Kelebihan Anak Homeschooling

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan terpenting dan suatu kebutuhan dasar yang diperlukan manusia untuk menjalani kehidupannya. Lewat pendidikan, Manusia dapat meraih keinginan, impian atau cita-citanya melalui ilmu yang dimilikinya. Dari hal yang kita tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dan dari tidak terlatih menjadi terlatih. Hal ini kita peroleh karena adanya pendidikan.

    Kenapa pendidikan itu perlu? Karena pendidikan merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi diri.  Pendidikan akan memberikan suatu pengetahuan, membangun karakter atau kepribadian anak bangsa, memberikan pencerahan, kebutuhan karir atau pekerjaan, serta dijadikan pedoman untuk kemajuan bangsa.

    Di Indonesia mempunyai tiga jalur pendidikan sesuai dengan Undang-undang No. 20 tahun 2003 Pasal 13 ayat 1, yakni pendidikan formal, non formal, dan informal.  Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di Sekolah pada umumnya, yang dimana pendidikan ini memiliki jenjang pendidikan. Mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga ke Perguruan tinggi. Dan pendidikan Nonformal merupakan pendidikan yang diselenggarakan diluar pendidikan formal, seperti sekolah mengaji, kursus musik, bimbingan belajar, dan lain sebagainya. Selanjutnya Pendidikan Informal merupakan pendidikan yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang dimana kita belajar secara mandiri.

    Berbicara tentang pendidikan Informal, Homeschooling merupakan salah satu contoh dari pendidikan tersebut. Apasih Homeschooling itu?  Homeschooling yaitu metode belajar alternatif yang bisa kita ambil selain Sekolah. Dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Sekolah rumah, atau bisa juga disebut dengan sekolah mandiri. Dalam hal ini orangtua mempunyai tanggung jawab sepenuhnya dalam proses pendidikan anak. Sesuai dengan namanya, proses homeschooling ini berpusat di rumah. Meskipun hal ini merupakan tanggung jawab orangtua, homeschooling tidak harus dan tidak hanya diwajibkan atau dilakukan oleh orangtua. Bisa saja orangtua mengundang Guru privat, mendaftarkan anak pada kursus atau les, dan lain sebagainya.

    Namun pada saat ini tidak terlalu banyak orangtua yang memilih agar anaknya sekolah di Rumah saja. Biasanya yang memilih homeschooling ini kebanyakan Public Figure, karena mereka mungkin ingin fokus mengejar dan mengembangkan karir mereka, namun tidak mau juga melalaikan pendidikan mereka. Maka dari itu mereka memilih untuk homeschooling saja. Selain public figure.  ada beberapa orang tua yang mempunyai alasan kenapa anaknya memperoleh pendidikan melaui homeschooling saja. Alasan tersebut contohnya seperti anaknya suka mogok sekolah, atau trauma terhadap bullying di Sekolah, orangtua suka berpindah-pindah lokasi pekerjaan, dan ataupun alasan yang lain.

    Homeschooling merupakan pendidikan berbasis keluarga yang legal, artinya pendidikan ini diakui oleh negara dan tentu saja tidak melanggar hukum. Jadi Sah-sah saja apabila orangtua atau anaknya memilih pendidikan ini. Jadi Homeschooling itu sama halnya seperti sekolah biasa. Dan anak yang homeschooling bukan berarti mereka tidak hebat seperti anak yang menempuh jalur pendidikan di Sekolah biasa, justru anak homeschooling juga mempunyai beberapa kelebihan. Apa kelebihan tersebut? Berikut beberapa kelebihan anak Homeschooling :

    1. Menciptakan Kondisi Pergaulan yang Aman

    Anak homeschooling mempunyai pergaulan yang aman, yang dimana anak tersebut mempunyai nilai-nilai sosial yang aman dan tidak menyimpang. Banyak anak diluar sana mempunyai pergaulan yang salah dikarenakan mereka berada di lingkungan yang salah. Karena lingkungan juga akan mempengaruhi siapa kita pada hari ini. Maka dari itu anak homeschooling bisa terhindar dari yang namanya pergaulan yang salah, seperti pergaulan bebas, tawuran pelajar, dan lain sebagainya.

    1. Membentuk Karakter Positif Pada Diri

    Homeschooling bisa membentuk karakter yang baik atau positif pada anak, dikarenakan homeschooling tentu saja juga mengajarkan hal-hal yang positif sebagaimana sekolah umum pada biasanya. Selain itu anak homeschooling tentu saja tidak selalu melihat hal-hal negatif yang berada diluar sana. Tidak selalu melihat hal negatif berarti tentu saja mereka tidak akan selalu berbuat hal yang negatif yang merugikan dirinya maupun orang lain. Sehingga mereka terhindari dari pengaruh buruk yang ada di Sekolah.

    1. Mempunyai Kecerdasan Intrapersonal

    Anak homeschooling mempunyai kemampuan intrapersonal yang lebih berkembang. Karena mereka mampu memahami diri sendiri, mampu menghadapi masalah dan kegagalan dengan baik, dan memiliki semangat yang kuat untuk mewujudkan impian dan berusaha sendiri, serta memiliki kemandirian dan keinginan yang kuat, dan lain sebagainya.

    1. Pendidikan Terkustomisasi

    Anak homeschooling bisa memilih materi pelajaran dengan gaya belajar yang sesuai kebutuhan dan potensi mereka, dan mereka bisa menyusun kurikulum sendiri. Jadi anak homeshooling memperoleh hal yang sama dengan sekolah pada biasanya, namun mereka lebih bebas dalam mengatur materi dengan gaya belajar tersendiri.

    Nah, itulah beberapa kelebihan yang dimiliki anak homeschooling. Kelebihan ini hanya sebagian saja, karena setiap anak mempunyai kelebihan tersendiri yang berbeda-beda. Jadi bagi kamu yang mengambil pendidikan homeschooling jangan minder dengan anak yang sekolah umum. Karena kamu juga mempunyai kelebihan tersendiri kok. (Mega)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Anak Homeschooling
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar