Gerhana Matahari Total 2 Juli, Apa Saja yang Bisa Diamati?

Daftar Isi

    Foto: Reuters/Issei Kato

    LancangKuning.Com, Jakarta - Gerhana matahari total terjadi hari ini di sekitar kawasan Amerika Selatan, khususnya di Chile-Argentina. Fenomena langka ini hanya bisa diamati oleh warga yang berada di sekitar kawasan tersebut. Jadi apa yang akan teramati oleh para pengamat di Amerika Selatan?

    Seperti dikutip dari Space.com, Instruktur dan dosen tamu Hayden Planetarium New York, Joe Rao menjelaskan bahwa saat terjadi gerhana total matahari akan berada di rasi bintang Gemini. Ketika itu, cahaya matahari akan hilang.

    "Selama gerhana total, matahari berada di rasi bintang Gemini, si Kembar. Ketika matahari benar-benar hilang cahayanya dan langit menjadi gelap seperti saat senja hingga pertengahan, Venus akan menjadi objek paling mencolok di langit," kata Joe dalam tulisannya.

    Selain itu, Joe meamaparkan soal letak planet Venus. Karena gerhana matahari total, venus akan terletak 12 derajat ke kiri bawah matahari.

    "Pada kesempatan ini, Venus, bersinar pada -3,9 magnitudo, akan terletak 12 derajat ke kiri bawah matahari, sangat rendah (4 derajat) di atas cakrawala barat-barat laut," paparnya.

    Lebih lanjut, Joe juga mengatakan bahwa para pengamat akan melihat beberapa kawasan rasi bintang, misalnya seperti Alpha Centauri. Bintang yang lain juga punya peluang untuk terlihat.

    "Sekitar setengah jalan di bagian tenggara langit akan melihat Alpha Centauri berwarna kuning-oranye dan Beta Centauri kebiru-biruan, serta empat bintang yang terdiri dari Southern Cross (Crux) yang terkenal. Dua bintang paling terang, Acrux dan Becrux, memiliki peluang untuk dilirik melalui totalitas senja," ujarnya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gerhana Matahari Total 2 Juli, Apa Saja yang Bisa Diamati?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar