Rio Haryanto digantikan Esteban Ocon oleh Manor, Pertamina Tetap Apresiasi Pada Rio

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Pembalab Indonesia, Rio Haryanto di depak Manor di pertengahan musim formula satu (F1) 2016. Kiprah Rio di musim 2016 terhenti pada seri ke-12 setelah Manor menggantikannya dengan Esteban Ocon.

    Menanggapi hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak terkejut sama sekali. Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan pemerintah apresiasi terhadap PT Pertamina sebagai sponsor utama Rio selama ia meniti karier di F1. Dia juga mengevaluasi perencanaan finansial seluruh elemen yang tak cukup waktu untuk mengumpulkan sisa tunggakan manajemen Rio kepada Manor.

    "Kami tidak terkejut karena sejak dua bulan lalu Manor sudah membicarakan soal rencana mengganti Rio Haryanto seandainya persyaratan finansial tidak bisa terpenuhi," tutur Gatot, Kamis (11/8/2016) siang.

    {{}}

    Pemerintah mengharapkan Rio masih memiliki kesempatan hingga akhir musim dengan dua alasan, Pertama, deklarasi Racing Director Manor Dave Ryan pada Februari 2016 saat memperkenalkan Rio sebagai pembalap barunya.

    "Dalam video konferensi dengan Dave Ryan dari London dan dihadiri oleh Pertamina, di sana disebutkan Rio adalah pembalap Manor sampai akhir musim Formula Satu 2016. Kedua, kedatangan Abdulla Boulsien pada 14 Juni lalu," kata Gatot.

    PT Pertamina (Persero) juga menginginkan Rio Haryanto tetap bisa berlaga selama satu musim balapan Formula 1. Salah satu cara dengan menambah dana 500 ribu Euro agar ia bisa bertahan menjadi pembalap utama Manor Racing. Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, Rio Haryanto memberikan catatan sejarah balap nasional Indonesia pertama yang menjadi pembalap Formula 1.

    "Pertamina ingin Rio Haryanto tetap bertahan dalam kancah F1," kata Wianda di Jakarta, Kamis (11/8/2016). Ia melihat potensi pada Rio, hal ini mendasari Pertamina berupaya menambah dana sebesar 500 ribu Euro agar Rio bisa dipertahankan sebagai pembalap Manor Racing hingga akhir musim. 

    “Kami upayakan menambah lagi dana sebesar 500 ribu euro untuk mempertahankan Rio hingga akhir musim," jelas dia. Akan tetapi, ‎Manor Racing membuat keputusan lain. Tim F1 asal Inggris tersebut menghentikan Rio sebagai pembalap utama. "Namun ternyata Manor sudah mengambil putusan lain,“ ujar Wianda.

    Pertamina memberikan apresiasi kepada Rio Haryanto dan tim manajemen, yang telah berjuang membawa nama bangsa di kancah dunia balap Formula 1. "Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Para Duta Besar RI dan Konjen RI dari berbagai negara, di mana Rio Haryanto berlaga, yang telah memberikan dukungan bantuan dan mobilisasi suporter masyarakat Indonesia di luar negeri," tutup Wianda. (hyAzn)

     

    Sumber : Liputan6

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rio Haryanto digantikan Esteban Ocon oleh Manor, Pertamina Tetap Apresiasi Pada Rio
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar