Kondisi Rizki, Bocah Obesitas Asal Palembang Semakin Membaik

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Bocah penderita obesitas asal Palembang, Rizki Rahmat Ramadhan mengalami kemajuan kesehatan sedikit demi sedikit. Yang biasanya menggunakan selang ventilator di mulut, kini selang tersebut sudah dilepas pada hari Senin sekitar pukul 15.00 WIB. Dan sudah bisa mengkonsumsi makanan yang lembut, yaitu pisang.

    Ibu Rizki, Salia (40) mengungkapkan saat ini kondisi anaknya semakin baik dan selang ventilator dan makanan yang dipasang di mulut anaknya sudah dilepas.

    "Tadi sudah dilepas semua, cuma dipasang selang oksigen saja. Dia juga sudah bisa duduk dan dikasih makan buah pisang. Saya merasa lega melihatnya tidak tergantung selang-selang itu lagi," ucap Salia di ruang tunggu ICU Rumah Sakit Muhammad Husein (RSMH) Palembang, Sumatera Selatan, Senin, (25/7/2016).

    {{}}

    Perawat pun memberikan bocah tersebut pisang untuk dikonsumsi, namun Rizki hanya memakan sedikit saja dan ia pun langsung diberikan minum air putih. Meskipun selang ventilator telah dilepas, kondisi pernafasan Rizki terus dipantau. Dokter memasang Continuous Positive Airway Pressure‎ (CPAP). CPAP adalah alat berbentuk masker yang akan membantunya bernafas, terutama saat suplai oksigen dari paru-paru ke otak tidak maksimal.

    "‎Alat bantu napas menggunakan CPAP, agar oksigenisasi dari paru-paru tetap stabil. Sifat alat ini, yaitu kalau paru-paru malas bernapas karena Obstructive Syndrome Apnoea (OSA), CPAP akan langsung membantu bernapas," tutur Yulius Anzar, dokter spesialis ahli gizi dan nutrisi serta Tim Dokter Penanggung Jawab (DPJB) bocah.

    CPAP hanya akan berfungsi jika pasien tidak bisa bernafas sendiri, alat ini juga akan membantunya saat tidur. Karena pasien sering mengalami OSA saat kondisi terlelap. (hyAzn)

     

    Sumber : Liputan6.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kondisi Rizki, Bocah Obesitas Asal Palembang Semakin Membaik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar