Jokowi: Oposisi itu Sangat Mulia, Asal Jangan Oposisi yang Pendedam

Daftar Isi

    JAKARTA-Dalam pidato visi pembangunan 2019-2024, Presidn terpilih Pilpres 2019, Joko Widodo menyebutkam oposisi itu adalah sebuah tugas yang mulia. Namun, tentu saja adalah oposisi yang tidak pendedam dan menimbulkan kebencian ditengah masyarakat.

    "Dalam demokrasi, Menjadi oposisi itu juga sangat mulia. Silakan. Asal jangan oposisi pendendam. Asal jangan oposisi menimbulkan kebencian. Apalagi disertai dengan hinaan, cacian, dan makian. Indonesia yang demokratis, yang hasilnya dinikmati oleh seluruh rakyat", demikian pernyataan Jokowi saat menyampaikan visi pembangunan Indonesia 2019-2024 di Bogor, Jawa Barat (14/7/2019).

    Jokowi juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untukk mengedepankan Bhineka Tunggal Ika dan kembali rukun meski pada Pilpres lalu punya perbedaan pilihan politik. 
    Baca: Pidato Lengkap Jokowi: Hajar Pungli Hingga Copot Pejabat!

    Jokowi menggarisbawahi tentang norma agama, budaya bangsa yang luhur serta ideologi Pancasila yang harus menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa.

    "Kita memiliki norma-norma agama, etika, tata krama, dan budaya yang luhur. Saya yakin, semua kita berkomitmen meletakkan demokrasi yang berkeadaban, yang menunjunjung tinggi kepribadian Indonesia, yang menunjung tinggi martabat Indonesia, yang akan membawa Indonesia menjadi Indonesia Maju, Adil dan Makmur".

    Ke depan, Pemerintah Indonesia tidak akan lagi menoleransi kelompok mana pun yang mempermasalahkan Pancasila sebagai dasar negara. Jokowi tegas menyatakan bahwa Pancasila adalah rumah kita bersama sebagai saudara sebangsa.

    "Tidak ada toleransi sedikit pun bagi yang mengganggu Pancasila! Yang mempermasalahkan Pancasila! Tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak mau ber-Bhinneka Tunggal Ika! Tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak toleran terhadap perbedaan! Tidak ada lagi orang Indonesia yang tidak menghargai penganut agama lain, warga suku lain, dan etnis lain," tegas Jokowi.(rie/net)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jokowi: Oposisi itu Sangat Mulia, Asal Jangan Oposisi yang Pendedam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar