Jenis-Jenis Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mikroprosesor sering disebut sebagai prosesor. Pengembang disebut CPU karena berfungsi sebagai unit pemrosesan pusat. CPU bertindak sebagai pengembang dan manajer untuk sistem operasi komputer. 

    Menurut satu jenis chip yang dirancang dengan jenis kaus kaki yang dikembangkan, unit mikroprosesor (MPU) sering disebut. CPU atau MPU adalah sistem operasi komputer utama. Gerakan dalam ruangan dibangun di atas tiga bidang utama, yaitu: debat intelektual (ALU), pendaftaran (RU), dan manajemen (CU).

    Berikut jenis Mikroprosesor : 
    1. INTEL PMOS 420mW us
    2. INTEL NMOS 400mW ,3us
    3. INTEL HCMOS 2500mW 0,1us
    4. RCA 1802C CMOS 400mW ,4us
    5. MOTOROLA MC NMOS 600mW ,0us
    6. MOTOROLA MC HCMOS 1750mW 0,08us
    7. MOS Technology NMOS 250mW ,0us
    8. National HCMOS 1000mW 0,1us
    9. Zilog Z NMOS 400mW ,3us

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    ALU adalah komponen yang bekerja dengan statistik dan logika. Kinerja yang dihitung mencakup operasi lain (ADD atau ADD dengan beban), deduksi (SUB atau SUB dalam bentuk tunai), kuantitas (MUL) dan divisi (DIV). Sedangkan operasi meliputi efisiensi operasional baik, OR, XOR, ATAU RIT, NEGATE. Untuk mendukung pengoperasian prosesor ALU, diperlukan beberapa file. 

    Database adalah repositori tempat data disimpan dan tempat hasilnya disimpan. File khusus yang bertindak sebagai wadah untuk pemrosesan ALU disebut baterai. CU mengelola struktur data di trek data di kotak alamat, dan kemudian menentukan dan mengelola sinyal di panel navigasi.

    Mikroprosesor seperti bahan peledak tidak bisa bekerja sendiri. Prosesor hanya memerlukan beberapa modul, yaitu unit kecil dan unit I / O. Dengan menggabungkan komponen perangkat keras, memori dan I / O, proses ini disebut prosesor.

    Mikrokontroler

    Mikrokontroler adalah mikroforuter chip. Mikrokontroler menggabungkan CPU, ROM, RWM, I / O dan I / O tape, saluran numerik dan digital dalam satu chip. Mikrokontroler berbeda dari prosesor dalam banyak hal. 

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Berikut Jenis dari Mikrokontroler : 

    MCS51

    Mikrokontroler ini termasuk dalam keluarga mikrokontroler CISC. Sebagian besar instruksi dilakukan dalam waktu 12 jam. Mikrokontroler ini didasarkan pada teknologi Harvard dan, meskipun dirancang untuk mikrokontroler mikro-chip, modul ekspansi menawarkan memori kerja 64KB dan 64KB, yang menyediakan penggerak chip khusus untuk mengakses aplikasi dan data.

    Salah satu karakteristik mikrokontroler 8051 adalah untuk memasukkan prosesor boolean yang memungkinkan Anda untuk melakukan bagian dari operasi Boolean secara langsung dan efisien dengan file internal dan RAM. Oleh karena itu, MCS51 digunakan dalam PLC (Programmable Logic Control).

    AVR

    Mikrokontroler Risc Alv di Vegard atau yang umum di AVR adalah mikroproroller RISC 8 bit. Untuk RISC ini, sebagian besar kode pengajaran disimpan dalam satu jam. AVR adalah jenis mikrokontroler yang biasa digunakan di bidang elektronik dan peralatan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Secara total, AVR dapat dibagi menjadi seri 4. Perbedaan utama dan perbedaannya adalah memori, dimensi, dan fungsi. Empat kelompok adalah keluarga ATTiny, keluarga AT90Sxx, keluarga ATMega dan AT86RFxx.

    PIC 

    PIC adalah keluarga mikrokontroler RISC yang dirancang oleh Microchip Technology. Diadaptasi dari PIC1650 yang disiapkan oleh Departemen Teknologi. Teknologi Microchip tidak menggunakan PIC sebagai penanda, tetapi mereknya adalah PICmicro. Ini karena PIC adalah singkatan dari Access Manager, tetapi General Instruments adalah template PIC1650 seperti komputer pintar dengan pemrograman.

    Mikrokontroler menggabungkan memori untuk menyimpan data p / I / O atau data untuk melacak perangkat eksternal. Penggunaan mikrokontroler sekarang sangat populer di dunia bisnis elektronik. Ini terjadi karena mikrokontroler memiliki kelebihan dan kemudahan penggunaan. Selain itu, harganya lebih murah dibandingkan sistem lainnya.

    Jika mikroprosesor dibandingkan dengan masing-masing prosesor ada dua unit CPU / MPU, unit kecil, unit I / O dari tiga bus saling berhubungan.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-Jenis Mikroprosesor dan Mikrokontroler
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar