Pengertian Atom dan Struktur Atom

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Atom terdiri dari partikel yang disebut proton, neutron, dan elektron, yang bertanggung jawab atas massa dan muatan atom. Atom merupakan unit terkecil dari materi yang mempertahankan semua sifat kimia suatu unsur.

    Atom bercampur membentuk molekul, lalu kemudian berinteraksi membuat padatan, gas, atau cairan. Misalnya, air tersusun dari atom hidrogen dan oksigen yang telah bergabung membentuk molekul air. Banyak proses biologis yang dikhususkan untuk memecah molekul menjadi atom-atom komponennya sehingga mereka dapat disusun kembali menjadi molekul yang lebih berguna.

    Partikel Atom

    Atom mempunyai tiga partikel dasar: elektron, neutron, dan proton. Pusat atom mengandung neutron (tanpa biaya) dan proton (bermuatan positif). Daerah luar atom adalah kulit elektron dan bermuatan elektron (bermuatan negatif). Atom memiliki sifat yang berbeda berdasarkan susunan dan jumlah partikel dasarnya.

    Atom Hidrogen (H) cuma memiliki satu elektron, satu proton, dan tidak ada neutron. Hanya dapat ditentukan dengan menggunakan nomor atom dan nomor massa elemen (lihat konsep tentang nomor massa dan nomor atom).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Struktur atom: Unsur-unsur, seperti helium, digambarkan di sini, terdiri dari atom. Atom terdiri dari proton dan neutron yang terletak di dalam nukleus, dengan elektron di orbital yang mengelilingi nukleus.

    Massa Atom

    Neutron dan proton memiliki massa yang dikirakan, sekitar 1,67 × 10-24 gram. Para ilmuwan memaparkan jumlah pada massa ini sebagai satu satuan massa atom satu Dalton atau atom (amu). Meskipun hampir sama dalam massa, proton memiliki muatan positif, sedangkan neutron tidak bermuatan. Oleh sebab itu, jumlah neutron yang di dalam atom memiliki kontribusi yang signifikan terhadap massanya, tetapi tidak kepada muatannya.

    Elektron lebih kecil dari massa proton, memiliki berat  9,11 × 10-28 gram, atau kira-kira 1/1800 massa atom. Oleh sebab itu, mereka tidak berkontribusi banyak pada massa atom keseluruhan elemen. Pada saat sedang memperhitungkan massa atom, membuat kebiasaan untuk mengabaikan pada massa elektron dan memperhitungkan massa atom berdasarkan jumlah proton dan neutron saja.

     

     

    Elektron berpengaruh besar dalam muatan atom, sebab setiap elektron mempunyai muatan negatif yang sama dengan muatan positif proton. Para ilmuwan mendefinisikan biaya ini sebagai "+1" dan "-1.” Dalam atom netral yang tidak memiliki muatan, jumlah pada elektron yang mengorbit nukleus sama dengan jumlah proton di dalam nukleus. Atom-atom ini yang memiliki muatan positif dan negatif saling membatalkan, yang mengacu ke atom tanpa muatan bersih.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Ubaya

    neutron, elektron, dan proton: Proton dan neutron keduanya memiliki massa 1 Dalton dan dijumpai dalam nukleus. Namun, proton memiliki muatan +1, dan neutron tidak bermuatan. Elektron memiliki massa sekitar 0 amu, mengorbit nukleus, dan memiliki muatan -1.

    Menjelajahi Properti Elektron: Bandingkan perilaku elektron dengan perilaku partikel bermuatan lain untuk menemukan sifat elektron seperti muatan dan massa.

    Volume Atom

    Menghitung ukuran neutron, elektron, dan proton, beberapa volume atom melebihi dari 99 persen — sebenarnya adalah ruang kosong. Terlepas dari semua ruang kosong ini, benda padat tidak hanya saling melewati. Elektron yang mengitari seluruh atom bermuatan negatif dan membuat atom saling tolak-menolak, mencegah atom menempati ruang yang sama. Gaya antarmolekul ini mencegah Anda jatuh melalui benda seperti kursi Anda.

    Interaktif: Bangun Atom: Bangun atom dari proton, neutron, dan elektron, dan lihat bagaimana elemen, muatan, dan massa berubah. Kemudian mainkan game untuk menguji ide-ide Anda!

    Nomor Atom dan Nomor Massa

    Nomor atom adalah jumlah proton dalam suatu elemen, sedangkan nomor massa adalah jumlah proton ditambah jumlah neutron.

    Nomor atom

    Atom netral dari suatu unsur mengandung jumlah proton dan elektron yang sama. Jumlah proton menentukan nomor atom elemen (Z) dan membedakan satu elemen dari yang lain. Misalnya, nomor atom karbon (Z) adalah 6 karena memiliki 6 proton. Jumlah neutron dapat bervariasi untuk menghasilkan isotop, yang merupakan atom dari unsur yang sama yang memiliki jumlah neutron yang berbeda. Jumlah elektron juga dapat berbeda dalam atom dari unsur yang sama, sehingga menghasilkan ion (atom bermuatan). Misalnya, besi, Fe, dapat eksis dalam keadaan netral, atau dalam keadaan ion +2 dan +3.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Nomor Massal

    Nomor massa elemen (A) merupakan jumlah dari jumlah neutron dan jumlah proton. Kontribusi kecil massa dari elektron tidak diperhitungkan dalam penghitungan jumlah massa. Perkiraan massa ini dapat digunakan untuk menghitung dengan mudah berapa banyak neutron yang dimiliki suatu elemen hanya dengan mengurangi jumlah proton dari jumlah massa tersebut. Proton dan netron keduanya memiliki berat sekitar satu satuan massa atom atau amu. Isotop dari elemen yang sama akan mempunyai nomor atom sama tetapi nomor massa berbeda.

    Nomor atom, simbol kimia, dan nomor massa: Karbon memiliki nomor atom enam, dan dua isotop stabil dengan nomor massa masing-masing dua belas dan tiga belas. Massa atom rata-rata adalah 12.11.

    Para ilmuwan menentukan massa atom dengan menghitung rata-rata jumlah massa untuk isotop yang terjadi secara alami. Seringkali, angka yang dihasilkan mengandung desimal. Sebagai contoh, massa atom kalor (Cl) adalah 35,45 amu karena klorin terdiri dari beberapa isotop, sebagian (mayoritas) dengan massa atom 35 amu (17 proton dan 18 neutron) dan beberapa dengan massa atom 37 amu (17 proton dan 20 neutron).

    Diberi nomor atom (Z) dan nomor massa (A), Anda dapat menemukan jumlah proton, neutron, dan elektron dalam atom netral. Misalnya, atom litium (Z = 3, A = 7 amu) mengandung tiga proton (ditemukan dari Z), tiga elektron (karena jumlah proton sama dengan jumlah elektron dalam atom), dan empat neutron (7 - 3 = 4).(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Atom dan Struktur Atom
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar