Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pernah mendengar tentang mikrokontroler dan mikroprosesor? Tahukah Anda perbedaan antara keduanya sehingga Anda mengharapkan hal yang sama? Insinyur sering mendengar pembicaraan ini. Meskipun keduanya mirip, kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Mari kita lihat perbedaannya dengan memahami definisi pertama.

    Mikrokontroler

    Mikrokontroler adalah mikroforuter chip. Mikrokontroler menggabungkan CPU, ROM, RWM, I / O dan I / O tape, saluran numerik dan digital dalam satu chip. Mikrokontroler berbeda dari prosesor dalam banyak hal. 

    Mikrokontroler menggabungkan memori untuk menyimpan data p / I / O atau data untuk melacak perangkat eksternal. Penggunaan mikrokontroler sekarang sangat populer di dunia bisnis elektronik. Ini terjadi karena mikrokontroler memiliki kelebihan dan kemudahan penggunaan. Selain itu, harganya lebih murah dibandingkan sistem lainnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jika mikroprosesor dibandingkan dengan masing-masing prosesor ada dua unit CPU / MPU, unit kecil, unit I / O dari tiga bus saling berhubungan. Jadi, mikrokontroler adalah mikroprosesor dan sebuah chip. Dengan menambahkan perangkat input dan output, mikrokontroler dapat bertindak sebagai komputer mikro pada sebuah chip. Keuntungan utama mikrokontroler adalah mengontrol pengoperasian mesin atau sistem menggunakan aplikasi yang disimpan dalam ROM.
    Fungsi Mikrokontoroler : 

    1. Sebagai Decoder dan Encoder
    2. Sebagai Counter
    3. Sebagai Flip-Flop
    4. Sebagai Timer/Pewaktu
    5. Sebagai Pembangkit Osilasi
    6. Sebagai ADC atau Analog Digital Converter

    Mikroprosesor

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro

    Mikroprosesor sering disebut sebagai prosesor. Pengembang disebut CPU karena berfungsi sebagai unit pemrosesan pusat. CPU bertindak sebagai pengembang dan manajer untuk sistem operasi komputer. 

    Menurut satu jenis chip yang dirancang dengan jenis kaus kaki yang dikembangkan, unit mikroprosesor (MPU) sering disebut. CPU atau MPU adalah sistem operasi komputer utama. Gerakan dalam ruangan dibangun di atas tiga bidang utama, yaitu: debat intelektual (ALU), pendaftaran (RU), dan manajemen (CU).

    ALU adalah komponen yang bekerja dengan statistik dan logika. Kinerja yang dihitung mencakup operasi lain (ADD atau ADD dengan beban), deduksi (SUB atau SUB dalam bentuk tunai), kuantitas (MUL) dan divisi (DIV). Sedangkan operasi meliputi efisiensi operasional baik, OR, XOR, ATAU RIT, NEGATE. Untuk mendukung pengoperasian prosesor ALU, diperlukan beberapa file. 

    Database adalah repositori tempat data disimpan dan tempat hasilnya disimpan. File khusus yang bertindak sebagai wadah untuk pemrosesan ALU disebut baterai. CU mengelola struktur data di trek data di kotak alamat, dan kemudian menentukan dan mengelola sinyal di panel navigasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mikroprosesor seperti bahan peledak tidak bisa bekerja sendiri. Prosesor hanya memerlukan beberapa modul, yaitu unit kecil dan unit I / O. Dengan menggabungkan komponen perangkat keras, memori dan I / O, proses ini disebut prosesor.

    Banyak yang telah diketahui tentang klasifikasi mengikuti hukum Moore yang merupakan peningkatan kinerja dari tahun ke tahun. Kebijakan ini menetapkan dan menghitung dua kali setiap 18 bulan, sebuah proses yang benar sejak awal 1970-an. Sejak awal sebagai co-pilot, pengembangan daya telah meningkatkan kemampuan Mikroprosesor dan berbagai model komputer serta setiap sistem operasi berkisar dari komputer terbesar hingga komputer terkecil yang menangani Mikroprosesor sebagai pusatnya.

    Berikut ini adalah karakteristik utama dari Mikroproses :

    1. Internal data bus size: Jumlah saluran pada prosesor yang menunjukkan jumlah chip akan ditransmisikan antara komponen ke prosesor. 
    2. External data bus size: Jumlah saluran yang digunakan untuk mentransfer data antara pabrikan dan aplikasi eksternal. Kapasitas 
    3. Memori maksimum: Jumlah maksimum alamat memori yang dapat diarahkan oleh penginnstal. Kecepatan jam: Kecepatan atau kecepatan untuk memandu pekerjaan pabrik. 
    4. Clock speed: Fitur khusus untuk mendukung aplikasi spesifik seperti konfigurasi floating-point, dan banyak lagi. 
    5. Ada juga sistem pemulihan data dari komputer.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar