Indonesia Bakal Impor Daging Sapi Brazil

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi daging sapi

    LancangKuning.Com, Jakarta - Pemerintah membuka peluang impor daging sapi dari Brasil. Alasannya daging sapi Brasil aman dari penyakit dan bisa masuk ke Indonesia.

    Menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, peluang membuka impor tersebut dilakukan karena harga daging asal Brasil jauh lebih murah. Dengan begitu, harga daging di Indonesia bisa lebih terjangkau.

    Selama ini daging sapi hanya diimpor dari Australia sehingga harga hanya ditentukan oleh satu produsen. Selain itu, kata Amran, keputusan ini juga dilakukan bersamaan dengan rencana swasembada daging sapi.

    "Kita juga membuka peluang untuk daging karena menurut mereka harga bisa kompetisi dan harga murah sambil kita mengejar swasembada protein," ungkap dia dalam konferensi pers di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin(20/5/2019), dilansir dari Detik.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan rencana impor daging ini telah memasuki tahap pengecekan oleh badan karantina Kementan.

    "Sudah (dicek oleh Karantina). Poin penting kita mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang bagus," sambung dia.

    Dalam acara yang sama, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Ketut Diarmita mengatakan hasil pengecekan daging oleh badan karantina telah menyatakan daging sapi telah bebas dari penyakit mulut dan kuku. Dengan begitu daging bisa masuk ke Indonesia.

    Hanya saja, impor baru akan dilakukan bila Brasil juga menyepakati ekspor produk-produk pertanian dari Indonesia.

    "Untuk daging kita sudah mengkaji berbagai dan rekomendasi daging dari Brasil aman masuk Indonesia. Itu (daging sapi) akan masuk kalau produk pertanian kita juga masuk (ekspor) ke sana," tutup dia.

    Sementara itu, Amran pagi ini bertemu dengan Menteri Pertanian Brasil Tereza Cristina Dias. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas rencana ekspor buah manggis hingga salak, serta peluang investasi di produk pertanian guna meningkatkan kesejahteraan petani. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Indonesia Bakal Impor Daging Sapi Brazil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar