review dan evaluasi data geofisika yang ada
    • Manajemen data geofisika
    • Pemrosesan data geofisika
    • Interpretasi geologi / struktural / reservoir / geofisika yang terintegrasi
    • Manajemen program eksplorasi.(Fauzan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peran Geofisika Dalam Eksplorasi Migas dan Tambang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar