Konsep Colase Pada Desain Busana

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kolase merupakan kumpulan bahan dasar atau materi yang bersifat artistik yang ditempelkan dipermukaan pada sebuah gambar. Kolase termasuk kedalam karya seni 2D atau dua dimensi karena mencampurkan berbagai macam bahan. Jika bahan dasar atau materi tersebut dicampurkan dengan bahan yang tepat dan terpadu maka karya seni tersebut bisa mewakili pesan yang disampaikan oleh pembuat atau pencipta karya seni tersebut.

    Kolase pada desain busana memiliki arti yaitu kumpulan bahan dasar atau materi yang bersifat artistik yang ditempelkan dipermukaan pada sebuah busana tersebut. Materi atau bahan dasar tersebut berupa kertas, logam, kayu, kain perca, dan lain sebagainya.

    Konsep kolase pada desain busana

    Konsep kolase yang digunakan pada desain busana yaitu konsep kolasenya harus memiliki unsur atau yang bersifat artistik ataupun estetika. Kenapa konsep kolase pada desain busana tersebut harus memiliki unsur atau bersifat artistik? Karena artistik memiliki arti yaitu suatu ilmu atau hal yang mempunyai nilai atau berbau seni.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dan kenapa konsep kolase pada desain busana tersebut harus memiliki unsur ataupun bersifat estetika? Karena estetika artinya suatu ilmu atau hal yang mempelajari dan membahas tentang keindahan dari suatu karya dan bisa merasakan keindahan tersebut. Jadi, konsep kolase pada suatu desain busana harus memiliki unsur atau bersifat artistik dan estetika agar mempunyai nilai seni yang tinggi dan baik serta memiliki keindahan yang tak ternilai.

    Unsur yang terdapat pada suatu kolase desain busana

    Kolase pada desain busana harus memiliki suatu unsur rupa agar terciptanya suatu karya yang bagus dan indah. Berikut ini adalah unsur yang dimiliki atau yang ada pada suatu busana :

    • Tekstur
      Tekstur merupakan permukaan dari suatu benda yang memberi kesan dan berpengaruh pada penampilan visual maupun perasaan dari seseorang.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sties Indonesia Purwakarta

    • Warna
      Warna merupakan salah satu desain yang paling menonjol. Warna juga sama seperti tekstur yaitu memberi kesan dan berpengaruh pada penampilan visual maupun perasaan dari seseorang.
    • Ukuran atau size
      Ukuran atau size merupakan salah satu desain yang paling utama dan berpengaruh dalam suatu desain busana. Ukuran atau size busana harus dipilih dengan tepat agar seimbang dengan bentuk tubuh dan ukuran tubuh seseorang.
    • Bentuk
      Bentuk merupakan hasil dari kumpulan garis yang membentuk bidang 2 dimensi (2D) atau mempunyai panjang dan lebar.
    • Garis
      Garis merupakan dasar dari seseorang menuangkan emosi dan perasaan termasuk membuat desain busana.
    • Value
      Value adalah unsur yang mengatur tingkat kecerahan dari suatu warna pada suatu desain busana.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Arah
      Arah adalah unsur yang dapat mengubah kesan dan berpengaruh pada kesan, penampilan ataupun bentuk tubuh seseorang.

    Cara membuat suatu kolase pada desain busana

    Cara yang pertama dilakukan jika ingin membuat suatu kolase pada desain busana adalah harus menentukan tema terlebih dahulu. Tema bisa dilihat dari keadaan lingkungan misalnya mengikuti topik yang sedang trending. Kedua yaitu menentukan sebuah judul dari karya yang ingin dibuat.

    Judul dari sebuah karya bisa dikembangkan dari suatu tema yang sudah ditentukan. Ketiga yaitu menentukan sebuah style untuk busana yang ingin dibuat misalnya style yang bernuansa elegant, casual, feminism, dan lain sebagainya. Kemudian, langkah yang harus dilakukan adalah menentukan detail dan visual dari desain busana yang ingin dibuat misalnya memilih warna dan style yang tepat pada desain busana tersebut.

    Terakhir adalah membuat suatu mind map dan mengumpulkan foto atau file-file yang berkaitan dengan tema dan judul yang sudah ditentukan tadi. Jadikan mind map sebagai kerangka yang tepat dengan tema, judul, style dan lain-lain yang sudah ditentukan.(Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Colase Pada Desain Busana
    Sangat Suka

    25%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    25%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    25%

    Komentar