Jokowi Restui Gibran Maju Jadi Calon Wali Kota Solo

Daftar Isi

    Foto: Gibran dan Jokowi

    LancangKuning.Com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo sudah melihat hasil survei yang menyebut putra pertamanya, Gibran Rakabuming Raka, berada teratas sebagai calon Wali Kota Solo. Baginya, apa pun yang dikehendaki oleh anak-anaknya, ia dukung. Apakah menjadi pebisnis atau ingin ke politik.

    "Mereka ini anak-anak mandiri. Mau bisnis silakan, jualan pisang silakan. Mau terjun ke politik, silakan," kata Jokowi, di restoran Seribu Rasa, Menteng Jakarta, Jumat sore, 26 Juli 2019.

    Dia tidak pernah melarang anak-anaknya untuk mengambil keputusan menjadi apa pun. Apakah nanti Gibran akan maju, mantan Gubernur DKI itu mengaku belum bicara ke Gibran.

    Setiap orangtua, kata Jokowi, akan mendukung langkah yang diambil anaknya. Jokowi mengakui, dia hanya bisa merestui hal itu.

    Baca Juga: Lima Orang Ini Dinilai Layak Masuk Kabinet Jokowi 

    "Orangtua bisanya hanya itu. Sudah diputuskan anak-anak ya apa pun. Jualan pisang saya dukung, jualan martabak saya dukung," ucapnya, melansir viva.co

    Gibran Rakabuming Raka masuk dalam survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025. Bahkan, dari hasil survei itu tingkat popularitas bos Markobar mengimbangi Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.

    Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo, Suwardi, mengatakan survei lembaganya dilakukan dengan melibatkan sebanyak 799 responden yang merupakan penduduk Solo dan namanya terdaftar dalam DPT Pemilu 2019. Penarikan sampel menggunakan teknik cuplikan random sampling dengan kerangka sampel DPT TPS pada titik lokasi survei.

    "Jumlah titik lokasi survei sebanyak 96 dengan jumlah responden masing-masing titik lokasi survei sebanyak 8 responden. Besaran sampel ini memenuhi kriteria tingkat signifikasi pada posisi 95 persen denganmargin error 4 persen," kata dia di Unisri Solo, Kamis, 25 Juli 2019.

    Menurut Suwardi, hasil survei yang melibatkan 799 responden itu tingkat popularitas Gibran mencapai 90 persen. Hasil tersebut sama dengan tingkat popularitas Wakil Wali Kota Achmad Purnomo yang mencapai 90 persen. Sedangkan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, persentase tingkat popularitasnya mencapai 86 persen. Peringkat keempat diduduki Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa dengan persentase 49 persen.

    "Empat tokoh itu yang memiliki popularitas tertinggi, yaitu Gibran, Achmad Purnomo disusul Kaesang dan Teguh," katanya.

    Sementara itu, terkait akseptabilitas, lanjut dia, yang tertinggi ditempati oleh Achmad Purnomo dengan angka 83 persen. Sedangkan Gibran dengan angka 61 persen disusul Teguh Prakosa 46 persen. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jokowi Restui Gibran Maju Jadi Calon Wali Kota Solo
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar