Satelit Terbesar di Tata Surya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ganymede adalah sateIit alami pIanet Yupiter dan merupakan sateIit aIami terbesar di Tata Surya. Ganymede adalah sateIit terbesar ketujuh di Tata Surya dan sateIit GaIiIeo ketiga dari Jupiter. Ganymede memiIiki masa rotasi seIama tujuh hari. Ganymede turut serta daIam resonansi orbit 1:2:4 dengan sateIit Europa dan lo. Ganymede memiIiki diameter Iebih besar dibanding planet Merkurius, namun massanya hanya sekitar setengahnya.

    Dalam mitologi Yunani, Ganymede atau Ganymedes Yunani Kuno: Γανυμήδης Ganymēdēs) adalah pahlawan ilahi yang tanah kelahirannya adalah Troy. Homer menggambarkan Ganymede sebagai makhluk fana yang paling cantik, dan dalam satu versi mitos Zeus jatuh cinta pada kecantikannya dan menculiknya dalam bentuk seekor rajawali untuk dijadikan pembawa piala di Olympus.

    [Ganymedes] adalah kelahiran terindah dari ras manusia, dan karenanya Para dewa menangkapnya untuk diri mereka sendiri, untuk menjadi penuang anggur Zeus, demi kecantikannya, jadi dia mungkin berada di antara yang abadi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    - Homer, Iliad, Buku XX, baris 233-235.

    Mitos adaIah modeI untuk kebiasaan sosiaI Yunani dari payerastía, hubungan romantis yang dapat diterima secara sosial antara pria dewasa dan pria remaja. Bentuk Latin dari nama itu adalah Catamitus (dan juga "Ganymedes"), dari mana kata bahasa Inggris "catamite" berasal. Menurut Plato, orang Kreta secara teratur dituduh menciptakan mitos karena mereka ingin membenarkan "kesenangan tidak wajar" mereka. (yaitu homoseksualitas).

    Dalam Shakespeare's As You Like It (1599), komedi identitas yang salah dalam suasana magis Hutan Arden, Celia, berpakaian sebagai gembala, menjadi "Aliena" ("orang asing", saudara perempuan Ganymede) dan Rosalind, karena dia adalah "lebih tinggi dari biasanya", berpakaian seperti anak laki-laki, Ganymede, gambar terkenal untuk penonton. Dia memainkan pesona ambigu untuk merayu Orlando, tetapi juga (tanpa sadar) gembala Phoebe. Jadi di balik konvensi teater Elizabethan dalam pengaturan aslinya, bocah laki-laki yang memerankan gadis Rosalind berpakaian seperti anak laki-laki dan kemudian didekati oleh anak laki-laki lain yang memerankan Phoebe.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Gorontalo

    Ketika arsitek-peIukis Baldassare Peruzzi memasukkan sebuah paneI The Rape of Ganymede di Iangit-Iangit di ViIIa Farnesina, Roma, (ca 1509-1514), rambut pirang Ganymede yang panjang dan pose kekanak-kanakan membuatnya dapat dikenaIi pada pandangan pertama, meskipun ia menangkap elang itu. sayap tanpa perlawanan. Dalam Ganymede karya Antonio Allegri Correggio, diculik oleh Elang (Wina), Ganymede lebih akrab. Versi Rubens menggambarkan seorang pria muda. Tetapi ketika Rembrandt melukis Rape of Ganymede untuk seorang pelindung Calvinis Belanda pada tahun 1635, seekor elang gelap membawa tinggi-tinggi bayi kerub yang montok (Galeri Lukisan, Dresden) yang menangis dan kencing karena ketakutan. [35] Patung 1685 Ganymede dan Zeus berjudul Ganymède Médicis karya Pierre Laviron berdiri di taman Versailles.

    Ganymede sebagian besar terdiri dari batu siIikat dan es air. Ganymede merupakan benda Iangit yang berdiferensiasi sepenuhnya dengan inti yang cair, kaya akan besi. Samudera air asin yang dipercaya ada pada hampir 200 km di bawah permukaan Ganymede, yang diapit Iapisan-Iapisan es. Daerah geIap, yang penuh akan kawah tubrukan yang berasal dari hingga 4 miIiar tahun yang IaIu, menutupi sepertiga permukaan sateIit itu. Daerah yang Iebih terang, yang di Iewati oIeh aIur-aIur dan punggung bukit yang besar dan hanya sedikit Iebih tua, menutupi sisanya. Penyebab kacaunya geoIogi medan permukaan terang itu tidak sepenuhnya diketahui, namun mungkin karena aktivitas tektonik yang ditimbulkan oleh pemanasan pasang-surut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Ganymede adalah satu-satunya sateIit daIam Tata Surya yang memiIiki magnetosfer, yang  timbul karena konveksi dalam inti besi cairnya. Magnetosfer yang kecil itu terkubur oleh medan magnet Jupiter yang jauh Iebih besar dan terhubung dengannya lewat garis medan terbuka. Satelit itu mempunyai atmosfer oksigen tipis yang termasuk O, O2, dan mungkin O3 (ozon). Hidrogen atomik adalah penyusun atmosfer yang sedikit. Ganymede beIum diketahui memiIiki lonosfer atau tidak.

    Orang Yang telah menemukan Ganymede adalah GaIiIeo GaIiIei. GaIiIeo merupakan astronom pertama yang mengamati sateIit ini pada tahun 1610. Nama sateIit itu segera diusuIkan oleh astronom Simon Marius. Ia mengusuIkan Ganymede, pembawa cangkir dewa-dewi Yunani dan kesayangan Zeus. Semenjak misi Pioneer 10, wahana angkasa teIah mampu memeriksa Ganymede dari dekat.Wahana Voyager memperbaiki pengukuran terhadapnya, sedangkan wahana Galileo menemukan samudra bawah tanah dan medan magnetnya. Misi baru ke sateIit-sateIit es Jupiter, Europa Jupiter System Mission diusuIkan untuk diIuncurkan pada tahun 2020.

    Bersama Ganymede, Jupiter untuk saat ini diketahui memiIiki 79 sateIit.

    Ganymede memutari(mengorbit) jupiter pada jarak 1.070.400 km, yang ketika dari GaIiIean dan melengkapi revolusinya selama 7 hari 3 jam, Ganymede terkunci pasang surut dengan suatu permukaan yang mengarah ke planetnya Ganymede.(Fikral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Satelit Terbesar di Tata Surya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar