"Kalian Luar Biasa Menjaga Kota Ini Tetap Banjir", Papan Bunga untuk Wako Pekanbaru

Daftar Isi

    PEKANBARU-Dalam aksinya Koalisi Sedia Payung (KSP) di Gedung DPRD Pekanbaru, Kamis, (14/7/2019) sebuah papan bunga berdiri di pinggir jalan menarik perhatian masyarakat yang melintasi Jalan Sudirman.

    Papan bunga ini ditujukan kepada Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru. Papan bunga ini bertuliskan, "Terima Kasih Pak Firdaus dan Ayat Cahyadi,  Kalian Luar Biasa Menjaga Kota Ini Tetap Banjir, Cemungut Ea Pak dari Smart People Pekanbaru".

    Alhasil, beberapa pengendara sepeda motor memberhentikan kendaraannya, karena ingin membaca lebih jelas tulisan dari papan bunga ini.

    Aksi membawa papan bunga ini dilakukan KSP adalah aksi lanjutan, setelah pekan lalu KSP mendesak DPRD Pekanbaru menuntut Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT bertanggungjawab terhadap kematian Yeni Riski Purwati akibat terseret derasnya arus kanal saat banjir melanda pada 18 Juni lalu. Namun belum direspon.

    "Ini bukti bahwa tidak ada sikap yang tegas dari DPRD terhadap Wako Firdaus," kata koordinator aksi, Septian.

    Lanjut Septian, seharusnya Pemko sudah menyiapkan program jangka pendek seperti mengajak warga bersama aparat setempat untuk membersihkan saluran parit-parit serta mendata bangunan yang berada di jalan Soebrantas untuk memastikan sumur resapan dan jalur drainase tidak tertimbun beton.

    Menurut Fandi Rahman, Deputi Walhi Riau. Pemko seharusnya sudah punya peta rawan genangan dan banjir agar masyarakat terhindar dari genangan dan banjir, 

    "Dengan adanya peta rawan genangan dan banjir ini dinas terkait bisa mengambil tindakan langsung dan memastikan tidak ada genagangan lagi," kata Fandi.

    Dari aksi tersebut, KSP menyampaikan tuntutan diantaranya: pertama, Wako harus minta maaf secara terbuka kepada masyarakat dan keluarga korban yang meninggal akibat banjir. 

    Kedua, DPRD Pekanbaru memanggil dan meminta pertanggungjawaban Pemko terkait banjir yang terjadi. Ketiga, meminta DPRD Pekanbaru mengaudit IMB dan menindak pemilik bangungan yang melanggar aturan. Keempat, membentuk tim pansus Tata Ruang Kota dan kelima, mengadakan perbaikan drainase secara berkala serta keenam, melakukan peremajaan sungai dan waduk. (rie/net)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel "Kalian Luar Biasa Menjaga Kota Ini Tetap Banjir", Papan Bunga untuk Wako Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar