BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang 29-31 Juli

Daftar Isi


    Foto: Petugas BMKG melakukan pemantauan cuaca/Ilustrasi.

    LancangKuning.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi ada potensi hujan lebat hingga angin kencang, kilat atau petir dalam tiga hari ke depan, yaitu 29 hingga 31 Juli 2019, di beberapa wilayah Indonesia.

    Dalam keterangan tertulis, Senin, 29 Juli 2019, BMKG menyebutkan, berdasarkan hasil pantauan BMKG, ada massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Kemudian di Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua, dikutip dari Viva.co

    Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang atau kuat, terdapat di wilayah Sumatera Utara, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

    Low Level Jet dengan kecepatan angin lebih dari 30 kts (knots) berpotensi terjadi di wilayah   perairan selatan Vietnam, Laut Arafuru, Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Timur. Konvergensi terbentuk di wilayah Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat.

    "Pada hari ini, beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua," demikian bunyi keterangan tertulis BMKG.

    Selasa, 30 Juli 2019, wilayah tersebut masih mengalami potensi hujan lebat. Sementara itu, Rabu, 31 Juli 2019, wilayah yang berpotensi hujan lebat hanya Kalimantan Utara dan Sulawesi Tengah.

    Kemudian pada Senin, 29 Juli 2019 hingga Selasa, 30 Juli 2019 wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir adalah Aceh.

    BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang 29-31 Juli
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar