AS, Japan, India dan Filipina Gelar Latihan Gabungan di Laut China Selatan

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi. (US Navy/CPO John Hageman/Handout via Reuters)

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Amerika Serikat, Jepang, India, dan Filipina, menggelar latihan militer bersama di wilayah perairan Laut China Selatan yang diklaim China pada Kamis (9/5).

    Angkatan Laut AS melaporkan bahwa dalam latihan tersebut, mereka mengirimkan satu kapal perusak yang memimpin latihan bersama satu kapal induk Jepang, dua kapal perusak India, dan sebuah kapal patroli Filipina.

    Andrew J. Klug selaku kapten kapal AS, William P. Lawrence, mengatakan bahwa keterlibatan para sekutu di kawasan LCS menjadi kesempatan untuk menunjukkan keberadaan mereka serta membangun hubungan kuat.

    Latihan gabungan ini digelar beberapa hari setelah dua kapal perang AS juga berlayar di radius 12 mil dari pulau yang diklaim China di LCS.

    Baca Juga: Ini Pesan Khusus Wakil Presiden kepada Kepala Daerah

    Juru bicara militer AS mengatakan kepada Reuters bahwa dua kapal perusak, Preble dan Chung Hoon, berlayar di dalam 12 mil laut dari Gaven dan Johnson Reefs di Kepulauan Spratly, dikutip dari CNN.

    Sejak era Barack Obama, AS rutin melakukan operasi semacam ini di Laut China Selatan untuk menentang klaim sepihak China atas 90 persen wilayah di Laut China Selatan.

    Wilayah-wilayah ini yang terletak di jalur perdagangan tersibuk ini juga diklaim oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

    Pergerakan China semakin mengkhawatirkan setelah mereka dilaporkan terus melakukan militerisasi di pulau-pulau sengketa tersebut.

    Namun, AS menyatakan bahwa operasi kebebasan berlayar semacam ini selalu mereka lakukan di mana pun, termasuk wilayah yang diklaim sekutu. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel AS, Japan, India dan Filipina Gelar Latihan Gabungan di Laut China Selatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar