Udara Jakarta Buruk, Jokowi dan Anies hingga Ridwan Kamil Digugat

Daftar Isi

    Foto :Instagram/@jakarta_aqi
    Polusi udara di Jakarta beberapa waktu lalu.

    LancangKuning.Com, JAKARTA – Kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya dinilai semakin buruk dalam dua pekan terakhir. Jakarta bahkan dalam suatu survei tergolong kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

    Menurut indeks kualitas udara yang dikeluarkan AQI, kualitas udara di Jakarta sudah memasuki kategori tidak sehat. Level mutu udara PM 2,5 melebihi 65 ug/m3.

    Melihat data tersebut, sebagian masyarakat resmi melayangkan gugatan untuk mendapatkan udara bersih melalui lembaga pemerintahan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Mereka menggugat presiden, menteri, dan sejumlah gubernur.

    "Terdapat tujuh tergugat, yaitu Presiden Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten," ucap Pengacara Publik LBH Jakarta, Ayu Ezra Tiara, yang mewakili pihak penggugat di Pengadilan Jakarta Pusat, Kemayoran, Kamis 4 Juli 2019 melansir Viva.co

    Selanjutnya, seorang warga bernama Istu Prayogi mengatakan pencemaran udara di Jakarta dan sekitarnya berdampak pada kondisi kesehatan. Dia akhirnya mengidap penyakit pernapasan.

    "Dokter memvonis bahwa paru-paru saya terdapat bercak-bercak dan menyatakan bahwa paru-paru saya sensitif terhadap udara kotor. Hal itu sangat mengganggu aktivitas saya," ucap Istu. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Udara Jakarta Buruk, Jokowi dan Anies hingga Ridwan Kamil Digugat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar