Tips Menahan Diri untuk Tidak Melakukan Ghibah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ghibah adalah sebuah tindakan mengunjingkan orang lain karena perbuatan atau tingkah laku yang dilakukan oleh orang tersebut. Ghibah merupakan suatu hal yang buruk  yang bisa memberikan banyak dampak negatif bagi yang melakukannya. Banyak dari kita yang melakukan perbuatan ini sendiri tanpa kita sadari dan terus menerus melakukannya.

    Hal ini dikarenakan perbuatan ini sudah di anggap suatu hal yang biasa dilakukan sehingga menjadi kebutuhan harian. Lebih parahnya lagi, program pertelevisian Indonesia membuat program perbuatan ghibah yang banyak membicarakan aib orang lain atau membicarakan aib dari tokoh masyarakat, seperti selebritis dan yang lainnya yang terkenal.

    Terdapat banyak sekali contoh ghibah yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari – hari :

    • Membicarakan perbuatan negatif orang lain melalui perkataan
    • Membicarakan perbuatan negatif orang lain dengan cara gerakan tubuh
    • Membicarakan perbuatan negatif orang lain melalui media seperti Tv, majalah, koran dan media internet lainnya.
    • Membicarakan perbuatan negatif orang lain dengan cara bahasa isyarat

    Hal di atas adalah contoh ghibah yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari – hari yang tanpa kita sadari.

    Ghibah adalah sebuah perbuatan yang tercela dan dilarang oleh agama dimana pelaku dapat membuat persatuan kesatuan yang pertamanya telah terbentuk hilang seketika. Bahkan biasanya ada yang awalnya berteman dan akhirnya bermusuhan akibat dari perbuatan ini. Dibawah ini terdapat cara dan tips untuk menghindari perbuatan ghibah:

    1. Bergaul dengan orang yang baik

    Pergaulan adalah suatu hal yang dapat membuat seseorang atau memberikan dampak yang besar bagi kehidupan baik itu perilaku yang baik maupun yang buruk. Jika kamu bergaul dengan orang yang baik, maka anda akan ketularan baik, dan apabila kamu bergaul dengan orang yang tidak baik, maka kamu juga akan tidak baik. Jika kamu ingin terhindar dari perbuatan ghibah, maka kamu harus bergaul dengan orang yang baik.

    1. Menjaga lidah

    Berhati hatilah menjaga sikap atau perilaku diri anda, karna dari perilakulah kita bisa dinilai oleh orang lain. Berhati hati dalam mengucapkan kalimat kepada seseorang agar terhindar dari perbuatan ghibah. Ketika kita ingin mengucapkan kalimat kepada seseorang dan kamu tau kalimat tersebut tidak bagus diucapkan, lebih baik tidak di ucapkan. Karna dari perbuatan itulah kita bisa terhindar dari perbuatan ghibah.

    Katakanlah perkataan yang baik hingga kamu terhindar dari bahaya lisan. Ada satu pepatah yang mengatakan: mulutmu harimaumu, pepatah yang benar adanya. Karna dari itu kamu harus menjaga lisan dengan baik.

    1. Intropeksi diri

    Perbuatan ini mungkin sulit dilakukan, kaerna adanya banyak orang yang memilah perbuatan orang lain, yang ini benar dan yang itu salah namun kesalahan diri sendiri tidak nampak oleh dirinya sendiri. Perbuatan ini adalah hal yang baik untuk mencari kesalahan diri sendiri. Ketika kita tau bahwa perbuatan buruk yang kita jalani maka rubahlah, kalau tidak kita akan merasa malu bersama orang lain.

    1. Banyak berfikir positif

    Berfikir positif adalah salah satu perbuatan yang menyelamatkan diri kita sendiri dan terhindar dari  pikiran yang buruk yang dapat merusak. Pikiran buruk akan membuat anda tenggelam dalam beragam hal yang tidak bermanfaat akan membuat perilaku kamu akan menyimpang. Selain itu pikiran buruk akan membuat kita membicarakan keburukan orang lain.

    1. Saling mengingatkan

    Kamu tidak perlu merasa sungkan untuk menegur dan mengingatkan orang lain. Namun kalau kamu menegur orang lain, kamu harus mencerminkan perbuatan yang baik kepada orang tersebut. Jangan sampai kalau perbuatan anda lebih dari orang yang anda tegur.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Menahan Diri untuk Tidak Melakukan Ghibah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar