Komponen Marketing Mix

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Marketing mix adalah salah satu jeins dari strategi pemasaran ataupun sekumpulan komponen marketing yang disatukan. Marketing mix ini dapat membantu suatu perusahaan untuk mencapai target penjualan yang ingin dicapainya. Marketing mix dalam bidang pemasaran atau dunia perdagangan ditujukan dan memfokuskan kepada kepuasan atau ketertarikan pelanggan, konsumen atau pembeli terhadap harga produk, kualitas produk, promosi produk tersebut.

    Marketing mix atau dianggap sangat penting dalam strategi pemasaran untuk sebuah perusahaan karena dapat membantu sebuah perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya di dalam dunia perdagangan. Intinya marketing mix ini adalah konsep utama ataupun suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh untuk sebuah perusahaan dalam strategi pemasaran ataupun dalam dunia perdagangan.

    Komponen dari marketing mix

    Dalam marketing mix tentu memiliki komponen penting atau utama yang dapat membantu sebuah perusahaan berhasil dan mencapai target penjualan kepada pembeli, konsumen, atau pelanggan. Komponen penting atau utama tersebut terbagi menjadi 4 bagian dan sering dikenal dengan 4 P tradisional dan tambahan 3 P.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    4 P tradisional digunakan dalam pemasaran barang atau produk dalam dunia perdagangan dan 3 P tambahan yang digunakan dalam pemasaran jasa dalam dunia perdagangan. 4 P tradisional merupakan singkatan atau gabungan dari kata Produk, Promotion, Price, dan Place. Dan tambahan 3 P merupakan singkatan atau gabungan dari kata Physical evidence, People, dan Process. Berikut ini merupakan uraian dari 4 P tradisional:

    • Produk

    Produk atau barang merupakan suatu objek yang ditawarkan atau diperjual beilkan oleh sebuah perusahaan dalam dunia perdagangan untuk memperoleh keuntungan bagi perusahaan tersebut. Produk atau barang yang ditawarkan atau diperjual belikan oleh sebuah perusahaan ini bisa berupa fisik seperti buku, makanan, dan lain sebagainya.

    Selain itu, produk yang ditawarkan atau diperjual belikan oleh sebuah perusahaan tersebut juga bisa berupa digital misalnya aplikasi, software dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan jumlah penjualan dalam pemasaran dan daya saing yang ketat dengan perusahaan lainnya produk ataupun jasa yang ditawarkan atau diperjual belikan harus memiliki kualitas yang terbaik dan memiliki keunikan tersendiri berbeda dengan produk dari perusahaan yang lainnya.

    • Promotion

    Promotion atau promosi merupakan cara yang digunakan sebuah perusahaan untuk mengenalkan produk, barang, ataupun jasanya ke publik agar dibeli dan digunakan oleh konsumen, pembeli, atau pelanggan. Untuk menarik perhatian pelanggan atau pembeli yang harus dilakukan yaitu dengan mengenalkan dan menunjukkan produk atau jasa yang ditawarkan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pembeli atau pelanggan dengan mudah, tepat dan cepat. Dan tentunya produk yang ditawarkan atau diperjual belikan harus memiliki kualitas yang terbaik dan memiliki keunikan tersendiri.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan

    • Price

    Price adalah harga atau biaya yang harus dikeluarkan dan dipertimbangkan oleh pembeli, pelanggan, atau konsumen untuk membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan atau diperjual belikan oleh sebuah perusahaan. Price atau harga ini merupakan hal pertama dan utama yang dipertimbangkan atau dipikirkan oleh pembeli untuk membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

    Jika sebuah menjual produk ataupun jasa dengan harga yang relatif tinggi maka hal tersebut berdampak pada diagram penjualan sebuah perusahaan. Jadi, sebuah perusahaan harus pandai dalam mempromosikan dan menentukan harga yang tepat untuk sebuah produk ataupun jasa yang ditawarkan atau diperjual belikan oleh perusahaan tersebut.

    • Place

    Place disini maksud nya adalah tempat atau lokasi untuk menyalurkan dan melaksanakan transaksi antara si penjual (perusahaan) dan si pembeli (konsumen). Lokasi atau tempat ini harus strategis dan dapat dengan mudah diakses oleh pembeli atau konsumen.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Berikut ini merupakan uraian dari tambahan 3 P :

    • Physical evidence

    Physical evidence merupakan suatu bukti fisik dan nyata yang berkaitan dengan fasilitas, peralatan, perlengkapan yang disediakan oleh sebuah perusahaan. Ibaratnya seperti sebuah rumah makan ataupun restoran yang menyediakan menu makanan lengkap, lingkungan atau tempat makan yang bersih dan nyaman.

    • People

    People disini maksudnya adalah manusia atau pekerja yang bertugas untuk melayani, mengawasi, mengambil keputusan, serta pemimpin dari sebuah perusahaan yang menawarkan berupa produk barang ataupun jasa.

    • Process

    Process disini memiliki arti terjadinya atau berlangsungnya transaksi antara pembeli yang mengeluarkan uang atau biaya untuk membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual atau sebuah perusahaan dengan penjual atau perusahaan yang menerima pemasukan berupa uang untuk mencapai target penjualan yang ingin dicapai. (Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Marketing Mix
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait