Bahaya Kabut Asap Bagi Ibu Hamil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di dalam lingkungan sehari-hari ibu hamil pasti akan rentan terkena banyak serangan atau penyakit, berawal dari kebiasaan contohnya dalam memilih makanan, minuman, dll. Untuk ibu hamil harus sangat memperhatikan udara pada saat di luar rumah. Karena dengan menghirup kabut asap bisa menyebabkan kondisi ibu hamil menjadi tidak baik, hal ini bisa mempengaruhi ibu dan janinnya, dan juga bisa menyebabkan keguguran pada bayinya. Bahayanya kabut asap bersifat lama dan pendek. Bisa saja seseorang terserang penyakit asma dan hal ini juga membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut di bawah ini bahaya kabut asap bagi ibu yang sedang hamil :

    1. Mendapatkan resiko berbadan kecil pada saat melahirkan bayi

    Kabut asap bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah karena terpengaruh oleh kabut asap yang mengandung racun, dan juga bisa menghambat aliran darah dari ibu ke janin yang ada di dalam kandungannya.

    1. Menyebabkan Penyakit Batuk dan Sesak nafas

    Kabut asap bisa menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh pada janin, Kabut asap biasanya banyak tersebar dimana, contohnya di udara di lingkungan ibu hamil, maka untuk ibu hamil berhati-hatilah pada saat melakukan aktifitas di luar rumah.

    1. Menyebabkan terjadinya gangguan otak pada janin

    Kabut asap bisa menghambat perkembangan (pertumbuhan) Otak di dalam kandungan ibu hamil. Dan hal ini bisa menyebabkan gangguan mental pada calon anaknya nanti.

    1. Resiko melahirkan bayi yang cacat

    Resiko ini terjadi biasanya karena asap rokok, alangkah baiknya jika suami dari ibu hamil adalah seorang perokok sebaiknya suruh dia berhenti merokok selama ibu mengandung.

    1. Resiko penyakit asma untuk si janin

    Bisa membuat seorang janin terkena penyakit asma, Bagi kalian yang mempunyai penyakit asma alangkah baiknya menghindar dari wilayah yang banyak asap, Karena jika seorang ibu hamil terkena penyakit asma, hal ini juga berpengaruh kepada janinnya.

    1. Resiko penyakit paru-paru pada janin

    Menyebabkan paru-paru pada janin terganggu, Karena kabut asap memiliki zat yang bernama karsinogenik yang bisa menyebabkan terganggunya perkembangan janin untuk ibu hamil. Resiko ini akan lebih meningkat jika seorang ibu hamil dalam keadaan yang tidak sehat.

    1. Resiko kekurangan oksigen bersih untuk si janin

    Karena kabut asap mengandung zat Karbon Dioksida dan zat beracun lainnya yang bisa menyebabkan kurangnya oksigen bersih bagi janin.

    1. Resiko kematian ibu atau janin pada saat melahirkan

    Karena kabut asap bisa menyebabkan penyakit asma untuk ibu hamil, maka hal ini beresiko pada saat ibu hamil melahirkan, karena pada saat melahirkan ibu hamil membutuhkan tenaga yang sangat banyak. Jika ibu hamil terkena penyakit asma, bisa saja pada saat melahirkan ibu hamil terkena serangan jantung atau paru-paru, dan hal ini bisa menyebabkan ibu hamil meninggal pada saat melahirkan, begitupun dengan janinnya.

    1. Resiko gangguan lain-lainnya

    Gangguan lainnya bisa terjadi akibat menghirup asap yang berlebihan, alangkah baiknya segera pergi ke Doker untuk meminta konsultasi tentang kesehatan. Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga supaya kesehatan janin terjamin, dan ibu hamil melahirkan dengan selamat, Jika memang harus melakukan aktifitas di luar rumah, alangkah baiknya seorang ibu hamil banyak minum air putih, hal ini bertujuan untuk memulihkan kekebalan tubuh, karena air putih mengandung banyak oksigen.

    Cukup sekian artikel kali ini, Semoga bermanfaat. (Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahaya Kabut Asap Bagi Ibu Hamil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar