Dewan Terpilih "Berbondong" Maju Pilkada Siak 2020, Caleg Gagal Siap-siap Dapat Jatah PAW

Daftar Isi

    SIAK-Calon Legislatif (Caleg) terpilih hasil Pileg 2019 ramai menyatakan siap maju pada bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten 2020 mendatang, jika memang nanti sudah ditetapkan sebagai calon untuk ikut dalam kompetisi 5 tahunan itu, maka sesuai dengan UU MD3, status anggota DPRD harus mundur dari jabatannya.

    Setidaknya, dari beberapa nama yang berhasil diwawancara, anggota DPRD Siak tersebut telah menyatakan siap maju untuk merebut kursi nomor 1 ataupun nomor 2 di Negeri Istana itu.

    Seperti halnya, ketua partai Gerindra Kabupaten Siak Sutarno, beliau pada Pileg 2019 lalu kembali terpilih menjadi anggota DPRD Siak menyatakan siap maju, baik itu di posisi calon Bupati maupun calon Wakil Bupati.

    "Maju," kata Sutarno, saat ditanya wartawan, Senin (10/6/19) semalam.

    Selain Sutarno, anggota DPRD Siak dari Gerindra yang dikabarkan bakal maju adalah Androy Ade Rianda, politikus muda itu baik itu posting pribadi di media sosial maupun dari timnya dan relawan saat Pileg kemarin, telah mengatakan siap maju untuk bertarung.

    Selain itu, ketua DPRD Siak Indra Gunawan yang juga kembali terpilih, juga mengatakan siap ikut dalam kompetisi tersebut,  bahkan akhir-akhir ini mantan ketua tim Syamsuar-Alfedri pada 2 kali Pilkada itu saat sudah tidak terlihat mesra dengan Bupati petahana Alfedri. Signal akan berlawan terlihat.

    Beliau juga terang-terangan menyatakan akan maju pada kompetisi yang akan berlangusng 2020 mendatang.

    Selain Indra, rekan koleganya di Golkar Tarmijan dikabarkan juga siap maju. Peraih suara terbanyak Pileg 2014 lalu itu, mendapat dorongan kuat untuk maju dari sejumlah tokoh, meskipun sampai saat ini beliau belum menyatakan maju.

    Sementara itu, Partai Demokrat juga melirik jabatan kepala daerah, ketua DPC Demokrat Syamsurizal sudah dari awal membuat jargon Pasti Anak Siak (PAS), ia bertekad untuk maju pada bursa Pilkada 2020 nanti di Kabupaten Siak.  Putra kelahiran Sungai Apit itu pada Pileg 2019 ini  kembali terpilih menjadi anggota DPRD Siak. Ia bahkan dikabarkan sudah menjalin komunikasi yang baik dengan sejumlah tokoh politik untuk membangun koalisi. 

    Rekan kolega Syamsurizal di Demokrat, politikus asal Tualang Syamsuijal dengan mengejutkan juga mempunyai niat untuk ikut bertarung pada Pilkada 2020, beliau bahkan sudah terang-terangan membuat statemen di media, bahwa beliau siap maju.

    Anggota DPRD Siak dari Dapil Tualang lainnya, H Musar yang juga sebagai ketua DPC PPP  Siak juga berkeinginan untuk ikut meramaikan kontestan Pilkada ini, bermodalkan 2 kursi di DPRD Siak untuk periode 2019-2024, Musar secara diam-diam sudah mulai menjalin komunikasi ke sejumlah tokoh politik dan tokoh masyarakat di Negeri Istana itu. 

    PKB,  periode 2019-2024 mendatang mendapat jatah 3 kursi di DPRD Siak,  juga bertekad mengusung kader terbaiknya untuk menjadi calon kepala daerah.  Muhtarom yang juga merupakan Ketua DPC PKB Siak itu juga dikabarkan sudah mendapat restu dari sesepuh ormas Nahdlatul Ulama (NU) Siak untuk maju, namun sampai hari ini anggota DPRD Siak kelahiran Belading Kecamatan Sabak Auh itu belum mengeluarkan apa-apa statemen terkait niatnya maju pada Pilkada 2020 nanti.

    PDI Perjuangan juga mempunyai kader terbaik di Negeri Istana ini, Hendri Pangaribuan yang saat ini menjabat wakil ketua DPRD Siak,  dalam beberapa hari terakhir ini juga mengisyaratkan juga ikut meramaikan bursa pencalonan kepala daerah. PDI Perjuangan selalu menyiapkan kader terbaiknya untuk bertarung pada pertarungan kepala daerah di Siak, mulai dari mantan Bupati Siak Arwin hingga pada Pilkada 2015 lalu PDI Perjuangan berhasil mencalonkan kadernya yakni Sahrul menjadi calon Wakil Bupati. 

    PAN, Partai berlambang matahari itu juga mempunyai banyak kader terbaiknya. Meskipun ketua DPD PAN Siak yang juga merupakan Bupati Petahana H Alfedri hampir dipastikam kembali maju pada Pilkada 2020 ini menggunakan perahu PAN, kader PAN lainnya yakni Sujarwo juga berkeinginan maju, anggota DPRD Siak itu mengatakan akan maju jika mendapat dukungan kuat dari masyarakat. Peraih suara terbanyak pada Pileg 2019 itu juga dikabarkan sudah mendapat dukungan dan dorongan dari partai lain untuk maju.

    Selain dari wakil rakyat, sejumlah tokoh di Kabupaten Siak juga berkeinginan maju pada Pilkada 2020, sebut saja Sekdakab Siak saat ini TS. Hamzah, meskipun masih "malu-malu", beliau saat ini sudah digadangkan mendapat dukungan dari tokoh adat, tokoh masyarakat dan sejumlah ormas untuk maju pada Pilkada 2020. (LK/gus)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dewan Terpilih "Berbondong" Maju Pilkada Siak 2020, Caleg Gagal Siap-siap Dapat Jatah PAW
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar